Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,

Sekitar abad pertama masehi, di Belanda tidak hanya ada satu, melainkan dua kota Romawi yang penting. Ada Noviomagus, sekarang Nijmegen, yang terkenal. Dan selepas penelitian terbaru, ditemukan juga Forum Hadriani - sebuah kota yang terletak di dekat Voorburg. Kota ini sangat penting bagi penguasa Romawi.

Forum Hadriani diberi nama oleh kaisar Romawi Hadrianus pada tahun 121. Ia membangun kembali kota bekas jajahan Jerman itu dengan gaya Romawi. Sekitar tahun 150, kaisar pertama setelah Hadrianus, Antonius Pius, memberi hak kota. Hadrianus pernah memerintah kekaisarannya sebentar dari Forum Hadriani, ini menjadikan Voorburg - waktu itu - ibukota Romawi.

Tom Buijtendorp adalah arkeolog amatir yang mengadakan penelitian mendalam mengenai hasil penggalian di Voorburg pada abad 19 dan 20. Studinya membuka tabir baru pada kota yang sampai sekarang dianggap tak istimewa. Tingkat ilmiah penelitian Buijtendorp menakjubkan: ia meraih gelar doktor dari penelitiannya itu di Vrije Universiteit Amsterdam.

Pojok

Forum Hadriani terletak di pojok kerajaan Romawi. Mungkinkah alasannya adalah strategi politik?

Tom Buijtendorp: "Sebagian. Ini memang kota biasa, tapi berfungsi penting dalam mengurus tentara yang dikerahkan di sini. Perbatasan utara Kekaisaran Romawi melewati Belanda. Itu perbatasan penting, dengan sungai Rijn sebagai nadi transportasi. Kota itu dianggap penting sebagai tempat menyuplai pasukan."

Kendati terletak di daerah terpencil, Forum Hadriani dianggap sebuah kota Romawi. Jumlah penduduk mencapai sekitar seribu jiwa; jumlah rata-rata untuk zaman itu. Jalannya berkotak-kotak, rumah dibangun saling berhadapan. Ada tempat pemandian, penginapan dan toko-toko. Atap dilapisi genting rata, khas Romawi, jalan-jalan diperkeras dan dilengkapi saluran pembuangan air.

Politik

Bahwa Forum Hadriani sempat menjadi kota pemerintahan, adalah salah satu contoh politik yang cerdik.

"Hadrianus adalah kaisar yang luar biasa. Ia menerapkan strategi baru: ia berkata, 'Kekaisaran ini terlalu besar untuk dipimpin dari Roma.' Jadi ia memutuskan untuk banyak mengadakan perjalanan. Pada lawatan pertama, ia mengunjungi Voorburg. Lucunya, ia membawa semua anggota pemerintah, terdiri dari sekitar seribu orang. Sejumlah tempat di mana ia tinggal untuk kurun waktu lama, menjadi pusat pemerintahan sementara."

Jadi secara strategis Forum Hadriani sangat penting. Kaisar Roma memberi wilayah ini hak kota dan dalam segala aspek benar-benar sebuah kota Romawi. Seharusnya sejarah kota itu harus ditulis ulang, ujar Buitendorp.

Sumber: http://www.rnw.nl
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Voorburg Juga Peninggalan Romawi"

Poskan Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments