Previous Next
  • Perang Teluk

    Invasi Irak ke Kuwait disebabkan oleh kemerosotan ekonomi Irak setelah Perang Delapan Tahun dengan Iran dalam perang Iran-Irak. Irak sangat membutuhkan petro dolar sebagai pemasukan ekonominya sementara rendahnya harga petro dolar akibat kelebihan produksi minyak oleh Kuwait serta Uni Emirat Arab yang dianggap Saddam Hussein sebagai perang ekonomi serta perselisihan atas Ladang Minyak Rumeyla sekalipun pada pasca-perang melawan Iran, Kuwait membantu Irak dengan mengirimkan suplai minyak secara gratis. Selain itu, Irak mengangkat masalah perselisihan perbatasan akibat warisan Inggris dalam pembagian kekuasaan setelah jatuhnya pemerintahan Usmaniyah Turki. Akibat invasi ini, Arab Saudi meminta bantuan Amerika Serikat tanggal 7 Agustus 1990. Sebelumnya Dewan Keamanan PBB menjatuhkan embargo ekonomi pada 6 Agustus 1990...

  • 5 Negara yang Terpecah Akibat Perang Dunia II

    Negara yang terpecah adalah sebagai akibat Perang Dunia II yang lalu di mana suatu negara diduduki oleh negara-negara besar yang menang perang. Perang Dingin sebagai akibat pertentangan ideologi dan politik antara politik barat dan timur telah meyebabkan negara yang diduduki pecah menjadi dua yang mempunyai ideologi dan sistem pemerintahan yang saling berbeda dan yang menjurus pada sikap saling curiga-mencurigai dan bermusuhan. Setelah perang dunia kedua, terdapat empat negara yang terpecah-pecah, antara lain:

  • Serangan Sultan Agung 1628 - 1629

    Silsilah Keluarga Nama aslinya adalah Raden Mas Jatmika, atau terkenal pula dengan sebutan Raden Mas Rangsang. Dilahirkan tahun 1593, merupakan putra dari pasangan Prabu Hanyokrowati dan Ratu Mas Adi Dyah Banowati. Ayahnya adalah raja kedua Mataram, sedangkan ibunya adalah putri Pangeran Benawa raja Pajang. Versi lain mengatakan, Sultan Agung adalah putra Pangeran Purbaya (kakak Prabu Hanyokrowati). Konon waktu itu, Pangeran Purbaya menukar bayi yang dilahirkan istrinya dengan bayi yang dilahirkan Dyah Banowati. Versi ini adalah pendapat minoritas sebagian masyarakat Jawa yang kebenarannya perlu untuk dibuktikan. Sebagaimana umumnya raja-raja Mataram, Sultan Agung memiliki dua orang permaisuri. Yang menjadi Ratu Kulon adalah putri sultan Cirebon, melahirkan Raden Mas Syahwawrat. Yang menjadi Ratu Wetan adalah putri dari Batang keturunan Ki Juru Martani, melahirkan Raden Mas Sayidin (kelak menjadi Amangkurat I)...

  • Perang Dingin

    Perang Dingin adalah sebutan bagi sebuah periode di mana terjadi konflik, ketegangan, dan kompetisi antara Amerika Serikat (beserta sekutunya disebut Blok Barat) dan Uni Soviet (beserta sekutunya disebut Blok Timur) yang terjadi antara tahun 1947—1991. Persaingan keduanya terjadi di berbagai bidang: koalisi militer; ideologi, psikologi, dan tilik sandi; militer, industri, dan pengembangan teknologi; pertahanan; perlombaan nuklir dan persenjataan; dan banyak lagi. Ditakutkan bahwa perang ini akan berakhir dengan perang nuklir, yang akhirnya tidak terjadi. Istilah "Perang Dingin" sendiri diperkenalkan pada tahun 1947 oleh Bernard Baruch dan Walter Lippman dari Amerika Serikat untuk menggambarkan hubungan yang terjadi di antara kedua negara adikuasa tersebut...

  • Perang Kamboja-Vietnam

    Pada tahun-tahun terakhir menjelang kejatuhan saigon tahun 1975, negara-negara anggota ASEAN mencemaskan kemungkinan penarikan mundur pasukan Amerika Serikat dari Asia Tenggara. Ketegangan terus memuncak mengingat ASEAN adalah negara-negara Non-Komunis sedangkan negara-negara Indochina adalah negara komunis. Kemenangan Vietnam pada Perang Vietnam sudah tentu mengkhawatirkan ASEAN ditengah rencana Amerika Serikat untuk mengurangi kehadiran pasukannya yang selama ini secara tak langsung melindungi ASEAN dari invasi komunis ke kawasan tersebut...

Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,

Zhang Shicheng (Hanzi: 张士诚, 1321-1367) adalah seorang pemimpin pemberontakan anti-Yuan pada akhir Dinasti Yuan di Tiongkok. Ia dilahirkan di Baijuchang, Taizhou (sekarang kabupaten Dafeng, Jiangsu) dari keluarga pedagang garam. Nama kecil/ panggilannya adalah Jiusi (九四). Tahun 1353, karena tidak tahan dengan tekanan yang berlebihan dari kebijakan pemerintah atas garam, Zhang mengangkat senjata dan memberontak terhadap pemerintah. Bersamanya turut pula adik-adiknya Zhang Shiyi, Zhang Shide, Zhang Shixin, dan seorang bandar garam bernama Li Bosheng. Dalam waktu singkat pasukan pemberontak itu telah menduduki Taizhou, Xinghua, Gaoyou, dan beberapa kota penting di utara Sungai Changjiang. Tahun berikutnya ia memproklamirkan dirinya sebagai Raja Cheng dan menamakan dinastinya Dinasti Zhou (bedakan dengan Dinasti Zhou yang menguasai Tiongkok abad ke-12 hingga abad ke-3 SM).

Tahun 1355, Zhang terus melebarkan pengaruhnya ke selatan. Ia berhasil mencaplok Pingjianglu (sekarang Suzhou) dan mengubah namanya menjadi Longpingfu. Tahun 1357, pemerintah Yuan mengirim pasukan kerajaan untuk menumpas pemberontakan itu. Digempur bertubi-tubi oleh Fang Guozhen yang diutus oleh pemerintah, Zhang memilih menyerah. Atas penyerahan dirinya pemerintah memberinya jabatan sebagai komandan militer.


Saat itu pemberontakan terhadap rezim Yuan, Mongol sedang marak-maraknya. Zhang memanfaatkan kesempatan saat para pemimpin anti-Yuan lainnya, seperti Zhu Yuanzhang dan Chen Youliang, sedang bertikai dan jabatan yang diperolehnya untuk diam-diam membangun kembali kekuatannya. Ia menyebarkan pengaruhnya di wilayah Xuzhou hingga Shaoxing di selatan, ia juga melakukan kontak rahasia dengan kelompok-kelompok separatis. Kekuatan pasukannya terus bertumbuh hingga mencapai seratus ribu orang, selain itu juga didukung oleh logistik yang memadai. Tahun 1363, Zhang mengirim jenderalnya, Lu Zhen menyerang pasukan pemberontak sorban merah di Anfeng. Pemimpin pemberontak itu, Han Lin’er dan Liu Futong melarikan diri dan bergabung dengan Zhu Yuanzhang. Bulan September tahun itu juga, Zhang kembali memberontak terhadap Dinasti Yuan. Ia mengangkat dirinya sebagai Raja Wu dan adiknya, Zhang Shixin, sebagai perdana menterinya.

Kini lawan Zhang, bukan hanya Dinasti Yuan, tapi juga Zhu Yuanzhang, mereka berkali-kali terlibat pertempuran. Dalam menghadapi Zhang, Zhu memakai siasat menduduki kota-kota pentingnya satu-persatu untuk melemahkan kekuatannya sambil berkonsentrasi menghadapi lawannya yang lebih kuat, Chen Youliang. Zhang yang sombong dan hidung belang, memandang enteng hal ini, dia berpangku tangan saja ketika Zhu mengalahkan Chen Youliang di Yingtian (sekarang Nanjing), tidak sadar bahaya makin mendekat. Setelah menghancurkan Chen Youliang (1363) barulah Zhu mulai memusatkan perhatiannya pada Zhang. Tahun 1366 Zhu memulai penyerangan besarnya pada Zhang. Tahun 1367, markas besar Zhang di Pingjiang, Suzhou dikepung rapat-rapat oleh pasukan Zhu. Setelah sembilan bulan dikepung, tembok kota itu akhirnya berhasil dijebol. Zhang diringkus oleh Chang Yuchun, jenderal bawahan Zhu Yuanzhang, lalu digiring dengan kereta tahanan ke Yingtian dimana ia gantung diri karena malu.

Makam Zhang Shicheng di kota Xietang, Suzhou masih berdiri hingga kini. Setelah kematiannya, kenangan terhadap dirinya masih membekas dalam hati penduduk Suzhou. Setiap tanggal 30 Juli (ulang tahun Zhang), penduduk lokal memperingatinya dengan menggantungkan naga-nagaan dari jerami di pintu rumah mereka dan membakar 94 batang dupa sesuai nama kecil Zhang (九四, Jiusi yang artinya 94). Perayaan ini terus berlangsung hingga berdirinya pemerintahan komunis Republik Rakyat Cina.
Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,

Kaisar Qianlong (Chinese: 乾隆帝, pinyin: Qiánlóngdì, Wade-Giles: Ch'ien-lung Ti, Mongolian: Tengeriin Tetgesen Khaan, Manchu: Abkai Wehiyehe, Tibetan: lha skyong rgyal po, September 25, 1711 – Februari 7, 1799) terlahir dengan nama Hongli adalah kaisar bangsa Manchu, Dinasti Qing yang kelima dan merupakan Kaisar Qing keenam yang memerintah tiongkok. Qianlong adalah putra keempat dari Kaisar Yongzheng, dia memerintah secara resmi dari 11 Oktober 1736 sampai dengan 7 Februari 1795, pada tanggal 8 Februari Qianlong pensiunkan diri dan digantikan oleh anaknya, Kaisar Jiaqing dengan alasan bahwa tidak etis bagi dirinya untuk memerintah lebih lama dari kakeknya, Kaisar Kangxi. Walaupun Qianlong sudah pensiun, akan tetapi dia masih memerintah dibalik layar sampai kematiannya pada tahun 1799. Walaupun kesejahteraan menyertai tiongkok pada awal pemerintahannya, hal tersebut tidak bertahan lama dan tiongkok begitu halnya Dinasti Qing mengalami kemunduran pada masa akhir pemerintahannya.

Portrait of the Qianlong Emperor in Court Dress.jpg Ada mitos dan legenda yang menyatakan bahwa Hongli sebenarnya adalah seorang Han dan bukan keturunan Manchu, selain itu ada juga yang menyatakan bahwa Hongli adalah keturunan setengah Han dan setengah Manchu. Walaupun begitu, dari catatan sejarah, Hongli sangat dikagumi oleh Kakek dan Ayahnya yaitu Kaisar Kangxi dan Kaisar Yongzheng. Beberapa sejarawan berpendapat bahwa alasan utama Kaisar Kangxi menunjuk Yongzheng sebagai penerusnya karena Qianlong adalah cucu favoritnya. Dia merasa kepribadian dan watak Hongli sangat mirip dengan dirinya. Sebagai remaja, Hongli sangat ahli dalam hal seni bela diri, dan menunjukkan kemampuan yang luar biasa.

Setelah ayahnya menjadi Kaisar pada tahun 1722, Hongli menjadi Pangeran Bao. Seperti halnya paman - pamannya, Hongli terjerumus dalam pertikaian merebut tahta dengan saudara setengah kandung (sama ayah, beda ibu), Hongshi, yang mendapat banyak dukungan dari  pejabat istana, seperti halnya Yinsi, Pangeran Lian. Sudah bertahun - tahun Yongzheng tidak menunjuk putera mahkota, tetapi banyak orang yang berpendapat bahwa Hongli adalah calon favoritnya. Hongli dikirim keluar istana dalam rangka inspeksi di wilayah selatan, dan dikenal sebagai negosiator yang handal serta pemimpin yang bijak. Dia juga terpilih sebagai kepala pengurus pemerintahan sementara, ketika ayahnya sedang berpergian keluar kota.

Hongli menikah dengan seorang wanita Manchu dari keluara Fucha yang kemudian menjadi Permaisuri Xiao Xian Chun pada saat Hongli menjadi Kaisar. Permaisuri Xian Chun adalah permaisuri pertama dan juga merupakan favorit Qianlong, sayang Xian Chun meninggal pada usia muda.

Walaupun Hongli belum diumumkan sebagai putera mahkota, orang banyak sudah mengetahui siapa yang akan menjadi Kaisar berikutnya. Hongli muda merupakan favorit kakeknya, Kaisar Kangxi dan juga ayahnya, Kaisar Yongzheng yang mempercayakan banyak hal penting kepadanya ketika Hongli masih sebagai seorang pangeran. Hongli juga diikutsertakan dalam diskusi penting mengenai strategi militer. Untuk menghindari krisis suksesi seperti masanya, Yongzheng menulis nama penerusnya, memasukkannya ke dalam kotak bersegel dan disimpan di belakang singgasana di istana Kemurnian Surga (Qianqing Gong 乾清宫). Nama tersebut akan diumumkan kepada anggota kerajaan lainnya dan segenap pejabat senior kerajaan pada saat Kaisar wafat. Yongzheng meninggal secara tiba - tiba pada tahun 1735, surat wasiat tersebut dikeluarkan dan dibacakan, dan Hongli menjadi Kaisar Tiongkok dari bangsa Manchu yang keempat. Dia memakai nama era Qianlong (乾隆), 乾 berarti surga, 隆 berarti kesejahteraan, dimana jika digabung artinya menjadi "Kesejahteraan Surgawi".

Ekspansi Wilayah

Xinjiang

Kaisar Qianlong adalah pemimpin militer yang sukses, dia melakukan ekspansi besar - besaran untuk menambah wilayah Dinasti Qing. Hal tersebut dilakukan bukan hanya dengan kekuatan Qing, tetapi juga karena menurunnya kekuatan orang - orang Asia tengah. Dibawah pimpinan Qianlong, kawasan orang Turki dikuasai Dinasti Qing dan diganti namanya menjadi Xinjiang, sedangkan disebelah barat, Ili ditaklukkan dan dibatasi. Penguasaan Xinjiang oleh Dinasti Qing dikarenakan oleh kekalahan dan kehancuran bangsa Dzungars, koalisi dari Mongolia barat yang menyebabkan masalah di perbatasan Qing sejak tahun 1680.

Diantara tahun 1755 dan 1758, 80% dari populasi bangsa Dzungars, atau sekitar 480,000 dan 800,000 orang terbunuh. Hal itu bukan saja sebagai kekalahan perang kerajaan Dzungars, tetapi juga kehancuran bangsa Dzungars itu sendiri. Walaupun menurut perkiraan orang Cina pada abad ke 19, 40% dari bangsa Dzungars kemungkinan terbunuh oleh penyakit Syphilis.

Pada masa ini, pengaruh Mongol memasuki Tibet dan aliran buddha Tibet mulai tersebar di Mongolia. Qianlong lagi - lagi mengirimkan pasukan ke Tibet dan menetapkan Dalai Lama sebagai penguasa, dengan ketentuan Tibet adalah bagian dari kekuasaan Qing dan harus mengirimkan pajak dan upeti. Setelah itu, ekspansi militer ke Nepal dan Gurkhas menyebabkan kedua bangsa ini menyerah dan mengirimkan upeti kepada Qing.

Myanmar

Ekspansi militer Qing ke Myanmar (1765-1770) adalah perang yang sangat mahal yang harus dibayar oleh Dinasti Qing. Pada awalnya, Qianlong mengira akan dengan mudah memenangkan peran ini dalam satu serangan, karena dia menganggap Myanmar tidak lebih dari sebuah suku liar yang tidak memiliki kekuatan apapun. Setelah pasukan bendera hijau di Yunnan gagal menaklukkan Myanmar, Qianlong mengirim kan pasukan elit Manchu. Pasukan garis depan manchu harus berhadapan dengan hutan liar tropis serta berbagai penyakit menular. Bukan hanya satu persatu Jenderal Qing gagal menaklukkan Myanmar, akan tetapi pasukan Qing juga mengalami kehidupan yang sangat amat berat. Setelah peperangan selama empat tahun, panglima dari kedua belah pihak (Qing & Myanmar) setuju untuk mengakhiri perang pada tahun 1769 dengan hasilnya Qing gagal menaklukkan Myanmar dan mundur total. Qing menjaga ketat perbatasan Yunnan selama satu dekade, disamping itu menyiapkan perang lain dan memutuskan perdagangan selama dua dekade.
Inspeksi militer Qianlong ke Selatan

Vietnam

Kondisi di Vietnam juga tidak sesukses yang diharapkan. Pada tahun 1787, raja terakhir Dinasti Le, Le Chieu Thong mengungsi dari vietnam dan secara resmi meminta ditahtakan kembali di Thanglong (sekarang Hanoi). Kaisar Qianlong setuju dan mengirimkan pasukan dalam jumlah besar ke Vietnam untuk menyingkirkan Tay Son, petani pemberontak yang berhasil menguasai Vietnam. Ibukota Vietnam, Thanglong berhasil ditaklukkan pada tahun 1788 tetapi beberapa bulan kemudian, pasukan Qing dikalahkan dan invasi tersebut berubah keadaan ketika serangan tiba - tiba dari Nguyen Hue, orang kedua sekaligus orang yang paling intelek dari ketiga Tay Son bersaudara. Qing memberikan perlidungan kepada Raja le dan keluarganya, dan tidak menggangu Vietnam dalam kurun waktu 90 tahun berikutnya.


Efek Perang

Secara keseluruhan ekspansi militer Qianlong menguasai jutaan meter kubik wilayah dan membawa orang - orang non-han-chinese seperti Uyghurs, Kazakstan, Kyrgyzstan, Evenks dan Mongolia yang kemungkinan tidak bersahabat. Ekspansi militer yang dilancarkan Qianlong, memakan biaya yang sangat banyak, dana dari kas kerajaan hampir semuanya dihabiskan untuk keperluan militer. Mungkin hal tersebut yang menyebabkan kemunduran Qing pada saat menghadapi ancaman dari negara barat, pasukan Qing tidak dapat mengembangkan dan meperbaharui senjata mereka.

Walaupun ada perang yang dimenangkan, tetapi sebenarnya tidak sesukses yang dibayangkan. Pasukan Qing mengalami kemunduran dan menghadapi kesulitan ketika menghadapi musuh. Daerah Jin Chuan baru berhasil ditaklukkan setelah 3 tahun, pasukan Qing dibantai habis - habisan sebelum Yue Zhongqi mengambil alih pasukan dan kemudian bisa mengontrol keadaan. Peperangan dengan bangsa Dzungars sangat sengit, dan menyebabkan kerugian berat pada kedua pihak.

Pada akhir masa peperangan, pasukan Qing melemah dengan tajam. Disamping itu, karena sistem militer yang lunak, para jenderal sangat menikmati kehidupan mereka. Sejak banyak perang dilancarkan, para jenderal melihat tidak alasan untuk melatih pasukan mereka, alhasil melemahnya kekuatan pasukan Qing pada masa akhir Qianlong. Hal ini merupakan alasan utama kekalahan militer melawan Sekte Teratai Putih, pada masa akhir pemerintahan Qianlong.
Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:

Yelu Chucai (Hanzi: 耶律楚材, 1189-1243) adalah seorang negarawan pada masa awal Kekaisaran Mongolia. Ia merupakan salah satu penasehat kepercayaan Genghis Khan yang banyak memberikan kontribusi dalam penaklukkan bangsa Mongol terutama terhadap Tiongkok. Berkat sarannya untuk memungut pajak dan memanfaatkan tenaga rakyat yang ditaklukkan, Tiongkok terhindar dari kebuasan pasukan Mongol yang biasanya melakukan penjarahan dan pembantaian di daerah-daerah pendudukan.


Patung setengah dada Yelu Chucai di sebuah 
taman di Pegunungan Teh Wuyi

Yelu Chucai lahir di Yanjing (sekarang Beijing) dan berdarah Qidan (suku minoritas di wilayah utara Tiongkok), keluarganya memiliki hubungan kekerabatan dengan keluarga kerajaan Dinasti Liao. Ayahnya, Yelu Lu, adalah pejabat yang melayani Dinasti Jin (suku Jurchen), yang pada tahun 1125 meruntuhkan Dinasti Liao, dan ibunya adalah seorang wanita Han/Tionghoa bermarga Yang. Pada usia dua tahun Yelu ditinggal mati ayahnya, ia hidup di bawah asuhan ibunya yang mendidiknya dengan keras dan berpengaruh besar terhadap pembentukkan karakternya. Pemahamannya terhadap budaya Tionghoa memungkinkannya untuk mendalami kesusastraan dan filsafat mereka, selain itu ia pun mempelajari astronomi, sejarah, geografi, hukum, matematika dan juga ilmu kedokteran. Yelu adalah seorang penganut Budha, namun ia juga banyak mengerti tentang Konfusianisme dan Taoisme. Pada umur 20an ia sudah memegang jabatan pemerintahan di daerahnya.

Tahun 1211, Genghis Khan memulai perang melawan Dinasti Jin. Kaum pemberontak baik dari etnis Qidan, Han, bahkan dari suku Jurchen sendiri banyak yang bergabung dengan Mongol untuk melawan Dinasti Jin yang saat itu sudah korup. Pada akhir Juli 1218, Yelu untuk pertama kalinya bertemu dengan sang penakluk besar itu di padang rumput Sari (sebelah barat Sungai Kerulen). Padanya Genghis Khan berkata, “Liao dan Jin adalah musuh bebuyutan, kini aku telah membalaskan dendam untukmu” Namun Yelu menjawab, “Kakek dan ayah hamba berturut-turut melayani Dinasti Jin, bagaimana bisa saya sebagai seorang hamba dan seorang anak bermuka dua dengan menganggap atasan dan ayahku sebagai musuh?” Jawabannya membuat semua yang hadir termasuk Genghis Khan terkesan akan kesetiaan dan keberaniannya.

Melihat bakatnya yang luar biasa, Genghis Khan mengajaknya bergabung dan memberinya jabatan penting dalam pemerintahannya, saat itu usianya baru 28 tahun. Ia juga dikenal dengan julukan yang diberikan Genghis padanya, ‘Urtu Saqal’ (yang artinya ‘si jenggot panjang’) karena tubuhnya yang tinggi besar dengan jenggot hingga mencapai pinggang. Setelah menjadi penasehat, ia menyarankan pada Genghis Khan agar lebih baik menarik pajak dan memberi kesempatan pada rakyat yang ditaklukkan untuk melayani Mongol daripada membantai mereka. Kebijakannya antara lain adalah melakukan reformasi dalam administrasi pemerintahan misalnya pembagian kekuasaan antara sipil dan militer serta menerapkan sejumlah pajak dan retribusi.

Pendapat Yelu banyak yang didengar oleh Genghis Khan sehingga kariernya menanjak dengan cepat dan menjadi salah satu pejabat kepercayaannya. Hal ini menimbulkan rasa iri pada lawan-lawan politiknya. Pernah suatu ketika, seorang pembuat panah dari Xia Barat (kerajaan taklukan Mongol) berkata pada Genghis Khan di depan para pejabat lainnya, “Sekarang ini adalah jaman yang kacau dan yang diperlukan adalah berperang, kutu buku seperti Yelu Chucai apa gunanya bagi kita?” Bukannya marah, Yelu malah dengan tenang balik bertanya, “Sebagaimana membuat busur yang bagus diperlukan seorang ahli senjata, apakah mengatur negara tidak butuh ahlinya?” Pertanyaan balasan ini membuat si pembuat panah terdiam malu sementara Genghis Khan makin yakin pada kecerdasan Yelu dan makin menaruh kepercayaan padanya.

Ogedei wafat pada tahun 1241 dan kekuasaan jatuh ke tangan jandanya, Toregene Khatun, yang bertindak sebagai wali atas putranya, Guyuk Khan. Politik dilanda kekisruhan karena Toregene tidak cocok dengan para pejabat lama termasuk Yelu. Pendapat Yelu banyak yang tidak didengar lagi oleh rezim baru ini sehingga ia secara bertahap menarik diri dari panggung politik hingga meninggal tahun 1243. Tahun 1261, Kubilai Khan, cucu Genghis yang mendirikan Dinasti Yuan, memindahkan jasad Yelu dan istrinya ke kampung halamannya serta secara anumerta menganugerahinya gelar kebangsawanan Pangeran Guangning (广宁王) dan nama kehormatan Wenzheng (文正). Makam Yelu sempat dirusak semasa pemerintahan Dinasti Ming ketika sentimen anti-Mongol sedang marak-maraknya dan baru direnovasi pada masa pemerintahan Kaisar Qianlong dari Dinasti Qing. Di dekat makam, Kaisar Qianlong juga membangun sebuah kuil untuk menghormatinya. Makam itu kini terletak di Bukit Wanshou, kompleks Istana Musim Panas, Beijing. Seorang putranya bernama Yelu Tao, kelak menjadi perdana menteri Dinasti Yuan.

Sumber: http://id.wikipedia.org/
Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,

Kekaisaran Mongolia adalah kekaisaran kedua terbesar dalam sejarah dunia, hanya dikalahkan oleh Imperium Britania, menguasai sekitar 33 juta km² pada puncak kejayaannya, dengan perkiraan penduduk sebanyak di atas 100 juta orang dan menjadi yang paling kuat di antara semua kekaisaran abad pertengahan.
Kekaisaran Mongolia didirikan oleh Genghis Khan pada tahun 1206 sesudah mempersatukan Suku-suku Mongolia yang saat itu sering berselisih diantara sesama dan memulai banyak penaklukan di seluruh benua Eurasia yang dimulai dengan penaklukan dinasti Xia Barat di Republik Rakyat Cina Utara dan Kerajaan Khawarezmi di Persia. Pada puncaknya, Kekaisaran Mongolia menguasai sebagian besar wilayah Asia Tenggara ke Eropa tengah. Selama keberadaannya, Mongolia melakukan pertukaran budaya antara Timur, Barat dan Timur Tengah sekitar abad ke-13 dan 14.


Penaklukan Kekaisaran Mongolia dari waktu ke waktu

Kekaisaran Mongolia dipimpin oleh Khagan (Khan Agung keturunan Jenghis Khan) secara turun-temurun. Sesudah kematian Jenghis Khan, Kekaisaran Mongolia pada dasarnya terbagi menjadi empat bagian yaitu; Dinasti Yuan (Tiongkok), Ilkhanate (Persia), Chagatai Khanate (Asia Tengah), dan Golden Horde (Rusia). Semua wilayah pembagian itu dipimpin oleh keturunan Jenghis Khan.

Menurut ahli sejarah barat R.J. Rummel, diperkirakan sekitar 30 juta orang terbunuh dibawah pemerintahan Kekaisaran Mongolia dan sekitar setengah jumlah populasi Tiongkok habis dalam 50 tahun pemerintahan Mongolia.

Khan Agung Mongol (Dinasti Yuan)

Berikut ini adalah tahun kenaikan tahta para Khan Agung (Kha Khan) Mongol atau Dinasti Yuan di Tiongkok, 1206-1634 M, berdasarkan penelitian dari C.E. Bosworth:
  • 1206 Genghis Khan; pendiri Kekaisaran Mongolia
  • 1227 Ogadai Khan (Ogedei Khan); anak Jenghis Khan
  • 1241 Toregene; bukan bermarga Borjigid, adalah istri Ogadai Khan yang memegang pemerintahan sebagai wali bagi anaknya, Guyuk Khan
  • 1246 Guyuk Khan; anak Ogadai Khan
  • 1251 Möngke Khan; anak Tolui Khan, saudara Ogadai Khan
  • 1260 Kubilai Khan; saudara Mongke Khan, menguasai hampir sebagian besar wilayah Asia dan Eropa Timur
  • 1294 Temur Oljeytu (Uljaytu)
  • 1307 Qayshan Guluk
  • 1311 Ayurparibhadra Buyantu
  • 1320 Suddhipala Gege'en (Gegen)
  • 1323 Yesun Temur
  • 1328 Arigaba
  • 1328 Jijaghatu Toq-Temur
  • 1329 Qushila Qutuqtu
  • 1332 Rinchendpal (Irinjipal)
  • 1332-1370 Toghan Temur; adalah kaisar Dinasti Yuan terakhir
Bangsa-bangsa dunia pada masa itu
 
Para Khan Agung di Karakorum dan setelah masa Mongke, di Peking atau Khanbaliq (berarti Kota Para Khan), hidup dengan kekayaan meterial dan barang jarahan yang didapat dari daerah-daerah taklukan Mongol. Hal tersebut dapat ditemui dalam laporan perjalanan dari para musafir dan tamu dari Eropa Barat dan Timur Dekat. Lambat-laun, para Khan Agung Mongol menjadi dinasti Tiongkok dan hanya memiliki kekuasaan nominal saja terhadap khan-khan Mongol di Asia Tengah dan Asia Barat. Setelah Toghan Temur disingkirkan oleh kaisar Ming, maka pengaruh mereka di wilayah non-Tiongkok menjadi pupus sama sekali.

 Masa Pemerintahan

Para Khan Asia Tengah Dan Asia Barat

Sementara itu, para pemimpin wilayah atau kerajaan bawahan Khan-Khan Agung Mongol memerintah dengan cukup bebas, beberapa yang terkenal antara lain adalah:
  • 1227-1241 Chagatai Khan; anak Genghis Khan, yurt atau wilayah kekuasaannya meliputi Transoxania sampai Turkestan Timur, termasuk pula Gunung T'ien Shan
  • 1226-1280 Orda Khan; anak Jochi, putra sulung Jenghis Khan dan pendiri White Horde Khanate
  • 1227-1255 Batu Khan; saudara Orda Khan dan pendiri Blue Horde Khanate
  • 1256-1265 Hulagu Khan; saudara Möngke Khan dan Kubilai Khan, serta penguasa Il-Khanate (Il-Khan berarti warga atau bawahan Khan Agung)
  • Kadan Khan; salah seorang anak daripada Ogadai Khan
  • Oghui, bukan bermarga khan
Wilayah Kekuasaan

Wilayah Kekuasaan Mongolia Meliputi :


  1. Seluruh Tiongkok (dinasti Xia Barat, Song, Jin, dan Liao) dan Nanchao (Kerajaan Dali)
  2. Kerajaan Khawarezmi (bisa disebut juga wilayah Persia atau Iran-Irak-Azerbaijan sekarang ini)
  3. India bagian utara
  4. Beberapa negara di Asia Tenggara (Vietnam, Kamboja, Thailand, Burma, dll)
  5. Timur Tengah atau Asia Barat Daya (Mesir, Yaman, sebagian Turki, dll)
  6. Sebagian wilayah Rusia
  7. Asia Tengah (Afganistan, negara2 pecahan Soviet: Ukraina, Georgia, Belarusia, Moldavia, dll)
  8. Mongolia
  9. Beberapa negara di Eropa Timur atau Eropa Tengah (Bulgaria, Hungaria, dll)
  10. Asia Timur (Korea, Jepang)
  11. Yerusalem (Israel, Palestina)
Wilayah Yang Pernah Diserang Tetapi Mengalami Kegagalan :


  1. Jepang, berhasil mengusir pasukan Mongolia tetapi akhirnya mengirimkan upeti sehingga Kaisar Mongol merasa puas, dan kemudian memusatkan perhatiannya ke Asia Tenggara
  2. Jawa (Indonesia), gagal akibat pengkhianatan dan diusir oleh raja Majapahit, Raden Wijaya
  3. Negara-negara Eropa seperti Lithuania, Polandia, Austria, Moravia (Rep. Ceko timur), Dalmatia (Kroasia), Hungaria, dan pegunungan Carpathia. Pasukan Polandia, Hungaria dan Austria mengalami kekalahan besar tetapi wilayah mereka tidak jadi dikuasai karena pada saat itu Kaisar Mongolia (Ogadai Khan) meninggal sehingga pasukan Mongolia ditarik kembali ke Mongolia.
  4. Mesir, dinasti Mameluk berhasil mengusir dan menghancurkan tentara mongol pada masa pemerintahan Hulagu Khan bahkan mereka terus mendesak mongol hingga keluar dari Damaskus, Syria.
Catatan: Kekaisaran Mongolia juga pernah berencana menyerang negara Eropa Barat, seperti Perancis, Romawi dan negara-negara Eropa lainnya. Ahli-ahli sejarah menyatakan jika bukan karena kematian Ogadai Khan, maka kemungkinan seluruh Eropa akan dikuasai dan sejarah Eropa akan berubah.

Sumber: http://id.wikipedia.org/
Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:

Kubilai Khan (bahasa Mongol: Хубилай хаан), Khubilai Khan, Kublai Khan atau "Khan Besar Terakhir" (23 September 1215 - 18 Februari 1294) adalah kaisar Mongol (1260-1294) dan juga pendiri Dinasti Yuan (1279-1294). Terlahir sebagai putra kedua dari Tului dan Sorghatani Beki, cucu dari Genghis Khan. Ia menggantikan kakaknya Mengke pada tahun 1260. Saudaranya yang lain, Hulagu, menguasai Persia dan mendirikan Il-Khanate.

YuanEmperorAlbumKhubilaiPortrait.jpg
Portret Kublai Khan, Khan Agung (Kha Khan) terakhir.

Kubilai adalah cucu Genghis Khan. Masa mudanya dihabiskan untuk mempelajari kebudayaan Tiongkok. Saat Mengke menjadi kaisar, Kubilai menjadi gubernur daerah Selatan Mongol. Saat menjabat, Kubilai meningkatkan hasil bumi provinsi Henan dan meningkatkan kesejahteraan sosial Xi'an.

Pada tahun 1253, Kubilai menyerang Yunnan. Kemudian ia menguasai dan menghancurkan kerajaan Dali. Pada tahun 1258, Mengke menunjuk Kubilai untuk memimpin Pasukan dari Timur untuk membantu menaklukkan Sichuan dan Yunnan. Sebelum tiba (1259), ada berita bahwa Mengke wafat. Saat itu Kubilai tetap menyerang Wuhan. Tak lama ia mendengar bahwa adiknya merebut tahta. Kubilai langsung berdamai dengan negeri Sung dan pulang ke arah utara padang Mongolia.

Kubilai dan adiknya masing-masing lalu mengangkat diri menjadi Khan. Pertempuran keduanya berlangsung selama 3 tahun, dimana Kubilai muncul sebagai pemenang. Saat itulah gubernur Yizhou, Li memberontak melawan Mongol. Kejadian ini menimbulkan rasa tidak percaya Kubilai terhadap bangsa Han. Saat berkuasa, Kubilai mengeluarkan hukum anti Han, seperti larangan gelar bagi penguasa daerah di Tiongkok.

Kubilai Khan kemudian mengangkat dirinya bukan saja sebagai Khan dari Kekaisaran Mongolia, namun juga sebagai Kaisar China, dan membangun Dinasti Yuan di tanah China. Ia lalu memerintahkan untuk memindahkan ibukota Mongol ke Beijing. Pada saat itu kerajaan Mongol mencapai zaman keemasannya dimana pedagang dari China dapat pergi berdagang di Eropa dengan aman. Para pedagang Eropa yang haus akan kain sutra pun dapat datang membeli barang dagangan di China dengan aman tentram. Marco Polo dari Italia tiba di China pada masa Dinasti Yuan, dan pernah dijadikan gubernur oleh Kubilai Khan. Hal inilah menandakan perdagangan langsung pertama kalinya muncul antar Eropa dan China, dimana permintaan Eropa akan porselein, ukiran, dan sutra dari China melaju tinggi.

Berbagai invasi ke negeri-negeri Asia Timur dan Asia Tenggara dilancarkan oleh pasukan-pasukan Kubilai Khan. Tujuan utamanya ialah untuk memperluas pengaruh kekuasaan, melancarkan perdagangan dan menerima upeti dari negara-negara lain di Asia. Kekaisaran Dinasti Yuan mencapai batas terluasnya saat di bawah kekuasaan Kubilai Khan, dengan penaklukan tuntasnya atas Dinasti Sung, yang terjadi pada tahun 1279.

Kubilai Khan tidak hanya disibukan oleh peperangan, namun ia juga mempelajari tradisi China. Ia senang dengan kehidupan dan adat istiadat China. Artis, tukang pahat, tukang masak terbaik semua dikumpulkan di Beijing untuk memacu adat-istiadat negara. Marco Polo dikabarkan juga membawa banyak kekayaan budaya seperti sutra dan resep memasak dari China ke Italia.

Invasi Ke Korea

Pasukan Mongol memasuki wilayah Korea pada tahun 1216. Pada saat itu hubungan berlangsung baik dikarenakan pasukan Mongol diperintahkan untuk menghancurkan angkatan perang Khitan. Pada saat itu hubungan antar kerajaan Koryo (Korea) dan kerajaan Khitan tidaklah berlangsung baik. Angkatan perang Khitan yang tidak mendapat bantuan pangan dari kerajaan Korea mengambil langkah untuk merebut pangan dari desa-desa di Korea untuk melawan kerajaan Mongolia. Raja Koryo memutuskan untuk bergabung dengan pasukan Mongolia dalam menghancurkan pasukan Khitan. Setelah perang usai, raja Koryo membuat perjanjian damai terhadap kerajaan Mongolia dan mengirim upeti tahunan. Namun upeti tersebut dirampas oleh kawanan perampok dan duta besar Mongolia terbunuh. Hal itu mengakibatkan kerajaan Mongol marah dan mengirim pasukan penghukumnya untuk memasuki wilayah Korea yang kedua kalinya.

Pertempuran terjadi sengit pada tahun 1231. Pasukan Mongol berhasil menawan raja Korea dan mendirikan perkemahan Mongol untuk mengamankan wilayah jajahannya. Kemudian sebagian besar pasukan mereka kembali ke negeri Mongol. Namun perkemahan tersebut diserang oleh para pemberontak. Hal itu menimbulkan invasi ketiga pada tahun 1254 yang mengakhiri hidup kerajaan Korea. Pada tahun 1258 seluruh wilayah Korea berhasil dikuasai oleh kerajaan Mongol. Raja Korea yang kabur ke pulau kecil Cheju, lalu mengawinkan putrinya kepada kerajaan Mongol pada tahun 1273. Pulau itulah yang kemudian dipakai oleh pihak Mongol untuk rencana invasi ke negeri Jepang.
Invasi Ke Jepang

Invasi ke tanah Jepang dilakukan jauh sebelum invasi ke kerajaan di Asia Tenggara. Invasi ini berlangsung dua kali. Invasi pertama dilakukan pada tahun 1274 dimana pasukan Mongol bergabung dengan pasukan Korea (pada umumnya budak) mendarat di teluk Hakata. Ribuan pasukan yang berangkat dari Pusan (Korea) melewati pulau Tsushima dan Iki dengan mudah. Namun pada saat mereka hendak mencapai tanah Jepang, mereka diserang oleh badai Tsunami yang menghancurkan pasukan serta pangan mereka hingga tiga per empatnya. Pasukan yang mendarat di teluk Hakata tidak memiliki pangan dan senjata yang cukup untuk melawan pasukan Jepang. Mereka dihancurkan oleh pasukan Samurai. Kaisar Jepang memerintahkan pasukan China untuk dibebaskan karena mereka adalah penduduk dari Tang (kerajaan China pada zaman dinasti Tang mempunyai hubungan baik dengan Jepang). Sedangkan pasukan Mongolia dan Korea semuanya dihukum penggal. Pasukan Mongol yang dikirim ke Jepang itu berupa gabungan dari tentara Mongolia sendiri dan budak-budak dari China dan Korea.

Pasukan Samurai Suenaga menghadapi serangan panah dan bom Mongol. Karya Moko Shurai Ekotoba (蒙古襲来絵詞), ca. 1293.
 
Pada tahun 1281 ratusan ribu pasukan Mongol mendarat untuk kedua kalinya ditanah Jepang. Pasukan Samurai Jepang saat itu tidak mengerti dengan taktik perang Mongol. Menurut tradisi Jepang, sebelum perang dimulai, mereka harus mengadakan duel (satu lawan satu) antar panglima diatas kuda untuk mengukur kekuatan dan semangat lawan. Namun pada saat itu, tidak ada orang yang bisa berbicara bahasa Mongol dari jajaran pasukan Jepang. Pasukan Mongol sendiri tidak mengerti bahasa Jepang. Sehingga pada saat tantangan duel diteriakkan, ribuan pasukan Mongol maju menyerang secara membabi buta. Pasukan Samurai juga menderita oleh serangan Mongol yang berupa hujan anak panah. Secara tradisi pasukan Samurai berperang dengan memanah musuh secara akurat tidak seperti Mongol yang memanah musuh secara membabi buta dan dengan jumlah yang besar. Pasukan Mongol juga menggunakan "senjata guntur" (bom) untuk menghancurkan jajaran pasukan Samurai. Senjata guntur itu pertama kali diciptakan oleh kerajaan China. Senjata itu terbuat dari tanah liat dan dengan bentuk bola yang besar. Di dalam tanah liat tersebut diisi penuh dengan bubuk mesiu. Kemudian bola tanah liat itu diikat dengan tali dan diayukan kearah musuh. Ledakan bola tanah liat itu bagaikan guntur dan menakuti jajaran pasukan samurai dan kuda-kuda yang mereka tunggangi.

Setelah perang dimenangkan, ratusan ribu pasukan Mongol kembali ke perkemahan mereka di daerah pantai serta membakar desa-desa disekitarnya. Pada malam harinya terjadi Tsunami ganda yang menghancurkan perkemahan mereka serta kapal-kapal mereka lebih parah dengan apa yang terjadi pada tahun 1274.
Tsunami ganda tersebut dinamakan Kamikaze, yang kemudian nama itu digunakan oleh kerajaan perang sebagai kode tempur dalam perang pasifik pada perang dunia ke 2. Pasukan Mongol yang tersisa sedikit tersebut kemudian dihancurkan oleh pasukan Jepang. Hal itu menandakan akhir invasi Mongol ke Jepang. Beberapa ahli sejarah mengatakan bahwa kaisar Jepang mengakui kedaulatan Mongol serta mengirimkan upeti, hal itulah yang membuat Kubilai Khan puas dan mulai mengarahkan pandangannya ke negeri-negeri di Asia Tenggara (Jawa, Vietnam, Kamboja, dsb).

Invasi Ke Annam (Vietnam Utara)

Kubilai Khan menaruh perhatiannya ke wilayah Asia tenggara setelah ia berhasil menguasai seluruh wilayah Asia Timur. Ia mulai mengirim duta besarnya kepada puluhan kerajaan kecil untuk meminta upeti tahunan. Namun hal itu tidak berlangsung baik, karena banyak kerajaan yang tidak mengenal Mongolia dan bahkan mempermalukan duta besar mereka. Pasukan Mongolia lalu dikirimkan untuk menghancurkan kerajaan Champa, namun mereka tidak diperbolehkan untuk memasuki wilayah Annam. Hal ini menimbulkan amarah Kubilai Khan setelah pasukannya diserang secara tiba-tiba pada tahun 1285. Pada tahun 1287 pasukan gelombang kedua tiba dan berhasil mengepung serta menghancurkan ibukota Annam, Hanoi. Raja Annam berhasil kabur ke selatan. Iklim tropis yang panas dan lembab di daerah itu memaksa pasukan Mongol untuk meninggalkan keberhasilan mereka setelah merebut kota Hanoi. Pada tahun 1288 panglima Mongol merasa tidak puas dan menyerang wilayah Annam untuk ketiga kalinya. Walaupun raja Annam berhasil melarikan diri, ia sadar bahwa pasukan Mongol tidak akan pernah berhenti menyerang tanpa adanya perjanjian damai. Raja Annam kemudian mengakui kekuatan Mongol dan mengirimkan upeti.

Invasi Ke Champa (Vietnam Selatan) Dan Kamboja

Setelah kerajaan Annam berhasil dikuasai Mongol, pasukannya mulai berekspedisi ke arah selatan. Dalam tahun yang sama, raja Champa menyerah dan menyerahkan kekuasaan ketangan Mongolia seperti raja Annam. Mereka menjadi raja boneka yang dikontrol sepenuhnya oleh Kubilai Khan.

Invasi Ke Tibet Dan Thailand

Invasi ini berlangsung damai. Hal tersebut dikarenakan raja dari kerajaan tersebut mengakui kedaulatan Mongolia dan setuju untuk mengirimkan upeti terhadap kerajaan Mongol. Pada saat itu, Kubilai Khan juga disibukkan oleh berbagai perang dengan kerajaan lain, sehingga tidak ada pasukan yang dikirim untuk mendiami wilayah Tibet maupun Thailand.

Invasi Ke Burma

Invasi ini berlangsung dikarenakan duta besar Mongol yang dibunuh oleh raja Burma. Kerajaan Burma pada saat itu sedang dalam zaman keemasan dengan memiliki pasukan yang berlimpah. Pasukan Burma pada umumnya berupa pasukan gajah. Namun hal itu tidak menjadi tantangan besar oleh pasukan Mongolia. Pada tahun 1277 dan 1283, pasukan Burma mengadakan invasi ketanah Mongolia di China untuk menunjukkan kekuatan mereka. Pasukan penghukum yang dipimpin oleh Temur (cucu Kubilai Khan) meratakan ibukota Burma, Pagan. Raja Burma berhasil kabur dari pertempuran tersebut, namun pada tahu 1287 seluruh wilayah Burma berada dalam kekuasaan Mongolia.

Invasi Ke Jawa

Pada akhir tahun 1292 angkatan perang Mongol mulai dikirim ketanah Jawa dikarenakan duta besar mereka dipermalukan oleh kerajaan Singhasari dibawah rajanya Kertanagara. Pada tahun 1293 angkatan perang tersebut mendarat di Rembang dan mulai melaju kearah timur Jawa. Pada saat mereka tiba, tanah Jawa dipenuhi dengan kehancuran yang diakibatkan oleh perang, jauh sebelum mereka tiba. Kerajaan Singhasari sendiri sudah jauh hari dihancurkan oleh kerajaan Kediri. Pasukan Mongol yang tidak tahu apa yang harus mereka perbuat itu disiasati oleh Raden Wijaya untuk berontak melawan kerajaan Kediri. Raja Jayakatwang akhirnya tertangkap, dan Raden Wijaya mendirikan kerajaan yang diberi nama Majapahit. Pasukan Mongolia kemudian diserang oleh Raden Wijaya sendiri dan diusir dari tanah Jawa. Panglima Mongol yang sudah kehilangan sedikitnya 3000 tentara dan dipengaruhi dengan iklim tropis yang lembab dan panas itu memutuskan untuk berlayar kembali ke tanah Mongolia dengan berbekal emas, budak dan hasil rampasan perang lainnya dari tanah Jawa. Namun setelah ia kembali, Kubilai Khan menjadi marah setelah mendengar cerita ekspedisinya. Panglima tersebut diberi hukuman 16 cambukan dan setengah dari kekayaannya disita kerajaan.

Warisan Budaya

Kubilai Khan pernah memerintahkan berbagai bumbu makanan dari pelosok dunia Eropa, India, dan Arab dikirimkan ke Beijing untuk membuat makanan baru. Pada saat itu juga, makanan terkenal dinamakan Bebek Panggang Beijing (Peking Roast Duck) ditemukan dan sampai sekarang ini makanan itu dikenal seluruh dunia sebagai salah satu makanan terenak dari China. Salah satu legenda yang umum, ialah tentang resep masak dan cara membuat mie (bakmie), yang telah dipakai oleh rakyat China selama lebih dari 4000 tahun. Dikatakan bahwa makanan aneh tersebut kemudian dinamakan Spaghetti dan menjadi makanan nasional Italia. Walaupun Kubilai Khan gemar mempelajari budaya Cina, namun tidak semua panglimanya memiliki minat yang sama. Banyak sekali panglima perang atau tentara Mongol yang selalu menjarah desa-desa dan kota.

Banyak pula wanita yang diculik ataupun dibawa paksa untuk dijadikan budak digurun Mongolia. Desa-desa sering kali dibakar dan penduduknya terbantai sebagai sarana olahraga atau permainan yang diadakan oleh pasukan Mongol. Adapula panglima Mongol yang memerintahkan agar setiap rumah tangga harus dikawal oleh satu tentara Mongol. Setiap orang dilarang untuk berhubungan dengan tetangganya. Hal ini menimbulkan amarah penduduk setempat, yang kemudian menyiasatkan sebuah taktik, yaitu dengan cara menyembunyikan surat rahasia kedalam kue-kue yang kemudian dibagikan kepada setiap rumah sebagai peringatan pesta bulan penuh. Dalam surat itu menyatakan tindak pemberontakan dan setiap penduduk diminta untuk membunuh tentara Mongol yang menjaga rumah mereka pada saat yang sama. Hari peringatan tersebut kemudian dijadikan hari adat-istiadat nasional di China, dan bahkan dirayakan oleh orang Tionghoa seluruh dunia sebagai Perayaan Kue Bulan - Moon Cake Festival (Perayaan Tiong Chiu).

Akhir Kerajaan Mongol

Kerajaan Mongol diakhiri oleh perebutan kekuasaan dan pemberontakan diseluruh jajaran wilayah Mongolia. Setelah kehancuran Dinasti Yuan di China, Kaisar Zhu Yuanzhang dari China mendirikan kerajaan Ming dan memerintahkan untuk mengadakan operasi balas dendam terhadap Mongolia. Ibukota Mongolia diratakan dengan tanah berserta seluruh harta karunnya. Setelah kerajaan Mongolia hancur, sejarah mencatat bahwa hanya dalam 1-2 generasi, rakyat China dan Eropa hilang hubungan dan tidak mengetahui sesamanya. Setelah itu Eropa tidak pernah tahu keberadaan negeri China, dan sebaliknya. Marco Polo yang pulang ke Italia dan memberitakan ekspedisi yang ia alami selama di China, dimana ia melihat vihara yang beratapkan emas, kerajaan yang berlimpah akan makanan dan harta itu, tidak dipercayai oleh orang Eropa. Namun ada seseorang yang percaya akan legenda yang diceritakan oleh Marco Polo. Ia adalah Columbus, yang mengadakan pelayaran untuk mencari dunia yang diceritakan oleh Marco Polo, dan akhirnya mendarat di benua baru yang dinamakan benua Amerika.

Sumber: http://id.wikipedia.org/
Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:

Tambang dan pabrik timah di dekat Selat Malaka, Indonesia, dianggap vital bagi kepentingan Amerika Serikat (AS). Selain itu, Washington juga menandai sejumlah sumber daya dan lokasi strategis lainnya di mancanegara yang patut diperhatikan bagi kepentingan Negeri Paman Sam.

Demikian menurut suatu memo berkatagori rahasia yang dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri AS. Memo itu dibuat pada 18 Februari 2009 dan berkatagori rahasia, yang akhirnya bocor di laman WikiLeaks pada 5 Desember 2010.

Bernomor referensi STATE 015113, memo diplomatik itu menginstruksikan kedutaan-kedutaan besar AS di mancanegara untuk menyusun daftar infrastruktur yang dianggap vital bagi kesehatan publik, keberlangsungan ekonomi dan keamanan AS.

Tambang dan pabrik timah di Selat Malaka, Indonesia, termasuk dalam ratusan aset yang berkatagori "infrastruktur penting dan sumber daya kunci," bagi AS. Daftar itu dimuat dalam "Critical Foreign Dependencies Initiative 2008," yang bertujuan untuk mendata sejumlah aset vital di luar negeri untuk melindungi kepentingan AS dari berbagai ancaman, baik terorisme maupun bencana alam.

Memo itu tidak menyebutkan lokasi spesifik tambang timah di Indonesia yang dianggap penting bagi AS. Namun, sejumlah wilayah di Kepulauan Riau, yang terletak di dekat Selat Malaka, dikenal sebagai penghasil timah.

Menurut penelusuran VIVAnews, dan juga laman harian New Zealand Herald, dokumen itu bertanda Menteri Luar Negeri Hillary Clinton.

"Ketidakmampuan atau penghancuran sistem dan aset-aset itu akan melemahkan keamanan, daya tahan ekonomi nasional, kesehatan atau keselamatan publik nasional, atau gabungan dari elemen-elemen itu," demikian tulis memo tersebut, seperti yang dipantau New Zealand Herald.

Bersama Indonesia dan negara-negara lain, sejumlah wilayah di Selandia Baru turut menjadi kepentingan AS. Wilayah yang dimaksud adalah jalur kabel bawah laut di Takapuna dan Whenuapai.

Sebelumnya, 4 Desember 201, WikiLeaks mulai membocorkan laporan dari kantor perwakilan Amerika Serikat (AS) di Jakarta. Laporan itu menyinggung kemungkinan serangan balasan teroris terkait eksekusi mati atas para pelaku Bom Bali pada 2008 lalu.


Sumber: http://www.kaskus.us/
Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:

Mengutip static.guim.co.uk, yang bersumber dari WikiLeaks, ada 3.059 dokumen yang disusun Kedutaan Besar AS di Jakarta, yang tentu saja berbicara tentang Indonesia.

Laman ini tidak menyebutkan secara persis isi dan klasifikasi dokumen mengenai Indonesia itu, namun daftar itu termasuk sebuah laporan resmi untuk Kongres AS mengenai Indonesia.

Laporan bertajuk "Congressional Research Service; Report RS21874" yang disusun Bruce Vaughn, analis soal Asia Tenggara dan Asia Selatan dari Divisi Hubungan Luar Negeri, Pertahanan dan Perdagangan ini, mengupas singkat hasil Pemilu 2004 di Indonesia.

Tidak ada yang istimewa dan mengejutkan dari laporan itu, karena memang klasifikasinya dokumen resmi biasa.

Lain halnya dengan dokumen yang berkaitan dengan Prancis, Spanyol, Turki, Kuwait, Yordania, Irak, dan Jepang.

Di Prancis, menurut laman itu, ada 1.582 dokumen sangat rahasia yang dibocorkan WikiLeaks termasuk mengenai Presiden Nicolas Sarkozy, 256 dokumen rahasia, dan 1.937 dokumen resmi biasa.

Untuk Spanyol, WikiLeaks membocorkan 898 dokumen sangat rahasia, 103 dokumen rahasia, dan 2.619 dokumen biasa.

Dokumen sangat rahasia mengenai pandangan, data dan informasi soal Turki menjadi yang terbanyak kedua dibocorkan, setelah Irak.

Mengenai Turki ini, WikiLeaks membocorkan 3.298 dokumen sangat rahasia termasuk mengenai PM Recep Tayyip Erdogan, 577 dokumen rahasia, dan 4.043 dokumen resmi biasa.

Di Irak, dokumen amat rahasia yang dibocorkan sebanyak 4.127, sedangkan yang berkategori rahasia berjumlah 1.158, dan 1.392 untuk dokumen biasa.

Dokumen yang dibocorkan rata-rata bertahun 2004, namun ada juga yang dimulai sejak 2002, seperti mengenai Yordania dan Kuwait.

Dari ratusan ribu dokumen yang dibocorkan itu, 97.080 diantaranya tergolong sangat rahasia (confidential), 75.792 dokumen biasa, 58.095 dokumen hanya untuk internal (official use only), 11.322 dokumen rahasia, 4.678 dokumen sangat rahasia yang tak boleh diakses non AS (Noforn), dan 4.330 dokumen rahasia Noforn.

Dari jumlah itu, 145.222 berkaitan dengan hubungan politik eksternal, 122.954 soal internal pemerintah, 49.016 tentang ekonomi, 28.760 mengenai teroris dan terorisme, 23.857 tentang perdagangan luar negeri, dan 23.054 dokumen tentang intelijen.

Masalah Timor Timur
CRS Report RS20332
East Timor Crisis: US Policy and Options
5 November 1999

*Pemerintahan Bill Clinton menekan RI agar menerima kehadiran pasukan perdamaian internasional di Timor Timur usai jajak pendapat 1999.

*Menghentikan kerja sama militer AS dan Indonesia dan mengancam sanksi lebih keras bila tak mau bekerja sama, mengendalikan milisi, dan memulangkan 200 ribu pengungsi Timor Timur.

*Mendukung keputusan IMF dan Bank Dunia menghentikan bantuan mereka untuk Indonesia.

* Bantuan yang dihapus untuk tahun 2000 antara lain bantuan ekonomi 75 juta dolar AS, Economic Support Funds 5 juta dolar AS dan IMET 400 ribu dolar

Tentang Pemilu 2004
CRS Report RS21874 Analyst in Southeast and South
Asian Affairs 20 Mei 2005

*SBY disebut the thinking general

*Bila Wiranto jadi presiden, hubungan RI dan AS akan sangat rumit karena Kongres AS menaruh perhatian besar pada isu pelanggaran HAM di Timor Timur.

*Suksesnya Pemilu 2004 meneguhkan dominasi partai sekuler, yaitu Golkar, PDIP, dan Partai Demokrat.

Pelatihan Kopassus
Dokumen Joint Combined Exchange Training (JCET) and Human Rights Background and Issues for Congress
26 Januari 1999

*Sejak 1992, Kongres AS memutus program Pelatihan dan Pendidikan Militer Internasional (IMET) untuk Indonesia setelah tragedi Santa Cruz.

* Namun, di bawah program JCET Dephan yang di setujui oleh Deplu, pasukan Baret Hijau AS melatih 60 anggota pasukan khusus TNI di Indonesia yang sebagian besar Kopassus. JCET berdalih pelatihan murni militer meskipun kurikulum latihan perang kota berjudul ‘crowd control’.

*April 1998, anggota Kongres AS menyurati Menteri Pertahanan Cohen Evans yang menyebut program JCET mengakali larangan Kongres. JCET dihentikan 8 Mei 1998.

*ada jaringan terkait terorisme yang dikeluarkan 4 hari sebelum peristiwa bom di Hotel JW Marriott pada 17 Juli 2009 lalu.

sumber(antaranews).
Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:

Mungkin dibutuhkan orang yang luar biasa untuk membidani sebuah situs besar seperti WikiLeaks. Tapi pendiri situs itu Julian Assange adalah orang yang diliputi keanehan.

Dunia internet sudah banyak yang mengetahui WikiLeaks adalah sumber informasi bagi dokumen yang sering kali ditutup-tutupi.

Tapi membaca profil Assange di penerbitan Mother Jones sulit untuk tidak menyimpulkan, pria itu adalah jenius yang aneh.

Berikut beberapa keanehan dari pria Australia itu. Pertama Assange memiliki potongan rambut yang tidak biasa. Dia juga tidak bersedia mengungkapkan usianya.

Ia juga membentuk "dewan penasihat WikiLeaks" namun dengan anggota yang tidak dikonfirmasi kesediaanya. Dalam dewan itu ada intelektual Noam Chomsky, pakar keamanan Ben Laurie dan mantan wakil Dalai Lama, Tashi Namgyal Khamsitsang.

Mother Jones menyebut orang-orang ini tidak memberikan izin namanya digunakan. Tapi Assange membela diri dengan mengatakan dewan itu "cukup informal."

Assange yakin musuh-musuhnya mencoba menyergapnya saat di Kenya, di mana tempat tinggalnya diserang oleh enam orang bersenjata. Namun penyerang itu ketakutan oleh satu orang penjaga.

Dan di sekitar waktu penyerangan itu, WikiLeaks menerbitkan bukti polisi Kenya dihubungkan dengan penyiksaan terhadap aktivis oposisi. Dua aktivis hak asasi manusia kemudian mati dibunuh di siang hari setelahnya dokumen itu muncul.

Sumber: http://www.kaskus.us/
Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:

Jakarta - Salah satu kabel diplomatik yang dibocorkan situs WikiLeaks menyebutkan bahwa Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Hillary Clinton pernah memerintahkan staf kedutaan AS di seluruh dunia untuk memata-matai PBB. Perintah tersebut sangat serius sehingga mungkin harus mendapatkan persetujuan presiden.

Karenanya Presiden Amerika Serikat Barack Obama harus mundur jika terbukti bahwa dirinya menyetujui perintah Hillary tersebut.

"Seluruh rantai komando yang tahu soal perintah ini, dan menyetujuinya, harus mengundurkan diri jika AS ingin dilihat sebagai negara kredibel yang mematuhi aturan hukum. Perintah tersebut sangat serius sehingga kemungkinan harus mendapat persetujuan presiden," cetus Julian Assange.

Hal itu disampaikan pendiri situs WikiLeaks tersebut dalam wawancara dengan harian Spanyol, El Pais dan dilansir kantor berita AFP, Senin (6/12/2010).

"Obama harus menjawab apakah dia tahu mengenai perintah ilegal ini dan kapan. Jika dia menolak menjawab atau ada bukti dia mendukung tindakan-tindakan ini, dia harus mengundurkan diri," tandas Assange.

WikiLeaks menimbulkan kehebohan saat mulai merilis lebih dari 250 ribu kabel Departemen Luar Negeri AS pada 28 November lalu. Menurut salah satu dokumen, pada Juli 2009, Hillary ternyata pernah memerintahkan staf kedutaan AS di seluruh dunia untuk memata-matai PBB. Antara lain soal nomor telepon yang dituju, rincian kartu kredit, scan mata, sidik jari, serta DNA pejabat asing.

Semua anggota tetap Dewan Keamanan, termasuk Rusia, Cina, Prancis dan Inggris, serta Sekjen PBB Ban Ki-Moon ditargetkan dalam misi mata-mata rahasia tersebut.

AS juga menginginkan informasi biografi dan biometrik perwakilan permanen Dewan Keamanan PBB. Tidak hanya itu, Hillary juga meminta data lengkap jadwal kerja, alamat email, nomor fax, pemilik website, dan nomor ponsel.

Tugas memata-matai ini bisa dianggap melanggar hukum internasional serta merusak kepercayaan negara lain terhadap AS.

Sumber: DetikNews.com
Posted by Rifan Syambodo Categories:

VIVAnews - Pemerintah AS menyesalkan ulah WikiLeaks yang terus menyebarkan informasi sensitif, yang diklaim sebagai bocoran memo diplomatik dari Washington. Laman dikelola Julian Assange itu dianggap sama saja memberi informasi kepada jaringan teroris al-Qaidah, saat memaparkan daftar sejumlah lokasi sumber daya dan infrastruktur yang strategis bagi AS di mancanengara.

Demikian kata jurubicara Departemen Luar Negeri (Deplu) AS, PJ Crowley, Senin 6 Desember 2010 waktu setempat. Dia mempersoalkan pemuatan suatu informasi, yang diklaim WikiLeaks sebagai memo dari Deplu kepada sejumlah Kedubes AS di mancanegara. "Melepas informasi demikian sama saja memberikan daftar sasaran kepada kelompok-kelompok seperti al-Qaidah," kata Crowley seperti dikutip kantor berita Associated Press.

Jurubicara Departemen Pertahanan (Pentagon), Kolonel David Lapan, menyebut pengungkapkan informasi itu bersifat merusak dan sama saja memberi informasi berharga ke pihak musuh.

Bernomor referensi STATE 015113, memo diplomatik itu menginstruksikan kedutaan-kedutaan besar AS di mancanegara untuk memberi perkembangan terbaru atas daftar infrastruktur yang dianggap vital bagi kesehatan publik, keberlangsungan ekonomi dan keamanan AS. Sejumlah lokasi pertambangan, pabrik, dan jalur kabel bawah laut di berbagai negara masuk dalam daftar.

Menurut memo itu, tambang dan pabrik timah di Selat Malaka, Indonesia, termasuk dalam ratusan aset yang berkatagori "infrastruktur penting dan sumber daya kunci" bagi AS. Daftar itu dimuat dalam "Critical Foreign Dependencies Initiative 2008," yang bertujuan untuk mendata sejumlah aset vital di luar negeri untuk melindungi kepentingan AS dari berbagai ancaman, baik terorisme maupun bencana alam.

Bersama Indonesia dan negara-negara lain, sejumlah wilayah di Selandia Baru turut menjadi kepentingan AS. Wilayah yang dimaksud adalah jalur kabel bawah laut di Takapuna dan Whenuapai.
• VIVAnews
Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:


Pemimpin junta militer Myanmar Than Shwe.  
 
TEMPO Interaktif, PEMIMPIN junta militer Burma, Than Shwe tertarik untuk membeli klub sepakbola Inggris Manchester United. Dia siap menggelontorkan duit US$1 miliar atau sekitar Rp9 triiun. Than Shwe ingin membeli Manchester United delapan bulan setelah Burma dihantam badai tropis yang menewaskan 140.000 ribu orang.

Keinginan ini terungkap lewat kabel diplomatik milik Kedutaan Besar Amerika Serikat yang dibocorkan Wikileaks. Dalam memo tersebut juga menyebutkan Tan Shwe adalah seorang penggemar Manchester United, dia didorong cucunya untuk menawar klub yang dilatih Alex Ferguson tersebut.

Dengan penawaran US$1 miliar makan Tan Shwe sangat mungkin menjadi pemilik terbesar, uang sejumlah itu bisa membeli 56 persen saham Manchester United dan menjadi pemilik saham mayoritas.
Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:

SuaraMedia - Wikileaks berulang kali dilaporkan mendapatkan serangan dari para hacker yang tak suka dengan postingan-postingannya di situs tersebut.

Wikileaks dianggap membahayakan Amerika Serikat (AS) karena membocorkan dokumen diplomatik negara Paman Sam itu.

Salah satu hacker yang mengklaim telah melumpuhkan situs Wikileaks adalah pemilik akun Twitter @th3j35t3r (Jester). Demikian diberitakan Hufftingtonpost, Senin (6/12/2010).

Siapa Jester? dalam bio di akun Twitternya ia menyatakan bahwa dirinya adalah seorang 'Hacktivist'. Ialah yang memposting klaim-klaim mengenai penyerangan ke Wikileaks.

Jester mengaku bertanggung jawab atas serangan yang dilakukan ke situs WikiLeaks pada Minggu (28/11/2010), sesaat sebelum ratusan ribu dokumen rahasia AS di-posting di situs tersebut.

Jester memposting serangkaian tweets pada hari Minggu lalu dan mengklaim dialah yang membuat Wikileaks.org down. Ia juga berencana membuat Wikileaks tetap down tanpa batasan waktu.

Diberitakan CNN, sanghacker bernama The Jester mengaku meng-hacking situs itu demi kebaikan karena apa yang dilakukan WikiLeaks membahayakan tentara AS, aset, dan serta hubungan luar negeri negara itu.

Selain itu Foxnews juga pernah mengabarkan bahwa Jester, yang diduga adalah Hacker kewarganegaraan AS, merupakan orang yang bertanggung jawab atas penyerangan terhadap situs-situs Islam, khususnya situs-situs berisi konten tentang jihad.

Sejak tahun lalu Jester membangun reputasinya dalam masyarakat teknologi sebagai cybervigilante yang menargetkan situs Al Qaeda dan situs jihad lainnya.

Dia menyatakan bahwa salah satu targetnya yang dikenal adalah Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad.

Motivasi Jester mengincar WikiLeaks diduga karena ia menilai bahwa situs yang didirikan Jullian Assange tersebut untuk mencoba membahayakan kehidupan pasukan AS dan aset AS lainnya.

"Saya pernah (terlibat) dengan Pasukan Khusus dan bertugas di sejumlah tempat di Afganistan dan beberapa tempat lainnya," demikian disampaikannya

"Bagi saya pribadi WL (wikileaks-red) hanyalah target sampingan. Saya lebih tertarik dengan situs Jihad," tulis Jester.
Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:

Kepanikan pemerintah AS terkait Wikileaks meluas ke ranah kampus. Mahasiwa Columbia University diperingatkan akan sulit mendapat kerja di masa depan jika mereka mengunduh (download) materi Wikileaks.

Lembaga Layanan Karir Columbia University menimbulkan kritik dari para pengamat yang menganggap bahwa tindakan itu merupakan peringatan bagi benteng pertahanan liberal sebuah perguruan tinggi AS.

Pengungkapan pelarangan ini muncul setelah pemerintah melarang para pekerja, yang berjumlah sekitar dua setengah juta orang, menggunakan komputer dan alat komunikasi lain untuk mengakses kabel diplomatik yang dibocorkan Wikileaks.

Columbia University mengatakan Lembaga Layanan Karir mereka telah mengirim surat elektronik kepada siswadi jurusan internasional dan urusan publik untuk tidak mengakses Wikileaks. Jurusan itu merupakan ranah Kementerian Luar Negeri AS dalam merekrut anggota.

Mereka menyarankan para alumni untuk tidak berkomentar apapun menyangkut dokumen tersebut di jejaring sosial, Facebook dan Twitter misalnya. Ini disebutkan terkait kemampuan seseorang dalam memandang sebuah informasi rahasia.


Sumber: http://www.kaskus.us/
Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:

Meski situs asli www.wikileaks.org sudah diblokir dari provider aslinya di Amerika Serikat. WikiLeaks telah membuka situs baru berbasis di swiss dengan nama www.wikileaks.ch dan masih banyak alternatif lainnya serta terus merilis sisa dokumen kabel diplomatik rahasia dari sejumlah kedutaan besar AS di seluruh dunia. Berikut ini bocoran terbaru dari wikileaks :


1.LIBYA



Pemimpin Libya Moammar Khaddafy sempat membuat diplomat AS tegang pada 2009 karena menunda pemulangan bahan radioaktif ke Rusia sebagai bentuk kejengkelan diplomatik. Insiden ini dirahasiakan oleh AS karena khawatir material nuklir berupa uranium berkadar tinggi ("highly enriched uranium", HEU) sejumlah 5,2 KG itu bisa dicuri dari fasilitas nuklir tajoura dekat tripoli karena pengamanannya lemah .

2.AFGANISTAN


Para diplomat AS mendapat laporan bahwa pasukan inggris tidak mampu menjalankan misi pengamanan Provinsi Helmand dan gubernur setempat meminta bantuan pasukan AS. Utusan khusus AS untuk Afganistan menyebut Presiden Hamid Karzai sebagai orang "paranoid","lemah", dan "terlalu percaya diri" yang kemungkinan tak akan berhenti mengkritik Amerika. Para menteri senior di pemerintahan Presiden Karzai khawatir dengan sikap Karzai yang mudah percaya pada "cerita - cerita aneh tentang plot melawan dirinya " dan setuju berkolaborasi untuk mencegah karzai tersesat".

3.MESIR


Presiden Hosni Mubarak mengancam AS bahwa pihaknya akan ikut mengembangkan senjata nuklir apabila Iran berhasil memiliki senjata nuklir. Seorang Duta Besar AS menyebut Mesir sebagai "sekutu yang bandel dan keras" dalam kawat yang dikirim Februari 2009. Mesir tahun lalu berusaha melobi agar pemungutan suara pemisahan wilayah Sudan selatan ditunda dari empat menjadi enam tahun lagi. Mesir khawatir negara baru pecahan sudan nantinya akan gagal dan pemisahan itu akan membahayakan wilayah perairan Sungai Nil yang berbatasan dengan Mesir.

4.ITALIA


Perdana Menteri Silvio Berlusconi menepis laporan yang berisi kekhawatiran AS tentang hubungan Italia dengan Rusia dan berulang kali menegaskan ia tak pernah mendapat keuntungan pribadi dari kontaknya dengan Moskow. Para diplomat AS menyuarakan kekhawatiran tentang hubungan Berlusconi dengan Vladimir Putin dari negeri Italia yang menunjukkan minat terhadap sektor - sektor energi.

5.LEBANON



Pesawat - pesawat mata - mata AS melakukan penerbangan pengintaian di wilayah Lebanon dalam sebuah operasi patroli kontraterorisme atas permintaan pejabat Lebanon. Pesawat - pesawat tersebut lepas landas dari pangkalan AU Inggris di Siprus.

6.MEKSIKO


Seorang pejabat tinggi Meksiko mengatakan pemerintahannya berada dalam bahaya kehilangan kendali atas sebagian wilayah Meksiko akibat perang melawan Kartel - kartel obat bius.



7.RUSIA


Presiden Dmitry Medvedev menyebut kebocoran kawat diplomatik AS itu menunjukkan "kesinisan" diplomasi AS, tetapi meyakini itu tak akan mengganggu hubungan AS - Rusia yang sedang membaik. Salah satu isi bocoran kawat dari Rusia menyebut Vladimir Putin bisa berkuasa di Rusia karena mengizinkan kaum elite yang bisa disogok untuk menyedot uang yang beredar di negara itu .

8.TURKMENISTAN


Para diplomat AS menyebut Presiden Kurbanguly Berdymukhamedov sebagai orang yang "tidak terlalu cerdas" dan "seorang pembohong terlatih" dalam sebuah kawat dalam kedubes AS dinegara minyak itu. Kawat itu juga menyebut Presiden Kurbanguly Berdymukhamedoy tidak menyukai AS, Turki, atau Iran, tetapi cenderung akrab dengan China. Presiden yang mantan dokter gigi itu disebut - sebut sebagai seorang yang gila kerapian dan pernah memaksa semua pria yang bekerja di klinik giginya harus memakai celana panjang yang tersetrika licin sampai kelihatan lipatannya .

9. PERSERIKATAN BANGSA - BANGSA


CIA menyiapkan daftar informasi yang mereka inginkan tentang para pejabat dan diplomat PBB, yang harus dikumpulkan oleh para perwakilan dan utusan AS di Markas Besar PBB di New York ataupun dari seluruh dunia.

10.VENEZUELA


Kawat Departemen Luar Negeri AS menyebut Dinas Intelijen Kuba secara langsung dan memberi nasehat kepada Presiden Venezuela Hugo Chavez, dalam hubungan yang disebut AS sebagai "poros kejahatan" . AS waswas terhadap keakraban hubungan Chavez dengan Iran. Ada laporan dari warga yahudi di Venezuela yang merasa mereka menjadi obyek prasangka buruk pemerintah Venezuela.

11. YAMAN


Presiden Ali Abdullah Saleh secara rahasia menawarkan akses kepada Angkatan Bersenjata AS untuk menyerang berbagai sasaran terkait Al Qaeda yang berada di negara itu. Yaman juga dilaporkan memiliki stok peluncur rudal panggul yang bisa membahayakan keselamata pasukan AS apabila jatu ke tangan pihak - pihak yang salah.

12. INGGRIS


Para pejabat AS menyebut Inggris memiliki "paranoia" terhadap hubungan khususnya dengan Washington.



Sumber: Koran Kompas
Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:

Aksi buka-bukaan WikiLeaks atas dokumen rahasia negara-negara menghebohkan dunia. Apakah pengungkapan ini bisa disebut lumrah atau malah salah?

Dokumen kabel milik Amerika Serikat itu menjadi perdebatan di kalangan diplomat. Beberapa menyatakan, rilis publik akan merusak kebebasan berekspresi dan diplomasi internasional. Sebaliknya, ada yang berpendapat masyarakat layak mengetahuinya.

Anggota parlemen Inggris dan mantan Menteri Luar Negeri Malcolm Rifkind mengatakan, pengungkapan WikiLeaks merupakan pukulan besar bagi dunia diplomasi. Menurutnya, ini bukan upaya pemerintah untuk mencegah diri mereka dipermalukan.

“Terkadang resolusi masalah internasional yang sulit bisa terbantu jika bisa berada pada tahap pertama negosiasi diplomasi sangat pribadi, sebelum dipaparkan pada masyarakat,” ujarnya.

Namun seorang aktivis organisasi yang memperjuangkan kebebasan berbicara Index of Cencorship, Jo Glanville mengatakan, dokumen kabel itu sudah selayaknya dipublikasikan. “Informasinya berdampak pada kita,” ujarnya.

Glanville merujuk pada kesepakatan antar negara pada 10 tahun terakhir, pascaserangan teroris 11 September 2001 di AS. Masa itu, menurutnya, merupakan saat kritis dimana Amerika kemudian memutuskan perang ke Irak dan Afghanistan. Demikian pula masalah pelanggaran HAM yang terjadi.

Ucapannya ini disetujui oleh Simon Davies, direktur lembaga pengawas HAM, Privacy International. Menurutnya, dokumen ini membuat seseorang mengerti bagaimana dunia berjalan dan menjadi semacam uji realitas. “Sehingga kita bisa menyesuaikan ekspektasi dan pemerintah bisa dipaksa menyesuaikan.”

Mantan diplomat Kanada Scott Gilmore menyatakan, menutupi adalah sikap yang salah. “Memang lebih banyak dan sulit, bukan hanya untuk diplomat Amerika. Tapi secara umum, tugas kami adalah berbicara dengan orang lain dan mendapat informasi jujur mengenai isu penting seperti HAM dan demokrasi.”

Namun demikian, Gilmore berkata, beberapa nyawa memang berada di ujung tanduk dengan keterbukaan macam ini. Hal ini mengacu pada pengalaman pribadinya di Timor Leste dan Indonesia, dimana banyak orang tewas karena berani berbicara kepada diplomat Barat mengenai penyiksaan yang terjadi.

“Jika WikiLeaks sudah ada sejak akhir 1990-an, maka makin banyak orang yang terluka atau terbunuh oleh pemerintah mereka sendiri,” paparnya.

Sebaliknya, Davies merasa hal ini tak benar dan tak percaya ada resikonya bagi nyawa. Ia juga tak yakin akan ada masalah diplomasi antar negara pascarilis WikiLeaks. Sementara Glanville merasa tak ada salahnya mengambil tindakan preventif dan melindungi diri.

“Sebaiknya semua menghadapi hal ini dengan bertanggung jawab,” katanya. Ia merasa, kebocoran menjadi satu-satunya cara agar pemerintah atau bisnis bisa terbuka kepada masyarakatnya.

Sebagai jurnalis, Gianville menggantungkan harapannya pada bocoran-bocoran tersebut. “Jadi ini menjadi hal yang penting, bahwa di suatu tempat di dunia, ada seseorang yang meniupkan peluit dan mempublikasikannya.

Davies juga menyatakan, rilis WikiLeaks menawarkan sebuah kesempatan. Sehingga pada suatu masa, dunia akan kompak melihat ke belakang dan menyaksikan betapa besar dampak keterbukaan dan kerahasiaan. Hal ini, lanjutnya, akan menimbulkan sebuah perdebatan.

“Bagaimana caranya menyeimbangkan antara hak untuk mengetahui sesuai dan hak untuk merahasiakan?” ujarnya. Kini, setelah dunia politik terguncang, sebaiknya dunia ekonomi bersiap. Sebab, menurut WikiLeaks, data selanjutnya juga ada yang memuat rahasia bank-bank besar.

Sumber: http://www.kaskus.us/
Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:

Ini ada beberapa foto mengenai bunker yang dicurigai sebagai markas server Wikileaks. Bunker ini terletak di Swedia dan berada 30 meter di bawah tanah. Bunker ini adalah bekas bunker anti nuklir yang dibuat pada masa Perang Dingin. Bahnhof memiliki dua mesin kapal selam yang berfungsi sebagai generator cadangan. Selain itu, klakson darurat kapal selam yang berbunyi sangat nyaring berfungsi sebagai penanda bahaya.

Terdapat tiga tingkatan cadangan server, yang ditempatkan di lahan seluas 1200 meter persegi di bawah tanah. Sebagai dekorasi juga untuk pendingin udara alami, diletakkan tanaman merambat, air terjun buatan, dan kolam ikan air asin berkapasitas 2600 liter. Koridor jalan terbuat dari kaca yang mengarah ke ruang rapat yang terbuat dari kaca melingkar dengan dialasi karpet bulu bergambar bulan.













Sumber: http://www.kaskus.us/
Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:

JAKARTA, INDONESIA, Manycome.com - Pemerintah Indonesia terus memantau dan mempelajari isi dokumen rahasia pemerintah Amerika Serikat yang dibeberkan oleh laman `Wikileaks` karena beberapa di antaranya disebutkan terkait dengan Indonesia.

`Kita kumpulkan dulu, pelajari, sekarang tahap pengumpulan, dan mereka mengatakan ada kategori rahasia, ada kategori yang tidak rahasia dan juga ada yang agak sensitif. Kita kumpulkan dulu,` kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, di Jakarta, Jumat, seusai mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima CEO Forbes Media Steve Forbes.

Wikileaks memuat bocoran kabel diplomatik banyak negara. Untuk Indonesia, ada lebih dari 3 ribu informasi yang dimuat. Informasi-informasi sensitif yang dimuat Wikileaks antara lain, masalah peralatan militer untuk Kopassus. Sejak 1999, militer AS tidak boleh melatih tentara negara lain yang dianggap melanggar HAM, di antaranya adalah Kopassus di Indonesia.

Namun, Dephan AS masih melatih Kopassus yang disetujui oleh Kedutaan AS Jakarta. Pasukan Baret Hijau AS melatih Kopassus dalam perang kota, teknik penembak sniper mutakhir, operasi penerjunan udara, pertempuran jarak dekat, dan operasi psikologis.

Informasi lain mengenai Timor Timur. Pemerintahan Bill Clinton menekan Pemerintah RI agar menerima kehadiran pasukan perdamaian internasional di Timor Timur usai jajak pendapat 1999 yang disusul kerusuhan. Pemerintahan Clinton menekan dengan ancaman penghentian bantuan ekonomi.

Ada pula laporan mengenai Pemilu 2004. Di situ, SBY disebut the thinking general. Assesment juga memuat resistensi AS bila Wiranto menjadi presiden RI. Sebab, hubungan dengan AS akan sangat rumit karena Kongres AS menaruh perhatian pada isu HAM Timor Timur. Pada Februari 2003, Penuntut PBB memang mendakwa Wiranto atas pelanggaran HAM di Timor Timur tahun 1999 dan perintah penahanan telah dikeluarkan interpol, yang berarti dia bisa ditahan bila meninggalkan Indonesia.
Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:

NEW YORK, AMERIKA SERIKAT, Manycome.com - Wikileaks, situs pembocor dokumen Rahasia beberapa negara ini masih menyimpan beberapa dokumen dari 250.000 dokumen kawat diplomatik yang di miliki Kedutaan Amerika Serikat yang belum keluar. Satu di antaranya adalah tentang Unidentified Flying Object (UFO).

Photo


Pendiri Wikileaks, Julian Assange mengatakan memiliki dokumen soal UFO yang berbicara soal kehidupan lain di galaksi. Namun dia belum mengeluarkan dokumen tersebut. dia mengunkapkan hal ini dalam tanya jawab dengan The Guardian secara online pada Jumat malam pekan lalu.

sedangkan The Straits Time menulis bahwa Assange telah mengatakan mendapat banyak email dan pertanyaan soal UFO di dalam kawat diplomatik tersebut. `Ya benar, ada beberapa referensi soal UFO yang belum dirilis di Cable Gate`.kata Asange
.
Namun Julian Asenge masih akan meneliti dokumen tersebut layak atau tidak untuk di keluarkan dengan mengecek ulang dokumen tersebut, karena dokumen tersebut harus asli sebelum di beberkan ke seluruh dunia.

Dengan terungkapnya dokumen rahasia ini yang paling berang tentu saja pihak Gedung Putih, dalam hal ini Menlu AS Hilarry Clinton diwakili juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, P.J. Crowley mengatakan penyesalannya atas pembocoran dokumen dokumen tersebut. `Beliau menyampaikan penyesalan atas keluarnya dokumen-dokumen tertutup itu,` Semua itu berawal dari bocornya lebih 250 ribu dokumen kabel diplomatik Amerika Serikat yang kemudian diunggah ke laman situs `peniup peluit` WikiLeaks, pekan-pekan lalu.
Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:

NEW YORK, AMERIKA SERIKAT, Manycome.com - Meski si empunya Julian Assange ditahan namun situs Wikileaks tetap akan terus membocorkan kawat diplomatik Kedutaan Besar Amerika Serikat yang bisa membuat malu negara adidaya itu.

`Tindakan terhadap pemimpin redaksi kami, Julian Assange tak akan mempengaruhi operasi. Kami akan merilis lebih banyak bocoran malam ini seperti biasa,` demikian disampaikan WikiLeaks dalam akun Twitternya, Selasa 7 Desember 2010 malam.

Sejauh ini, WikiLeaks telah membocorkan sejumlah dokumen yang melibatkan negeri Paman SAM dalam sejumlah isu sensitif, termasuk terkait Iran, Afghanistan, juga China.

Keputusan WikiLeaks untuk tetap maju melegakan di kalangan pendukung Assange -- yang khawatir penahanan pria 39 tahun itu akan mempengaruhi kerja organisasi.

Julian Assange akhirnya ditangkap di Inggris, Selasa 7 Desember 2010 pukul 09.30 waktu setempat.

Penangkapan dilakukan atas pemerintahan Pemerintah Swedia. Assange ditangkap terkait tuduhan pemerkosaan, pelecehan seks, dan pemaksaan ilegal di negara Skandinavia itu.

Assange menyangkal tuduhan atas kasus kejahatan seksual yang terjadi saat ia berkunjung ke Swedia Agustus lalu. Pengacaranya mengklaim, tuduhan itu berasal dari `sengketa hubungan seksual yang disetujui kedua belah pihak namun dilakukan tanpa pengaman`. Namun, kata pengacaranya lagi, kasus ini dipolitisasi sedemikian rupa terkait aktivitas WikiLeaks akhir-akhir ini membocorkan sejumlah kawat diplomatik dari Kedutaan Besar AS di seluruh dunia.

Namun, penuntut umum Swedia, Marianne Ny menolak klaim tersebut.

Assange masih berjuang menolak ekstradisinya ke Swedia. Sementara, pengadilan Westminster Magistrates telah menolak jaminan yang diajukan pihak Assange. Hakim Howard Riddle memerintahkan pria asal Australia itu ditahan.

-Pendanaan situs WikiLeaks diblokir

Tak hanya cobaan penahanan Assange, WikiLeaks saat ini juga sedang mengalami tekanan dalam hal pendanaan. Visa dan MasterCard telah menyatakan, mereka akan memblokir aliran uang ke website kontroversial itu.

Dalam surat elektroniknya kepada Associated Press, Visa inc mengatakan pihaknya sedang mengambil langkah untuk menangguhkan penerimaan pembayaran ke WikiLeaks sembari menunggu hasil investigasi, apakah sifat bisnis WikiLeaks bertentangan dengan aturan operasional Visa.

MasterCard juga mengeluarkan pernyataan serupa, `penangguhan pembayaran sampai situasi terpecahkan`.

Sementara, layanan pembayaran populer lewat internet, PayPal inc telah memutuskan hubungan dengan WikiLeaks. Sedangkan, aparat Swiss telah menutup akun bank Assange Senin lalu membekukan beberapa puluh ribu euro uangnya.

WikiLeaks sampai saat ini masih mengumpulkan sumbangan melalui transfer bank ke afiliasinya di Islandia dan Jerman, serta melalui surat ke alamat di University of Melbourne di Australia.
Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:

VIVAnews - Tekanan yang terus menerus dialami oleh WikiLeaks dan pendirinya, memicu aksi balas dendam yang dilakukan oleh para hacktivist (aktivis hacker).
 
Kelompok hacker pendukung pendiri WikiLeaks Julian Assange melakukan serangkaian serangan cyber terhadap beberapa pihak yang dianggap mengambil sikap bermusuhan.

Situs-situs web yang dianggap memusuhi WikiLeaks, seperti paypai, Swiss Bank PostFinance (postfinance.ch), situs resmi penuntut umum Assange di Swedia (aklagare.se), dan situs senator Lieberman (lieberman.senate.gov) yang secara vokal menentang Assange, berhasil mereka lumpuhkan melalui inisiatif yang mereka namakan: Operation Payback.

"Tujuan Operation Payback bukan sekadar hacking untuk mencari keuntungan. Pada kasus ini, tujuan hacker adalah melumpuhkan layanan dan memprotes. Yang kami lihat di sini adalah serangan yang sangat fokus, untuk menjatuhkan server-server karena mengganggap ada ketidakadilan," ujar Noa Bar Yossef, pakar keamanan senior dari firma keamanan komputer Imperva, kepada PCWorld.

Pakar keamanan dari PandaBlogs Sean-Paul Correl, mengungkapkan akibat serangan Operation Payback, situs paypaiBlog.com sempat down selama 8 jam 15 menit. Serangan memakai metode Distributed Denial of Services (DDoS/ DoS).

Tidak seperti serangan DoS pada umumnya yang biasanya membombardir situs sasaran dengan ribuan atau bahkan ratusan ribu spam dari komputer-komputer PC yang telah ditulari dengan malware, menurut Bar Yossef, Operation Payback merekrut orang-orang dari dalam jaringan mereka untuk mengunduh kode program tertentu yang merupakan malware DoS itu sendiri.

Maka, tidak ada mesin komputer yang menjadi korban (atau disebut sebagai botnet) karena pemiliknya terlibat secara sadar menjadikan komputer mereka sebagai botnet dan alat untuk membungkam pihak-pihak yang memusuhi WikiLeaks.


Seperti diketahui, sebelumnya paypai membekukan rekening WikiLeaks sebesar 60 ribu Euro karena menganggap situs pembocor rahasia ini telah menyalahi kebijakan syarat penggunaan.

Langkah yang sama, kemudian dilakukan oleh Swiss Bank Post Finance (layanan keuangan kantor pos Swiss), yang membekukan rekening dan aset WikiLeaks sebesar 31 ribu Euro. Akibat aksi pembekuan itu, setidaknya Assange dan WikiLeaks kehilangan sekitar 100 ribu Euro donasi dari orang-orang yang bersimpati.

Mastercard dan VISA juga telah menutup layanan penyaluran donasi terhadap WikiLeaks. Padahal, di saat yang sama, menurut editor teknologi situs Guardian Charles Arthur baik Mastercard dan VISA, sama sekali tidak membekukan layanan donasi terhadap gerakan berbau rasis seperti Ku Klux Klan.

"Drama WikiLeaks tentu akan menjadi semacam perang cyber. dan perang semacam ini secara virtual tak bisa dimenangkan. Internet begitu dinamis. Tak mungkin menutup sebuah organisasi seperti WikiLeaks yang memiliki dukungan begitu populer. Hosting dan opsi pendanaannya secara virtual tak mungkin dihentikan," kata pendiri Antiwar.com Eric Garris.
Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:

INILAH.COM, Jakarta - Bocornya dokumen WikiLeaks mengungkap tabir bahwa pemerintah Amerika Serikat (AS) punya atensi khusus dalam suksesi Pilpres di Indonesia.

Penolakan AS terhadap Wiranto dalam Pilpres 2004 menimbulkan dugaan bahwa AS berada di balik kemenangan Presiden SBY saat itu.

Namun, mantan Ketua Bappilu Partai Demokrat Yahya Sacawirya membantas keras tudingan tersebut.

"Saya sebagai mantan Ketua Bappilu Demokrat mau bilang bahwa kita SBY menang bukan karena disokong asing. Saya bekerja sendiri, konsep sendiri bersama seluruh jajaran tim," tandas Yahya kepada INILAH.COM, di DPR, Jakarta, Rabu (8/12/2010).

Menurut anggota Komisi I DPR ini, jika saja SBY didukung AS mungkin kemenangannya akan berlipat-lipat. "Mungkin kalau didukung, tidak mungkin 20 persen, bisa 50 persen lebih dalam putaran pertama. Boro-boro didukung. Itu kerja keras kita bukan asing."

Soal kekalahan Wiranto, menurut Yahya, konteks pertarungan capres bukan hanya rivalitas dengan SBY, melainkan dengan 2 capres lainnya, seperti Megawati Soekarnoputri dan Amien Rais.

"Dalam konteks pemilu saat itu, rival Wiranto bukan satu, tapi banyak. Dan Pemilu kemarin bukan sipil-militer lagi," terangnya.

Seperti diberitakan, salah satu dokumen WikiLeaks menyebutkan bahwa Kedubes Amerika Serikat (AS) di Jakarta melaporkan kepada pemerintah AS jika Wiranto menjadi Presiden Indonesia maka hubungan antara AS dengan Indonesia akan menjadi rumit. [mah]

Sumber: http://nasional.inilah.com/read/detail/1039242/gara-gara-wikileaks-partai-sby-kebakaran-jenggot
Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:

Liputan6.com, Lyon: Julian Assange, pendiri situs whistle-blower Wikileaks, menyatakan akan tetap membeberkan dokumen-dokumen rahasia Amerika Serikat meskipun mendapatkan ancaman. Saat diwawancarai oleh surat kabar Spanyol,  EL Pais, Assange membenarkan banyaknya ancaman yang ia dapatkan akibat situs itu.

"Saya dan rekan-rekan saya di Wikileaks menerima ratusan ancaman pembunuhan dari orang-orang di militer AS," katanya. Dalam wawancara itu, Assange menghindari pertanyaan mengenai keberadaannya. Beberapa laporan media mengatakan Assange sedang berada di Inggris. Seperti dilansir dari kantor berita NHK, Senin (6/12), Assange mengatakan, saat ini Wikileaks memang tengah berada di bawah tekanan dari pemerintah di seluruh dunia. Namun ia menyatakan organisasinya sedang 'berada di atas angin' karena mendapatkan banyak dukungan.

Saat ini Assange merupakan orang nomor satu yang dicari Interpol. Lembaga pemerintah itu telah mengeluarkan surat perintah penangkapan kepada negara-negara anggota untuk meringkus pendiri situs WikiLeaks. (Vin)
Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:

Setiap Dns telah berhenti melayani wikileaks.ch seperti yang diharapkan. Sementara kita memindahkan entri DNS untuk server baru, kami memberikan Anda alternatif berikut :
* http://wikileaks.piratenpartei.de/ 
* http://ljsf.org/* Http://wikileaks.de/* Http://wikileaks.dk/* Http://wikileaks.eu/* Http://wikileaks.nl/* Http://wikileaks.pl/* Http://wikileaks.lu/* Http://wi.kileaks.com/* Http://wikileeks.org.uk/* Http://wikileaks.eu.org/* Http://wikileaks.jmp.net/* Http://wikileaks.dd19.de/* Http://sunshinepress.org/* Http://wikileaks.fs-cdn.net/* Http://wikileaks.alios.org/* Http://wikileaks.askedo.de/* Http://wikileaks.dotnul.org/* Http://wikileaks.no-ip.co.uk/* Http://wikileaks.showeb.net/* Http://wikileaks.sm0ke.me/Kami sangat menyesal tentang ketidaknyamanan apapun dan kami berharap wikileaks.ch akan bekerja lagi segera.

Sumber: http://www.pirateparty.ch/wikileaks_ch_blocked
Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:

Liputan6.com, Sydney: Pendiri WikiLeaks Julian Assange kini mendekam di hotel prodeo. Sejumlah diplomat Australia akan mendukung Assange.



Julian Assange
 
Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri Kevin Rudd Rabu (8/12) meski Assange telah menuduh Canberra "menjadi kaki tangan memalukan" bagi musuhnya itu.

Menurut para pejabat, Konsul Jenderal Australia untuk Inggris telah berbicara dengan Assange, yang ditangkap di London Selasa. Assange ditangkap berdasarkan surat perintah yang mengupayakan mengekstradisinya ke Swedia atas tuduhan penyerangan seksual, saat sejumlah diplomat menghadiri sidang pengadilannya.

"Kami telah memastikan bahwa kami akan memberikan (dukungan konsuler), seperti yang kita akan lakukan untuk semua warga Australia," kata Rudd sehari setelah bosnya Perdana Menteri Julia Gillard mencap WikiLeaks menyiarkan kebocoran kabel diplomatik "sangat tidak bertanggung jawab."

"Kita akan memberikan dia segera dengan segera surat yang menunjukkan bahwa kita akan siap untuk memberikan kunjungan konsuler dan tingkatan lain dukungan konsuler tentang kesejahteraan dan hak-hak hukumnya," kata Rudd kepada televisi komersial.

Pernyataannya itu muncul beberapa jam setelah Assange menyerahkan diri atas tuduhan pengacaranya yang dicap bermotif politik pada saat organisasinya menggelindingkan bola salju menabur kepanikan dan kemarahan kepada pemerintahan di seluruh dunia.

Dalam sebuah opini yang ditulis sebelum penangkapannya dan disiarkan oleh surat kabar Australia pada Rabu, Assange mengecam pemerintah Australia untuk memasang dirinya dan mendukung klaim AS bahwa pengungkapannya ilegal.

"Kami adalah orang yang tertindas. Pemerintah Gillard sedang mencoba untuk menembak pesuruh karena tidak ingin mengungkapkan kebenaran, termasuk informasi tentang transaksi diplomatik dan politik sendiri."

Rudd bersumpah untuk membela hak-hak Assange bahkan meskipun kawat rahasia  diplomatik AS yang dibeberkan  oleh WikiLeaks adalah  gambaran yang tak menyenangkan dari mantan perdana menteri sebagai "gila kontrol" impulsif yang membuat kesalahan diplomatik.(Ant/Reuters)
Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:

Liputan6.com, London: WikiLeaks akan terus melansir kawat rahasia diplomatik Amerika Serikat, meski pendirinya, Julian Assange, menyerahkan diri pada pihak kepolisian di London, Inggris. Dalam akun Twitternya, pengelola laman itu menuliskan status, "Tindakan hari ini terhadap pemimpin redaksi kami, Julian Assange, tidak akan memengaruhi gerakan kami. Kami akan melansir lagi kawat pada malam ini. Seperti biasa."

Pengacara Assange menyatakan, perkara Swedia itu dapat dikaitkan dengan keputusan WikiLeaks untuk menyiarkan ribuan naskah rahasia Departemen Luar Negeri Amerika Serikat sepekan belakangan.

"WikiLeaks tetap bergerak. Kami tetap di jalur seperti sebelumnya," kata Kristinn Hrafnsson, juru bicara laman itu. "Setiap perkembangan menyangkut Julian Assange tidak akan mengubah rencana kami dalam hal penyiaran hari ini dan seterusnya. Kegiatan akan dijalankan sekelompok orang dari London dan tempat lain."

Seorang wartawan WikiLeaks menyatakan karyawan di kantornya bertugas seperti biasa. "Semua itu akan tetap bergulir seperti biasa. Itu yang saya dapat katakan kepada Anda," kata James Ball, yang mengulas kawat itu untuk WikiLeaks, kepada kantor berita Prancis AFP.

Beberapa surat kabar di seluruh dunia telah memiliki jalur khusus ke kawat WikiLeaks yang bakal menyediakan ribuan salinan naskah yang tergolong rahasia. Pekan lalu, Assange menyatakan bahwa ia sudah mengirim ribuan salinan lain yang akan disiarkan dalam di Wikileaks.

"Arsip skandal kawat itu telah tersebar ke lebih dari 100.000 orang secara teracak. Jika sesuatu terjadi pada kita, bagian kunci itu akan tersiar secara otomatik," katanya dalam obrolan maya dengan koran Guardian. "Sejarah akan menang. Dunia akan terangkat ke tempat lebih baik. Akankah kita selamat? Itu tergantung pada Anda."

Laman Swiss yang membeberkan naskah rahasia Amerika Serikat, Wikileaks.ch, kembali muncul pada Sabtu lalu setelah pindah ke penyedia layanan baru untuk melawan pentupan oleh penyedia layanan Amerika Serikat. "Sekitar dua jam setelah pemberangusan Wikileaks.ch oleh EveryDNS.net, kami mengambilalih sejumlah besar layanan DNS," kata juru bicara Partai Peretas Swiss.

Sebelumnya, terdaftar lebih dari 21 laman pilihan tempat WikiLeaks dapat ditemukan, yang sebagian besar memiliki alamat asal Eropa, termasuk timpalannya di Jerman. Partai Peretas Swiss yang bergerak untuk kebebasan internet dan keterbukaan dibentuk pada 2009.

Jaringan lebih luas ke WikiLeaks Partai Peretas Swiss dapat didapat di http://www.pirateparty.ch/wikileaks_ch_blocked. Denis Simonet, pemimpin kelompok itu, kepada AFP menyatakan, ia mendaftarkan laman WikiLeaks.ch enam bulan lalu.

"Kami melakukannya untuk mendukung WikiLeaks," katanya. "Dan, tidak dilakukan atas permintaan Assange."(ANT/SHA)
  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments