Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:
Rupanya perubahan iklim bukan hanya menjadi masalah peradaban modern. Sejumlah ilmuwan mengklaim perubahan iklim bertanggung jawab atas runtuhnya Kekaisaran Romawi.

Peneliti menggunakan pertumbuhan lingkaran pohon untuk mempelajari dampak ketidakstabilan pola iklim. Hasil dari studi itu rupanya bisa dihubungkan dengan beberapa peristiwa sejarah, termasuk jatuhnya Kekaisaran Romawi serta Perang 30 Tahun.

Ulf Buntgen dari Institut Federal Swiss untuk Hutan, Salju dan Lanskap, yang ikut menulis laporan penelitian mengklaim, “Jika kita mundur 2.500 tahun terdapat contoh bahwa perubahan iklim berdampak pada sejarah manusia.”

Dalam studi ini peneliti merekonstruksikan sejarah iklim musim panas Eropa selama 2.500 tahun dengan menggunakan artefak kayu. Hasil studi tersebut didasarkan pada pengukuran lingkaran pohon dari sample pohon hidup di wilayah Jerman, Prancis, Italia dan Austria.

Pada musim yang bagus, dimana air dan nutrisi berlimpah, pohon membentuk pola lingkaran yang lebar. Tapi sebaliknya pada kondisi yang tidak terlalu bagus, lingkaran yang tercipta jauh lebih rapat satu sama lain.

“Musim panas yang hangat dan basah terjadi pada masa kemakmuran Romawi serta abad pertengahan. Tapi meningkatnya iklim pada tahun 250-600 terjadi bersamaan dengan hancurnya Kekaisaran Romawi serta kerusuhan pada periode migrasi,” tulis laporan tersebut seperti dikutip Telegraph.

“(Sementara itu) kekeringan di abad ke-3 paralel dengan periode krisis di era Kekaisaran Romawi yang ditandai dengan invasi bangsa barbar, kerusuhan politik dan dislokasi ekonomi di beberapa propinsi Gaul.”

Buntgen berharap penemuan ini menjadi peringatan bagi masyarakat dunia untuk lebih memperhatikan pergantian iklim di masa mendatang. “Hasil ini akan membantu kita lebih waspada dan menyadari bahwa peradaban moderen tidak kebal dari perubahan iklim,” tegasnya.

Sumber: http://techno.okezone.com
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Perubahan Iklim Penyebab Jatuhnya Kekaisaran Romawi?"

Poskan Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments