Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,
Netanyahu mengatakan kepada tujuh anggota Kongres AS, yang datang ke Israel pada delegasi bipartisan, bahwa "Israel tidak akan mengakui pemerintah manapun di dunia yang termasuk anggota dari Al-Qaeda," kata laporan itu.

Perdana Menteri juga mengatakan Amerika Serikat harus memblokir bantuan kepada pemerintah Palestina yang tidak mengakui rezim Israel atau meninggalkan teror, mengutip pernyataan-pernyataan oleh Hillary Clinton pada bulan April 2009, mengatakan bahwa ini adalah prasyarat untuk pembicaraan atau dukungan ekonomi.

Militer Israel dan pejabat intelijen bergabung dengan pertemuan anggota Kongres yang datang mengunjungi, dan mengatakan delegasi Hamas telah menandatangani kesepakatan persatuan karena kekhawatiran ketidakstabilan pada rezim yang serumpun, Syiria, menurut pemberitaan Haaretz.

Setelah 18 bulan pembicaraan rekonsiliasi sangat sia-sia, delegasi dari Hamas dan Fatah bertemu di Kairo pada Rabu mengumumkan kesepakatan untuk membentuk pemerintah persatuan interim teknokrat dengan maksud untuk menyelenggarakan pemilihan presiden dan legislatif dalam setahun.

Kesepakatan tersebut meningkatkan prospek mengakhiri perpecahan politik dahsyat yang telah dialami oleh Otoritas Palestina yang dipimpin Fatah yang mengatur Tepi Barat semeneara Hamas mengontrol Jalur Gaza.

Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak berjanji pada hari Kamis untuk tidak mengakui pemerintah Palestina yang mencakup Hamas, dengan Netanyahu memberi peringatan bahwa Presiden Mahmoud Abbas harus memilih antara perdamaian dengan Israel dan Hamas. Anggota kongres senior AS mengecam gerakan persatuan tersebut dan segera mengancam akan memangkas jutaan dolar dalam pendanaan untuk Otorita Palestina.

Anggota Knesset Palestina – Israel Ahmad At-Tibi menanggapi pada hari Kamis mengatakan, "Ancaman oleh Netanyahu dan Kongres AS terhadap warga Palestina bersangkutan dengan perjanjian rekonsiliasi adalah hal yang sombong, munafik dan chutzpa," menurut laporan di surat kabar Israel The Jerusalem Post .

Tibi melanjutkan, "Di Israel, mereka menguduskan nilai persatuan nasional, tetapi menginginkan Palestina tetap terbagi dan lemah. Persatuan Palestina akan mempromosikan tujuan rakyat Palestina untuk mencapai kebebasan dan kemerdekaan."

Sementara itu Turki telah meminta Amerika Serikat dan masyarakat internasional untuk mendukung kesepakatan antara kedua faksi Palestina, mendesak mereka untuk tidak menghalangi proses itu kecuali mereka berencana untuk memikul tanggung jawab atas konsekuensinya.

"Israel selalu mengeluh tentang tidak menemukan rekan di sisi Palestina. Setiap orang seharusnya senang sekarang jika Palestina sekarang dapat mencapai kesatuan. Hal ini tidak boleh dihalangi," kata Menteri Luar Negeri Ahmet Davutoglu kepada wartawan pada hari Jumat (29/04).

Davutoglu mengatakan dia menyampaikan pesan ini kepada Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton di telepon Kamis malam.

Baik Turki maupun Mesir secara aktif terlibat dalam memfasilitasi kesepakatan antara Hamas dan Fatah. Davutoglu sendiri berusaha untuk menyelesaikan perbedaan antara kepala Hamas Khalid Meshal politik dan pemimpin Fatah Mahmoud Abbas dan mengundang mereka ke Istanbul untuk rapat.

"Ini adalah perkembangan yang paling penting di kawasan kami dalam beberapa bulan terakhir," kata Davutoglu, menginformasikan media tentang isi percakapan dengan Clinton. "Saya menekankan bahwa kesepakatan ini harus didukung oleh masyarakat internasional. Tidaklah benar untuk bersikap ragu-ragu."

Memperhatikan bahwa kesepakatan serupa gagal pada tahun 2007 karena kurangnya dukungan dari kekuatan dunia, menyebabkan lebih banyak penderitaan bagi rakyat Palestina, Davutoglu berkata, "Sekarang saatnya untuk kembali ke kesepakatan ini."

Hamas dan Fatah akan menandatangani kesepakatan yang lebih komprehensif minggu depan, mungkin pada hari Rabu, di Kairo yang akan menguraikan rincian perjanjian tersebut, termasuk kemungkinan pemilihan umum.

Rekonsiliasi antara dua saingan itu diharapkan dapat membantu Palestina memenuhi syarat agar diakui sebagai negara berdaulat oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Turki telah mengumumkan bahwa mereka akan memilih mendukung permohonan Palestina. (iw/mn/hdn)

Sumber: http://suaramedia.com
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Amerika-Israel Berupaya Halangi Persatuan Palestina"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments