Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:
Presiden AS Barack Obama mengesampingkan kejelasan dalam upaya untuk mempertahankan dukungan dari Amerika kepada Armenia sementara tidak menyinggung Turki, Tim Rutten dari agensi berita Los Angeles Times menulis dalam sebuah artikel yang berjudul "Kurangnya kejelasan moral Obama tentang isu genosida Armenia."

"Garis batas antara kehati-hatian dan moral pengecut sangatlah tipis, terutama ketika berhubungan dengan melakukan diplomasi," kata artikel itu. "Bagi orang Amerika, pertanyaan tentang di mana dan bagaimana membuat perbedaan semacam itu memiliki urgensi khusus minggu ini, sementara kita memperingati ulang tahun ke 96 dari genosida yang terjadi kepada warga Armenia oleh Ottoman Turki. Dalam pembantaian 1915-1923, lebih dari 1,5 juta orang Armenia tewas dan Anatolia timur dibersihkan dari orang-orang yang kehadirannya di sana telah dimulai sejak jaman dahulu."

"Di sini, di California, di mana keturunan dari mereka yang melarikan diri dari genosida telah membuat kontribusi yang penuh semangat seperti pertanian, bisnis, profesi dan kehidupan publik, peringatan dari tragedi ini secara khidmat dilaksanakan setiap tahun. Apa yang tidak terdengar oleh peserta dari acara itu adalah pesan dari Presiden Obama atau Hillary Rodham Clinton yang mengakui kenyataan historis genosida. Itu karena pemerintahan ini, seperti pendahulunya, berdiri pada kedua sisi garis pembatas itu – sesuatu yang, lebih dari sebelumnya, tampaknya tak ada perbedaan."

"Selama bertahun-tahun kini Kongres telah mempertimbangkan dalam berbagai bentuk sebuah resolusi yang akan secara resmi mengakui pembunuhan massal terorganisir Armenia yang terjadi pada tahun-tahun Kekaisaran Ottoman sebagai genosida - sesuatu yang banyak negara telah lakukan. Tapi Turki kontemporer yang adalah sekutu utama AS dan mitra NATO dapat diandalkan, tetap berkeras menentang penyebutan seperti itu. Alih-alih menyinggung Turki, yang mengancam pembalasan jika Kongres menyetujui resolusi, administrasi ini, seperti pendahulunya, menentang penunjukan tersebut," lanjut artikel itu.

"Ini adalah tindakan kebijaksanaan yang menggigit dengan ketajaman tertentu karena Obama menyatakan bahwa" Amerika layak seorang pemimpin yang berbicara jujur tentang genosida Armenia. "Hal ini menimbulkan pertanyaan mengapa Presiden Obama menolak untuk melakukannya dan mengapa pemerintahan ini menentang resolusi tersebut."

Artikel ini melanjutkan berkata: "Kejelasan semacam itu adalah sesuatu yang tampaknya sangat ingin dihindari oleh presiden, karena ia mencoba untuk mempertahankan dukungan pemilih Armenia sementara menenangkan kepekaan Turki. Pada peringatan ulang tahun peristiwa ini tahun lalu, misalnya, ia mengeluarkan pernyataan yang secara cermat menghindari kata genosida."

"Kami terus menyimpan memori kejahatan tragis seperti genosida Armenia, bukan hanya untuk menghormati mereka yang meninggal, tetapi juga dengan harapan bahwa contoh mereka akan memperkuat tekad kita untuk menghadapi komplotan rahasia pembunuh berikutnya yang pasti akan datang. Sebaliknya, berpura-pura karena berbagai alasan, bukanlah sikap kehati-hatian tapi tanda kepengecutan," artikel itu menyimpulkan

Rep Adam Schiff (CA-29) sebelumnya mengirim surat kepada Presiden Obama pada hari Rabu mendesak dia untuk memperjelas pembunuhan 1,5 juta warga Armenia sebagai "genosida" dalam pernyataannya menandai April 24 mendatang.

"Presiden, Anda selalu menjadi pemimpin pada isu penting dari hak asasi manusia," kata Schiff. "Sayangnya, baik tahun lalu dan pada tahun 2009, Anda tidak menggunakan istilah 'genosida' untuk menggambarkan peristiwa 1915-23. Saya meminta Anda untuk kembali memperjelas apa yang Anda begitu tegas nyatakan pada tahun 2008, dan berdiri dengan jumlah korban selamat yang semakin berkurang, serta keturunannya lain, yang selamat dari Genosida Armenia dan terus menderita 'pembunuhan ganda' dari penolakan."

Pada hari Minggu tanggal 24 April itu akan telah 96 tahun sejak kampanye pemusnahan sistematis dan sengaja diluncurkan oleh pemerintah Kekaisaran Ottoman terhadap penduduk Armenia. Sementara Genosida Armenia telah diakui oleh lebih dari 20 negara termasuk Kanada, Italia, Swedia, Perancis, Argentina dan Rusia, serta Parlemen Eropa, itu belum secara resmi diakui oleh Kongres AS dalam beberapa dekade.

Dalam Kongres terakhir, Schiff adalah sponsor utama resolusi 252, Affirmasi dari Catatan AS pada Genosida Armenia, yang akan mengakui dan memperingati peristiwa itu sebagai genosida. (iw/pa/asb)

Sumber: http://suaramedia.com
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Tolak Akui Tragedi Armenia, Obama Dituding Pengecut"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments