Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:
Pada Desember 1942, Divisi Marinir 1 yang telah letih ditarik mundur untuk beristirahat. Operasi di Guadalkanal selama bulan-bulan berikutnya diambil alih oleh Korps XIV Amerika Serikat yang terdiri dari Divisi Marinir 2, Divisi Infanteri 25, dan Divisi Americal. Mayor Jenderal Alexander Patch menggantikan Vandegrift sebagai komandan pasukan Sekutu di Guadalkanal yang pada Januari 1943 berjumlah tidak lebih dari 50.000 orang.

Mayor Jenderal Alexander Patch (tengah) menggantikan jabatan yang sebelumnya dipegang Vandegrift (kanan) pada 9 Desember 1942.

Pada 18 Desember 1942, tentara Sekutu (terutama dari Angkatan Darat Amerika Serikat) mulai menyerang posisi tentara Jepang di Gunung Austen. Posisi pertahanan Jepang yang diperkuat (disebut Jepang sebagai benteng pertahanan Gifu) dapat mengatasi serangan, dan Amerika dipaksa untuk sementara menghentikan serangan mereka pada 4 Januari 1943.

Sekutu kembali menyerang posisi-posisi Jepang di Gunung Austen pada 10 Januari 1943, termasuk dua punggung bukit, yang disebut Sekutu sebagai Seahorse dan Galloping Horse yang berdekatan. Semuanya akhirnya direbut Sekutu pada 23 Januari. Pada saat bersamaan, Marinir Amerika Serikat sudah makin memperlebar wilayah setelah bergerak maju sepanjang pantai timur Guadalkanal. Korban di pihak Amerika sekitar 250 tewas sementara korban di pihak Jepang sekitar 3.000 tewas.

Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Pertempuran Gunung Austen"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments