Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:
Sebuah kelompok anti-rasisme Perancis (SOS Racisme) telah mengancam akan menggugat Apple atas sebuah aplikasi iPhone yang bertajuk "A Jew or Not a Jew?" (Yahudi atau Bukan Yahudi). Sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses database selebriti dan tokoh masyarakat untuk menentukan apakah mereka Yahudi atau tidak.

SOS Racisme mengatakan aplikasi, yang dijual seharga 0,79 sen euro ($ 1,07) pada Apple Store Perancis, telah melanggar hukum yang Prancis yang melarang pempublikasian rincian pribadi orang tanpa persetujuan mereka.

Di bawah hukum pidana Perancis, menginformasikan tanpa izin informasi pribadi termasuk ras, seksualitas, kecenderungan politik atau afiliasi agama bisa dihukum lima tahun hukuman penjara dan denda hingga 300 ribu euro ($ 411,870).

Dalam sebuah pernyataan, SOS Racisme meminta Apple untuk menghapus aplikasi dari toko online mereka dan harus lebih waspada tentang aplikasi yang dijualnya.

Pimpinan kelompok terkemuka Yahudi Perancis (CRIF), Richard Prasquier, mendukung penuh seruan SOS Racisme untuk mencabut segera aplikasi tersebut.

"Ini bukan hanya mengejutkan, tetapi juga ilegal," kata Prasquier kepada Associated Press dalam sebuah wawancara telepon Rabu kemarin (14/9). "Di Perancis, kami membuat perbedaan yang sangat penting yang tidak sama dengan di Amerika Serikat terkait antara wilayah publik dan pribadi."

Johann Levy, 35 tahun insinyur Yahudi, yang mengembangkan aplikasi, menurut surat kabar Le Parisien., dalam sebuah wawancara yang dipublikasikan Rabu kemarin, mengatakan ia mengembangkan aplikasi tersebut hanya untuk sebuah "rekreasi".

"Saya bukan juru bicara untuk semua orang Yahudi, tetapi sebagai seorang Yahudi saya tahu bahwa di masyarakat kita sering bertanya apakah selebriti ini dan itu adalah Yahudi atau tidak,"katanya kepada media.

"Bagi saya, tidak ada yang merendahkan tentang mengatakan bahwa seseorang itu Yahudi atau tidak," katanya. "Sebaliknya, ini tentang sebuah kebanggaa,"

Dia mengatakan dia mengumpulkan informasi tentang orang-orang terkenal di seluruh dunia dari berbagai sumber online.(fq/ap)

Sumber: http://www.eramuslim.com
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Aplikasi "Yahudi atau Bukan Yahudi" di iPhone Menuai Kecaman"

Poskan Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments