Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,
Pasukan revolusioner Libya telah mencapai kota Ugaylah setelah merebut kembali dua kota utama Ajdabiya dan Brega dari pasukan pro-Gaddafi di tengah serangan udara pimpinan AS terhadap negara itu. Pasukan oposisi Libya mencapai Ugaylah pada saat mereka bergerak maju ke arah barat pada hari Ahad ini (27/3).

Pihak oposisi Libya pada hari Sabtu kemarin berhasil merebut kembali kendali kota minyak strategis Ajdabiya di selatan Benghazi berikut terjadinya pertempuran intens dengan pasukan yang setia kepada pemimpin Libya Muammar Gaddafi.


Kubu revolusioner mengusir pasukan Gaddafi dari Ajdabiya, yang telah dikepung selama lebih dari satu minggu, di mana pasukan oposisi mengendalikan pusat kota di tengah pemboman dari pasukan pemerintah di pinggiran kota.

Pasukan oposisi mengatakan pasukan yang setia kepada Gaddafi sekarang mundur dan bergerak ke kota al-Bisher. Pasukan rezim Gaddafi berhasil menduduki Brega dan Ajdabiya dua minggu yang lalu menyusul terjadinya pertempuran sengit. Bentrokan masih berlangsung di kota barat Misratah.

Bentrokan ini datang pada saat pasukan Barat terus mengebom instalasi militer Libya. Departemen Pertahanan Inggris sebelumnya mengatakan pesawat tempur Inggris telah menghantam beberapa kendaraan lapis baja di pinggiran Ajdabiya dan Brega.

Pesawat jet tempur Prancis dilaporkan telah menghancurkan beberapa pesawat tempur dan helikopter di Misratah. Seorang juru bicara pemerintah Libya mengatakan serangan udara Barat yang dipimpin segar telah menyebabkan banyak warga sipil tewas.(fq/prtv)

Sumber: http://www.eramuslim.com/
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Pasukan Oposisi Libya Mencapai Kota Ugaylah"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments