Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:
Militer Iran terbagi atas dua pasukan yaitu pasukan militer negara dan pasukan militer revolusi. Pasukan militer revolusi berjumlah 545.000 jiwa. Kedua-dua pasukan bersenjata ini diletakkan dibawah kuasa Menteri Pertahanan dan Logistik Pasukan Bersenjata Iran.

Tentara nasional Iran mempunyai 420.000 batalyon yang terbagi atas tiga kelompok utama yaitu:

· Angkatan Darat Iran sebanyak 350.000 pasukan
· Angkatan Laut Iran sebanyak 18.000 pasukan
· dan Angkatan Udara Iran sebanyak 52.000 pasukan

Angkatan revolusi mempunyai 125.000 pasukan yang terbagi atas lima cabang yaitu:

· Pasukan Qods (pasukan khusus)
· Basij (paramiliter)
· Angkatan Laut Revolusi
· Angkatan Udara Revolusi
· dan Angkatan Darat Revolusi

Kekuatan tentara Iran sangat dirahasiakan. Namun tahun lalu, Iran mengumumkan pembangunan beberapa senjata seperti peluru kendali Fajr-3, peluru kendali Kowsar, peluru kendali Fateh-110, peluru kendali Shahab-3 dan beberapa pembangunan fasilitas militer.

Peluru kendali Fajr-3 termasuk salah satu teknologi militer Iran yang paling hebat saat ini yang dibuat di Iran sendiri dan menggunakan hasil dari minyak untuk pembakaran bahan api. Lokasi peluru kendali ini dirahasiakan.

Garda Revolusi Iran dibentuk pada tahun 1979 sebagai pasukan elit dan intelejen militer Iran yang tugasnya melindungi Revolusi Islam Iran. Pasukan elit ini memiliki jumlah pasukan terbesar dalam angkatan bersenjata Iran, dengan jumlah pasukan tempur mencapai 125. 000 sampai 350. 000 orang. Garda Revolusi Iran memiliki angkatan laut, angkatan udara dan Pasukan Khusus sendiri.

Salah satu Divisi di dalam tubuh Garda Revolusi Iran adalah pasukan Basij. Divisi ini memiliki sekitar 10 juta pasukan, di bawah komando langsung komandan pasukan Garda Revolusi Iran yang baru Jenderal Muhammad Ali Jaafari.

Pengawal Revolusi Iran
Korps Pengawal Revolusi Islam (Bahasa Persia: Sepah-e Pasdaran-e Enghelab-e Islami), sering disingkat Pengawal Revolusi, atau dalam Bahasa Persia (Farsi) dikenal juga dengan nama Sepah (berarti tentara) atau Pasdaran (berarti "pengawal"), adalah cabang militer terbesar di Militer Iran. Terjemahan dari Bahasa Persia (Farsi) secara harfiah nama ini berarti "Tentara Pengawal Revolusi Islam". Sedangkan pada media berbahasa Inggris, pasukan ini sering diberi nama Islamic Revolutionary Guards Corps (IRGC).

Komandan Pengawal saat ini adalah Muhammad Ali Jafari, yang menggantikan Yahya Rahim Safavi. Dan seperti halnya kebanyakan pemuda Iran yang lain pada tahun 1980-1988 Perang Iran-Irak, Presiden Iran saat ini Mahmud Ahmadinejad merupakan mantan anggota Pengawal Revolusi.

Pengawal Revolusi terpisah dari angkatan bersenjata nasional Iran, yang dipanggil Artesh (kata Persia lainnya untuk tentara) dan dibentuk pada Mei 1979 sebagai kelompok kekuatan yang loyal kepada Pemimpin Tertinggi Ayatullah Ruhollah Khomeini. Kemudian, pasukan ini menjadi kekuatan bersenjata penuh di samping angkatan bersenjata dalam perang Iran-Irak.

Tentara Revolusioner dikenal sebagai kekuatan militer yang memiliki pasukan darat, air, udara, intelijen dan pasukan khusus. Pasdaran juga mengontrol Pasukan Basij, yang memiliki kekuatan potensial sebelas juta orang, walaupun Basij merupakan pasukan sukarelawan, dan terdiri dari 90.000 tentara reguler dan 300.000 cadangan.


Sumber: http://militerislam.blogspot.com/ Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Garda revolusi Iran"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments