Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,
Taliban pada hari Senin ini (18/7) mengklaim semalam telah melakukan pembunuhan terhadap salah satu penasihat utama Presiden Afghanistan Hamid Karzai, yang tewas bersama dengan seorang anggota parlemen dalam sebuah serangan terhadap rumahnya di Kabul.


Jan Muhammad Khan, mantan gubernur provinsi Uruzgan selatan dan sekutu utama presiden Karzai, tewas bersama dengan anggota parlemen untuk Uruzgan.

"Kami membunuh Jan Muhammad Khan. Kami membuatnya membayar atas perbuatannya," kata juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid kepada AFP melalui telepon dari sebuah lokasi yang dirahasiakan.

Khan, seorang sekutu lama Karzai dan sekutu kunci kepala suku, tewas dalam serangan yang kata kementerian dalam negeri dilakukan oleh dua penyerang.

Sekelompok orang bersenjata menargetkan rumahnya hari Minggu kemarin dan penyanderaan berlangsung sampai dini hari Senin. Seorang polisi dan dua penyerang juga tewas, kata kementerian dalam negeri.

Pembunuhan terjadi kurang dari seminggu setelah saudara tiri presiden Afghanistan, Ahmad Wali Karzai ditembak mati oleh pengawalnya di rumahnya di provinsi selatan Kandahar, dalam serangan yang juga diklaim oleh Taliban.

Seorang pejabat senior pemerintah Afghanistan kepada AFP berbicara secara anonim mengatakan bahwa kematian Khan merupakan pukulan besar bagi pemimpin Afghanistan yang didukung AS.

"Dia sangat dekat dengan presiden. Kematiannya adalah sama pentingnya dengan kematian Ahmad Wali Karzai," kata pejabat itu.

Hanya beberapa jam sebelum serangan hari Minggu kemarin, upacara diadakan di pusat provinsi Bamiyan menandai awal dari transisi tugas keamanan dari pasukan NATO untuk pasukan Afghanistan.(fq/afp)

Sumber: http://www.eramuslim.com
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Taliban: Kami yang Membunuh Penasehat Utama Presiden Afghanistan"

Poskan Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments