Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,
Hampir sebagian besar masyarakat di Indonesia mengulas tentang Serangan Umum 1 Maret 1949, sebagai salah satu penyebab menyerahnya Belanda secara total di Indonesia. Bagi yang lupa dengan sejarah kota Jogjakarta, Serangan Umum 1 Maret ini adalah sebuah operasi militer TNI untuk menduduki kota Jogjakarta selama 6 (enam) jam. Kesuksesan operasi militer ini, akhirnya mendorong Dewan Keamanan PBB untuk mengeluarkan resolusi yang cukup keras kepada Pemerintah Belanda. Namun terus terang kesuksesan operasi militer ini, agak dibesar-besarkan oleh Soeharto setelah ia menjadi Presiden RI. Namun dari berbagai dokumen yang sekarang mulai terungkap, ada alasan-alasan lain kenapa Pemerintah Belanda mulai secara serius akhirnya meninggalkan Indonesia. Salah satu alasan tersebut adalah karena adanya 2(dua) peristiwa pembunuhan berikut.

Peristiwa Pembunuhan Jendral Simon Spoor

Pada hari Jumat 20 Mei 1949, Pimpinan tentara Belanda yang tertinggi di Indonesia, Jendral Simon Spoor, sang arsitek operasi militer ”Operatie Product” dan ”Operatie Kraai”, merayakan promosinya menjadi bintang empat di salah satu restoran pinggir laut dekat Tanjung Priok. Ia mengundang puluhan tamu dan sahabatnya untuk makan siang bersama, sambil menikmati udara cerah kota Jakarta. Jendral Spoor duduk semeja dengan ajudannya Kapten Smulders dan juga pendeta sahabatnya Veerhoven. Para tamu menikmati makanan sambil tertawa riang di hari Jumat yang cerah tersebut. Tidak ada kesan bahwa Jendral Spoor, Kapten Smulder ataupun Pendeta Veerhoven saat itu sedang sakit.

Namun setelah makan siang mendekati selesai, tiba-tiba ketiga orang di meja Jendral Spoor mendadak memegang perut mereka masing-masing, lalu langsung tersungkur di mejanya dan bahkan ada yang terjatuh dari kursinya. Kapten Smulders secara darurat dilarikan ke rumah sakit dan menderita koma selama berhari-hari. Pendeta Veerhoven, juga terpaksa di-evakuasi ke kapal ”Big Dipper” untuk dikirim ke Belanda agar bisa dirawat secara intensif. Sedangkan Jendral Spoor tidak terselamatkan dan meninggal beberapa hari kemudian. Anehnya, seluruh tamu di restoran tersebut, tidak ada satupun yang menderita sakit. Pemerintah Belanda, kala itu merahasiakan penyebab kematian Jendral Spoor, dan menyatakan bahwa ia meninggal karena terkena serangan jantung. Namun akhir-akhir ini hampir semua ulasan sejarah menyatakan bahwa kematian Jendral Spoor, adalah kemungkinan besar akibat diracun. Sayang tubuh Jendral Simon Spoor tidak sempat di-autopsi, sebelum ia dikebumikan di Pemakaman Menteng Pulo. Dikanan adalah foto terakhirnya pada tanggal 9 Mei 1949, sewaktu Spoor memberikan penghargaan Bintang jasa ”Singa perunggu” kepada Sersan Polisi Lelealu (seorang KNIL) di Jakarta.

Peristiwa Pembunuhan Rob Aernout dan Hubungannya Dengan Kematian Jendral Spoor

Letnan Muda Angkatan Laut Rob Aernout adalah seorang Polisi Rahasia Belanda yang ditugaskan secara khusus ke Indonesia. Tugas rahasia ini tidak pernah ia ungkapkan kepada siapapun sampai ia tertembak mati di Kampung Genteng. Lembang pada tanggal 28 Februari 1948. Lalu apa hubungan pembunuhan Letnan Aernout dan kematian Jendral Spoor?

Dari berbagai dokumen yang saat ini sudah bisa dengan mudah dibaca. Letnan Aernout rupa-rupanya ditugaskan ke Indonesia untuk menyelidiki kasus korupsi massal yang melibatkan para petinggi-petinggi Pemerintah Belanda di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, para petinggi tersebut adalah Gubernur Jendral Belanda HJ Van Mook, bersama Jendral Meyer dan Jendral De Waal. Kedua Jendral ini adalah anak buah tertinggi Simon Spoor dalam jajaran hirarki organisasi militer Belanda di Indonesia. Dari berbagai penyelidikan, para petinggi-petinggi Belanda ini melakukan beragam kegiatan penjualan senjata gelap, penyelundupan candu, melenyapkan mutiara maupun berlian dari kapal rampasan, melakukan penyelundupan gula, serta banyak lagi kejahatan-kejahatan korupsi lainnya.

Lalu kenapa Jendral Spoor harus dibunuh ? Rupa-rupanya Spoor pada pertengahan tahun 1948, sedang memberikan kesaksian kepada Komisi Penyelidikan Zaaijer, yang melakukan investigasi terhadap mewabahnya kasus-kasus korupsi oleh para petinggi Belanda di Indonesia. Spoor yang sebelumnya adalah kepala Angkatan Laut Belanda di Indonesia, membeberkan keserakahan bahwa para Jendral-jendral bawahannya, terus mencari keuntungan pribadi, dengan memanfaatkan kapal-kapal perang Belanda. Menurut berbagai informasi, sebagian besar pembeberan ini dilakukan Jendral Spoor, dengan memakai bukti-bukti yang diperoleh dari penyelidikan Letnan Muda Angkatan laut Rob Aernout. Itulah mungkin kenapa kedua orang ini harus dieliminasi. Di Negeri Belanda, Skandal ini lebih dikenal dengan nama ”De Zaak Arneout” atau ”Kasus Aernout”. Foto dikiri adalah cover buku laris yang mengulas tentang kasus ini.

Peran Louis Joseph Maria Beel

Pada tanggal 29 Oktober 1948, karena berita tentang kasus korupsi Gubernur Jendral Van Mook semakin melebar, akhirnya pemerintah Belanda mengganti Van Mook dengan Lous Joseph Maria Beel (foto dikanan sedang duduk). Pemerintah Belanda tidak tanggung-tanggung untuk menurunkan mantan Perdana Menterinya, sebagai Gubernur Jendral di Indonesia. Namun Beel rupa-rupanya tidak ingin menjadi Gubernur Jendral yang ”kotor” seperti Van Mook, ia adalah seseorang yang mempunyai integritas tinggi dan justru menjuluki jabatannya sebagai Komisaris Tinggi, bukan Gubernur Jendral lagi sebagaimana yang dipakai Van Mook. Beel-lah yang akhirnya ikut membidani penanda-tanganan gencatan senjata pada tanggal 7 Mei 1949, antara wakil Indonesia Moh Roem dan wakil Pemerintah Belanda Van Royen. Perjanjian ini nantinya lebih dikenal dengan nama perjanjian ”Roem-Royen”.

Dengan perjanjian ”Roem-Royen”, Belanda menyetujui untuk keluar dari kota Jogjakarta. Para pimpinan tertinggi Indonesia-pun harus dibebaskan oleh pemerintah Belanda. Sebaliknya di pihak Indonesia, TNI diminta untuk menghentikan serangan-serangan gerilyanya kepada tentara Belanda. Dari berbagai tulisan sejarah, rupa-rupanya selain kasus korupsi yang melemahkan mental juang para tentara Belanda di Indonesia, gempuran operasi gerilya TNI juga terus mengakibatkan korban tentara Belanda yang semakin meningkat. Sehingga banyak tentara Belanda, yang sebenarnya ke Indonesia karena wajib militer (bukan secara sukarela), terpaksa melakukan desersi. Itulah sebenarnya misi-misi utama Komisaris tinggi Beel. Beel mengakhiri tugasnya pada tanggal 18 Mei 1949. Dua hari kemudian, Jendral Spoor diracun dan kemudian meninggal. Sehingga berakhirlah riwayat sang Jendral Belanda, musuh bebebuyutan Jendral Soedirman.

Epilog

Pada tahun-tahun berikutnya, ”Skandal Aernout” ternyata sulit untuk dibuktikan. Dari berbagai persidangan militer, diperoleh penyataan dari para saksi bahwa Aernout dibunuh oleh para pejuang Indonesia di Lembang, dan bukan di-eliminasi oleh sesama tentara Belanda yang kecewa dengan ”nyanyian” Aernout kepada Jendral Spoor. Peristiwa peracunan Jendral Spoor di Tanjung Priok, akhirnya juga sulit untuk dicari siapa inisiatornya. Tetapi yang jelas, berkat kejadian-kejadian rumor skandal korupsi, di jajaran para petinggi Belanda, mengakibatkan mental bertempur tentara Belanda semakin melemah. Resolusi Dewan Keamanan PBB, desersi pasukannya akibat operasi gerilya TNI, dan juga keruwetan mengelola tentaranya di Indonesia, mendorong Pemerintah Belanda untuk akhirnya meninggalkan kota Jogjakarta pada Mei 1949, dan negeri Indonesia selama-lamanya pada akhir tahun 1949 (kecuali Irian Barat).

Sumber: http://www.triharyo.com
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

3 Response to Fakta Dibalik Hengkangnya Belanda Dari Indonesia

12 Agustus 2016 pukul 17.19

Para pengkhianat bangsa, antek2 penjajsh hrs dibunuh. Dicincang sampai mati

5 Maret 2018 pukul 15.13

Wish i could go back in that time

28 November 2018 pukul 19.05

You wouldn't want to

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments