Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:
Ribuan warga Suriah berteriak "Kami ingin kebebasan!" turun ke jalan di seluruh negeri hari Jumat kemarin, menentang agen keamanan yang mencoba untuk membubarkan aksi mereka dengan tembakan, gas air mata dan pentungan, saksi dan aktivis mengatakan.

Setidaknya tiga orang tewas, membawa korban tewas dari dua minggu protes menjadi sekurang-kurangnya 75 orang.


Gelombang demonstrasi yang luar biasa telah membuktikan menjadi tantangan paling serius dalam sebuah dinasti yang berkuasa selama empat dekade oleh keluarga Assad - salah satu rezim yang paling kaku dan otoriter di Timur Tengah.

Aktivis menjuluki Jumat kemarin sebagai "Hari Syuhada" dan menyerukan demonstrasi massal untuk menghormati lebih dari 70 orang yang tewas sejak aksi protes dimulai pada pertengahan Maret lalu.

Seorang aktivis di Douma, di luar ibukota, mengatakan ia dan ratusan lainnya diserang oleh pasukan keamanan ketika mereka meninggalkan Masjid Agung kota, sewaktu meneriakkan slogan-slogan kebebasan.

Dia mengatakan pasukan keamanan memukul warga dengan tonkat dan melemparkan batu sebelum menembakkan gas air mata dan sebelum akhirnya menembakkan peluru tajam.

"Saya melihat tiga orang tewas dan enam terluka," kata aktivis. "Jalan-jalan di Douma sekarang benar-benar kosong kecuali untuk pasukan keamanan yang beberapa dari mereka berpakaian preman." aksi protes lainnya terjadi di selatan kota Daraa, yang menjadi pusat aksi protes.

Beberapa saksi mata mengatakan kepada The Associated Press melalui telepon bahwa setidaknya 5.000 orang berdemo di Daraa, berteriak "Kami ingin kebebasan!" dan "darah syuhada tidak murah!"

Untuk pertama kalinya Jumat kemarin, pemerintah mengakui adanya demo aksi pro-reformasi di kota-kota termasuk Daraa dan Latakia, tetapi mengatakan tidak ada gesekan antara pasukan keamanan dan pengunjuk rasa.(fq/alahram)

Sumber: http://www.eramuslim.com/
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

1 Response to Aksi "Hari Syuhada" di Suriah Tewaskan 3 Demonstran

27 Juni 2021 pukul 08.34

Mau bonus Rollingan dalam permainan Poker setiap harinya?

Mari join bersama kami di POKERVITA

Agent dengan bonus rollingan setiap harinya

Info Lebih lanjut
WA:0812 2222 996

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments