Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:
Kalau di tentara Amerika urutan pangkat dan simbol kepangkatannya seperti apa ya? Yuk kita intip sama-sama :

1. US Army Officer Ranks (Perwira)

Perwira Tinggi

Perwira Pertama dan Menengah

2. US Army Warrant Officer Ranks (Bintara Tinggi)


3. Enlisted Ranks (Tamtama)

Tamtama Setingkat Bintara Menengah

Tamtama Setingkat Bintara Pertama

Tamtama Pertama
Grade E-2 sampai E-5 adalah urutan tamtama pertama, untuk tamtama masuk melalui semacam pelatihan atau pada awal tugas. Pelatihan ini meliputi tahap pelatihan dasar di mana karyawan terbenam dalam budaya militer dan nilai-nilai dan diajarkan keterampilan inti yang dibutuhkan oleh militer.

1) Di Grade E-4 terdapat pangkat specialist yang penggajiannya setara dengan Corporal. Specialist yang telah menunjukkan kemampuan dalam melayani tugas Sersan dapat dipromosikan menjadi Corporal, biasanya ini terjadi pada tentara yang tidak cukup waktu dalam grade untuk dipromosikan atau belum berkesempatan untuk mengikuti pelatihan Pengembangan Kepemimpinan Kursus Primer.

2) Grade E-5 sampai E-9 adalah tingkatan Bintara (Noncommisioned Officer), namun sebenarnya Corporal juga diakui sebagai bintara dalam militer Amerika.

3) Pada grde E-8 ada dua pangkat yang mendapatkan gaji yang sama, Master Sergeant bertugas di staff sedangkan First Sergeant bertugas dalam pengaturan prajurit atau bertugas dilapangan

4) Grade E-8 dan E-9 biasanya dijabat oleh tentara yang telah bekerja 15 sampai 30 tahun pada kesatuan militernya. Ada 3 pangkat yang memiliki grade gaji yang sama namun memiliki wewenang dan tanggung jawab yang berbeda. Sergeant Major Of The Army adalah pangkat tertinggi di bintara dan mengomandani semua sersan mayor yang ada.

5) Chief Warrant Officer adalah tingkatan pangkat bintara tinggi yang mempunyai tugas sebagai ahli atau spesialis dalam teknologi militer tertentu. Tingkatan pangkat Chief Warrant Officer mendapatkan surat tugas langsung dari Presiden Amerika Serikat, Mereka memperoleh otoritas tersendiri sebagai pejabat yang ditugaskan tetapi tetap spesialis, berbeda dengan petugas yang ditugaskan yang berwenang untuk memberikan komando.

6) Grade O-1 sampai O-3 adalah pangkat perwira pertama, grade O-4 sampai O-6 adalah pangkat perwira menengah, dan grade O-7 ketas adalah perwira tinggi.

Pengunaan tanda bintang pada General diawali pada 17 Juni 1870, pada saat itu Brigadier General memegang komando pada kesatuan militer sedangkan panglima Angkatan Darat dipimpin oleh Major General. Pada tahun 1798 bintang tiga (Lieutenant General) baru disahkan untuk dikenakan oleh Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Amerika, yang pertama kali yaitu Jenderal Washington. Bintang Empat (General) baru disetujui oleh Undang-Undang Kongres pada tanggal 25 Juli 1866, Grant adalah nama Jenderal pertama yang menyandang empat bintang perak pada Angkatan Darat Amerika.

General Of The Army atau jenderal besar hanya berlaku pada saat perang, disahkan oleh kongres pada 14 Desember 1944 pada masa pemerintahan Roosevelt. Pada saat itu presiden menunjuk Jenderal George Marshall, Douglas McArthur, Dwight D. Eisenhower dan Henry H. Arnold. Undang-undang Kongres, yang disetujui pada 15 September 1950, juga menunjuk Presiden Jenderal Omar N. Bradley sebagai Jenderal Besar Angkatan Darat. Lambang pangkat General Of The Army disimbolkan sebagai bintang lima perak yang berbentuk lingkaran dengan lambang Amerika Serikat berwarna emas di atas lingkaran bintang.
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Simbol Kepangkatan Tentara Amerika (US Army)"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments