Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,
Otorita Palestina di Tepi Barat di bawah pimpinannya akan "runtuh" jika Israel memaksakan menempatkan pasukan di setiap sudut negara Palestina di masa depan, Pemimpin Fatah, Mahmoud Abbas mengatakan.

Abbas, dalam sebuah wawancara eksklusif, mengatakan ia tidak akan membiarkan pasukan Israel ditempatkan di negara Palestina merdeka di masa depan, meskipun ada desakan oleh Israel bahwa mereka mampu mempertahankan kehadiran militer di sepanjang perbatasan dengan Tepi Barat Yordan.

Ini adalah pertama kalinya Abbas berbicara tentang kemungkinan jatuhnya Otorita Palestina.

Israel bersikeras akan membutuhkan semacam kehadiran mereka untuk menjaga keamanan rezimnya selama sekitar 40 tahun untuk memastikan perbatasan antara negara Palestina dan Yordan aman.

Abbas mengatakan ia memberitahu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada September lalu bahwa kehadiran pasukannya akan menghancurkan kemungkinan sebuah negara Palestina yang merdeka, dan efektif akan menghancurkan Otoritas Palestina (PA).

"Jika dia ingin tetap tinggal selama 40 tahun, itu berarti bahwa itu adalah suatu penjajahan, maka itu berarti ia akan tetap mempertahankan penjajahannya," kata Abbas. "Saya katakan kepadanya 'Jika anda bersikeras akan hal tersebut, pertahankan saja pasukan Anda di sini dan teruslah Anda menjajah selamanya'."

Abbas berkata Netanyahu telah menolak alternatif pengerahan pasukan Israel, seperti penggunaan pasukan internasional atau penyebaran NATO.

Sebuah pengerahan pasukan Israel di dalam Palestina di masa depan secara efektif akan membawa "keruntuhan" PA, Abbas mengatakan.

Netanyahu mengatakan kepada AFP secara eksklusif selama akhir pekan: "Kita perlu kehadiran jangka panjang Israel di sepanjang perbatasan Yordan. Kita membutuhkan penghalang fisik untuk mencegah penetrasi oleh Iran dan operator nya.."

Dia menambahkan: "Ketika kami keluar dari Gaza (tahun 2005), kami meninggalkan pasukan Eropa di sepanjang perbatasan dengan Mesir, yang pergi tak lama setelah Hamas mengambil alih (tahun 2007).

"Catatan dari pasukan internasional di Libanon sama buruknya. Berapa banyak koperasi Hizbullah yang telah ditangkap oleh UNIFIL? Apakah UNIFIL mencegah Hizbullah dari memperluas arsenalnya menjadi 60.000 rudal?"

Pasukan interim PBB di Libanon ditempatkan di Libanon selatan, pusat dari gerakan Hizbullah di Libanon.

Netanyahu bersikeras awal tahun ini bahwa Israel tidak dapat menarik diri dari perbatasan antara Tepi Barat dan Yordania seluruhnya.

"Perbatasan keamanan kami adalah di sini pada (sungai) Yordania dan garis pertahanan kita dimulai di sini," katanya pada bulan Maret selama perjalan ke daerah perbatasan, yang saat ini di bawah kendali erat Israel.

"Jika baris itu dilanggar, mereka akan mampu untuk menyusupkan teroris, roket dan misil sampai ke Tel Aviv, Yerusalem, Haifa, Beersheva dan seluruh negara," tuduhnya.

Dihadapkan dengan kebuntuan dalam proses perdamaian, para pemimpin Palestina, yang berulang kali mengacu pada emansipasi tanpa kekerasan berdasarkan "model Afrika Selatan", bertekad untuk mendeklarasikan negara merdeka sebelum September. (iw/meo)

Sumber: http://suaramedia.com
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Abbas: Palestina Akan Runtuh Jika Israel Paksakan Militer"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments