Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:
Pertempuran Lorraine itu terjadi pada bulan Agustus 1914, antara Perancis dan Jerman. Ini mengikuti Rencana XVII, yang mengusulkan sebuah serangan Perancis melalui Lorraine dan Alsace, dan sampai ke Jerman.

French heavy cavalry Paris August 1914.jpg
Pasukan Kavaleri Perancis menuju medan tempur, Paris, Agustus

Serangan Perancis

Serangan utama Perancis di barat, yang dikenal sebagai Pertempuran Lorraine, dilaksanakan pada 14 Agustus. Tentara Pertama Jenderal Auguste Dubail maju ke Sarrebourg, sementara Angkatan Darat Kedua Jenderal de Castelnau menuju ke arah Morhange. Pada tanggal 17, para Korp ke-20 (Jenderal Foch) ditangkap di Château Salins dekat Morhange, sementara Sarrebourg diduduki pada tanggal 18. Namun, setelah empat hari mundur untuk memancing pasukan Perancis memasuki wilayah Jerman, Angkatan Darat Jerman Ke-6 dan Ke-7 di bawah komando gabungan Crown Prince Rupprecht meluncurkan serangan balasan; Rupprecht bertugas dari pasukan Jerman yang ditugaskan untuk bertemu dan mendesak serangan Perancis di pusat sampai mereka bisa dikepung oleh barisan sayap kanan Jerman. Barisan belakang Jerman, dilengkapi dengan senapan mesin, menimbulkan banyak korban di Perancis, masih mengenakan seragam pada awal abad ke-19, jas biru dan celana merah.

Serangan Balasan Jerman

Crown Prince Rupprecht, tidak puas bertahan dengan peran yang diberikan kepadanya, kemudian mengajukan permohonan kepada atasannya untuk membiarkan dia yang melakukan serangan balasan. Pada 20 Agustus yang Serangan dimulai dan Auguste Dubail memerintahkan pasukannya untuk menarik diri dari Morhange (Pertempuran Morhange). Melihat ini, pasukan Noel de Castelnau keluar dari Sarrebourg (Pertempuran Sarrebourg). Jerman tidak berhenti di perbatasan dan sebaliknya berbaris untuk mencoba untuk mengambil Nancy. Korp ke-20 Ferdinand Foch berhasil mempertahankan Nancy, menghentikan serangan Jerman. Ke utara, Mulhouse direbut kembali, tapi itu ditinggalkan sebagai tanda Perancis menyerah pada Rencana XVII.

Pertempuran terjerumus ke dalam jalan buntu sampai 24 Agustus ketika serangan terbatas Jerman yang diluncurkan (Pertempuran Mortagne). Apakah Perancis diberitahu sebelumnya oleh panduan pesawat dan keuntungan Jerman terbatas pada hal-hal yang kecil. Keesokan harinya, bahkan mereka yang hilang ketika Prancis melakukan serangan balasan, berjuang terus sampai akhir bulan, pada saat parit-parit dibangun dan terjadi jalan buntu yang permanen .

Sumber: http://id.wikipedia.org/
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Pertempuran Lorraine 1914"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments