Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,
Setelah tentara Jepang ditarik mundur, Guadalkanal dan Tulagi dibangun sebagai pangkalan militer utama untuk mendukung gerak maju Sekutu hingga Kepulauan Solomon. Walaupun sudah ada Lapangan Udara Henderson, dua landas pacu tambahan untuk pendaratan pesawat tempur dibangun di Tanjung Lunga, dan sebuah lapangan terbang pesawat pengebom dibangun di Tanjung Koli. Pelabuhan laut dan fasilitas logistik dibangun dalam skala besar di Guadalkanal, Tulagi, dan Florida. Pelabuhan sekitar Tulagi merupakan tempat persinggahan penting bagi kapal-kapal perang dan transpor Sekutu dalam kampanye Kepulauan Solomon. Unit-unit pasukan dikonsentrasikan di perkemahan besar dan barak-barak di Guadalkanal sebelum dikirim ke Kepulauan Solomon.

Para komandan Sekutu berkumpul di Guadalkanal pada Agustus 1943 untuk merencanakan serangan yang berikutnya terhadap Jepang di Kepulauan Solomon sebagai bagian dari Operasi Cartwheel.
Setelah kehilangan Guadalkanal, Jepang secara nyata berada dalam posisi bertahan di Pasifik. Tekanan terus-menerus untuk memperkuat Guadalkanal telah melemahkan upaya Jepang di medan yang lain, dan secara tidak langsung turut mendorong keberhasilan serangan balik Australia dan Amerika di Nugini yang berpuncak pada direbutnya pangkalan-pangkalan militer kunci di Buna dan Gona pada awal 1943. Sejak itu pula inisiatif strategis telah beralih ke tangan Sekutu. Pada Juni 1943, Sekutu melancarkan Operasi Cartwheel yang setelah diperbarui pada bulan Agustus 1943 secara resmi merupakan strategi mengisolir Rabaul dengan cara memutus jalur komunikasi laut.

Setelah Rabaul dan pasukan Jepang yang berada di sana berhasil dinetralisir, Sekutu melanjutkannya dengan mandala perang Pasifik Barat Daya Perang Dunia II di bawah komando Jenderal Douglas MacArthur dan strategi lompat pulau di Pasifik Tengah di bawah komando Laksamana Chester Nimitz. Pertahanan Jepang yang tersisa di kawasan Pasifik Selatan kemudian dihancurkan atau dilewati oleh Sekutu menjelang berakhirnya perang.

Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Dampak dari Kampanye Guadalkanal"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments