Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:
Pertempuran Marne Kedua atau Pertempuran Reims (15 Juli - 6 Agustus 1918) merupakan pertempuran besar pada Serangan Spring Jerman di blok Barat selama Perang Dunia I. Serangan pada pertempuran ini gagal ketika Sekutu melakukan serangan balasan yang dikendalikan oleh Perancis. Pertempuran Marne Kedua menimbulkan banyak korban.

Pertempuran

Setelah kegagalan Serangan Spring, Erich Ludendorff, Kepala Staf Angkatan Bersenjata Jerman, percaya bahwa serangan melalui Flanders akan memberikan kemenangan bagi Jerman di Front Barat. Namun pasukan Sekutu mundur dari Belgia, Ludendorff merencanakan serangan sepanjang Marne.

Pertempuran terjadi pada tanggal 15 Juli ketika 23 Divisi Angkatan Darat Pertama dan Ketiga Jerman, dipimpin oleh Bruno von Mudra dan Karl von einem, menyerang Angkatan Darat Keempat Perancis, Henri Gouraud di timur Sungai Reims (Pertempuran Champagne Keempat). Sementara itu, 17 divisi dari Angkatan Darat Ketujuh Jerman, dipimpin oleh Max von Boehn, dibantu oleh Angkatan Darat Kesembilan, dipimpin oleh Eben, menyerang Angkatan Darat Keenam Perancis, dipimpin oleh Jean Degoutte di barat Sungai Reims. Ludendorff berharap dapat memecah pasukan Perancis menjadi dua.
Serangan balasan Sekutu.

Serangan Jerman di sebelah timur Reims terhenti pada hari pertama, tapi di sebelah barat Reims tidak. Pertahanan di selatan sungai Marne mendapat serangan senapan Jerman selama tiga jam. Beberapa unit pasukan Sekutu, terutama Divisi Infanteri ke-3 AS melakukan serangan balasan tetapi Jerman telah merebut jembatan di kedua sisi Dormans meskipun intervensi 225 pembom Perancis yang menjatuhkan 44 ton bom di jembatan. Korps XXII Inggris dan 85.000 tentara Amerika serikat bergabung dengan Perancis untuk bertempur dan berakhir pada tanggal 17 Juli.

Serangan balasan Sekutu.
Kegagalan Jerman dimanfaatkan Ferdinand Foch, Panglima Tertinggi Sekutu, untuk melakukan serangan balasan pada tanggal 18 Juli dengan kekuatan 24 Divisi Perancis, 8 Divisi AS, dan 350 tank.

Pada tanggal 19 Juli, Korps Italia, kehilangan 9.334 orang (termasuk perwira) dari 24.000. Namun Berthelot mendapat tambahan kekuatan dari dua divisi infanteri Inggris (51 (Highland) dan 62 (West Riding)) untuk menyerang melalui Italia menuju ke Ardre Valley (Pertempuran Tardenois).

Pada tanggal 20 Juli pasukan Jerman dipaksa mundur ke posisi awal.

Pada tanggal 22 Juli Mereka memperkuat posisi, berlawanan dengan Sekutu, Ludendorff memerintahkan untuk membuat pertahanan dari Ourcq sampai Marfaux.

Komandan Sekutu terus mendesak musuh sejauh 500 yard. Angkatan Darat ke-27 Jerman telah berhasil mundur mendekati Fère-en-Tardenois, sambil mempertahankan bagian barat Soissons.

Pada tanggal 1 Agustus Divisi Mangin Angkatan Darat Kesepuluh Perancis dan Inggris menerobos hampir 5 mil. Serangan balasan Sekutu mereda pada tanggal 6 Agustus.

Pertempuran Marne Kedua merupakan kemenangan yang luar biasa, Ferdinand Foch menerima tongkat komando (Marsekal) dari Perancis. Sekutu menangkap 29.367 orang, 793 senjata dan 3.000 MGS tapi bukan berarti Jerman hancur. Mereka menderita 168.000 korban sejak 15 Juli.

Moral pertempuran di Marne adalah menandai akhir dari serangkaian kemenangan Jerman dan awal dari serangkaian kemenangan Sekutu. Dalam tiga bulan Angkatan Darat Jerman bertekuk lutut. Kekalahan Jerman menyebabkan pembatalan rencana Ludendorff (Invasi Flanders) dan merupakan langkah awal kemenangan Sekutu untuk mengakhiri perang.

Mendali dan Sertifikat

Sertifikat Pertempuran Marne diberikan kepada Letnan Théophile Marie Brébant dari Resimen Infanteri ke-48, Penghargaan kepada para pahlawan, ditandatangani oleh Jenderal Joffre dan Jenderal Foch .
Sumber: http://id.wikipedia.org
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Pertempuran Marne Kedua"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments