Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,
Pemerintahan Turki mendesak dua faksi yang memerintah Palestina, yaitu Hamas dan Fatah, untuk segera mengakhiri pertikaian di antara mereka. Turki juga menawarkan untuk memfasilitasi digelarnya pertemuan khusus antara petinggi Hamas dan Fatah untuk mengakhiri ketegangan, kisruh, dan perpecahan tersebut di Istanbul. Pihak Turki juga menyerukan kedua belah pihak untuk segera membentuk pemerintahan persatuan nasional Palestina demi kepentingan rakyat Palestina.


Sumber diplomasi Turki mengatakan jika Presiden Turki Abdullah Gul telah melakukan komunikasi via telpon dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas (berasal dari faksi Fatah) sekaligus mengirimkan diplomat khusus untuk membincang masalah ini. Sementara itu, Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu, telah bertemu dengan Kepala Biro Politik Hamas Khaled Mishal di Damaskus dan mengutarakan proposal pertemuan tersebut.

Seruan Turki kepada dua faksi Palestina ini menyusul pernyataan dan niatan Presiden Abbas yang hendak membentuk pemerintahan persatuan Palestina yang nantinya akan memerintah seluruh wilayah Palestina selama setengah tahun, untuk kemudian mengajukannya ke PBB dan mendesak PBB untuk mengakui negara Palestina dengan batas wilayah tahun 1967 (sebelum kalah perang oleh Israel), bukan batas wilayah sekarang ini (setelah kalah perang oleh Israel dan wilayahnya dianeksasi).

Hamas dan Fatah adalah dua faksi yang memerintah wilayah otoritas Palestina yang terbelah, yaitu Tepi Barat (West Bank) dan Gaza. Tepi Barat, yang berada di Utara dan berbatasan dengan Jordania, diperintah oleh faksi Fatah, sementara Gaza, yang berada di Selatan dan berbatasan dengan Mesir, diperintah oleh faksi Hammas. Dua-duanya tidak akur, malah kerap bersitegang dan berperang.

Palestina pun seakan terbelah dan menjadi dua negara: negara Tepi Barat yang diperintah oleh Fatah, dan negara Gaza yang diperintah oleh Hamas. Tentu saja, hal ini sangat disayangkan, menimbang di satu sisi Palestina harus menghadapi Israel yang menjadi seteru mereka, dan di sisi yang lain Palestina juga banyak menerima bantuan, support, dan perhatian negara-negara internasional. (ags/hrt)

Sumber: http://www.eramuslim.com
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Turki Serukan Hamas dan Fatah Gelar Pertemuan di Istanbul untuk Akhiri Kisruh"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments