Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,
1989 - Unjuk Rasa Hari Senin

Tindakan reformasi Presiden Uni Sovyet Mikhail Gorbachov serta gerakan demokrasi di Hongaria dan Polandia telah menciptakan suasana yang menggerakkan pula banyak warga RDJ untuk menunjukkan secara terbuka ketidakpuasan mereka dengan keadaan negara. Pada bulan September 1989 dimulai “unjuk rasa hari Senin“ di Leipzig. Para warga RDJ terutama menuntut kebebasan lebih luas untuk bepergian, dan pembubaran kementerian urusan keamanan negara. Sejak waktu itu setiap pekan ada demonstrasi hari Senin.

1989 - Pengungsian dari RDJ

Pada bulan September banyak warga RDJ melarikan diri melalui perbatasan “hijau“ antara Hongaria dan Austria, arus pengungsian terbesar sejak pendirian Tembok Berlin. Kedutaan Besar RFJ di Praha dan di Warsawa harus ditutup karena tidak dapat menampung lagi massa warga RDJ yang ingin meninggalkan negaranya. Pada tanggal 30 September, Menteri Luar Negeri Federal Hans-Dietrich Genscher mengumumkan di Praha, bahwa semua pengungsi dari RDJ yang berada di kedutaan besar RFJ boleh pergi ke Jerman Barat.

1989 - Runtuhnya Tembok Berlin


Dengan adanya tekanan dari penduduk sendiri, malam hari pada tanggal 9 November pos penyeberangan perbatasan ke Berlin Barat dibuka oleh RDJ: Revolusi damai berhasil meruntuhkan Tembok Berlin dan dengan demikian menghapuskan batas antara Jerman Timur dan Jerman Barat.

1990 - Introduksi Deutsche Mark

Pada tanggal 1 Juli mulai berlaku uni moneter dengan diresmikannya pemakaian mata uang DM di RDJ.

1990 - Perjanjian Dua-plus-Empat

Berkat perjanjian yang diikat pada tanggal 12 September, Jerman Bersatu memperoleh kedaulatan penuh. Hak-hak kekuasaan dari keempat negara sekutu ditangguhkan per 3 Oktober 1990 sampai mulai berlakunya perjanjian pada tanggal 15 Maret 1991.

1990 - Reunifikasi

Perjanjian Mengenai Persatuan Jerman mulai berlaku pada tanggal 3 Oktober: Kelima negara bagian RDJ bergabung dengan wilayah berlakunya undang-undang dasar RFJ menurut Ayat 23.

1990 - Pemilihan umum pertama di seluruh Jerman

Pada tanggal 2 Desember 1990 diselenggarakan pemilihan umum untuk Bundestag yang pertama di seluruh Jerman.

1991 - Berlin menjadi tempat kedudukan pemerintah

Bundestag memutuskan perpindahan parlemen dan pemerintah dari Bonn ke ibu kota baru

1993 - Pakta Solidaritas I

Dengan “Pakta Solidaritas“ antara federasi dan negara bagian diletakkan dasar bagi pembangunan di Jerman bagian timur: Berkat kesepakatan itu, kelima negara bagian baru menerima bantuan total sebesar 94,5 miliar Ero sampai akhir tahun 2004. Pada tahun 2005 diikat Pakta Solidaritas II: Sampai tahun 2019 dialokasikan 156 miliar Ero lagi untuk negara bagian tersebut.

1994 - Penarikan tentara sekutu

Penarikan tentara Rusia dari Jerman Bersatu selesai dilakukan pada akhir bulan Agustus. Pada tanggal 8 September berakhir pula kehadiran militer dari AS, Inggris dan Perancis.

2004 - UE diperluas ke Eropa Timur

Di atas jembatan-jembatan yang menyeberangi Sungai Oder dan Neiße dirayakan penambahan anggota UE dengan sepuluh negara, terutama dari Eropa Tengah dan Eropa Timur.

2007 - Pertemuan G8 di Heiligendamm

Melalui konferensi puncak kedelapan negara industri besar, nama tempat tetirah di pantai Laut Baltik menjadi terkenal di dunia.

2009 - Peringatan 20 tahun runtuhnya Tembok Berlin

Di depan Gerbang Brandenburg, Jerman merayakan peristiwa runtuhnya Tembok Berlin 20 tahun lalu bersama tamu dari seluruh dunia.

Sumber: http://www.tatsachen-ueber-deutschland.de/
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Kronologis 20 Tahun Bersatunya Jerman"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments