Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:
Banyak orang Arab menyambut baik tindakan militer Barat di Libya sebagai tanda dunia tidak akan mentolerir penindasan, tapi dukungan mereka diwarnai dengan keprihatinan akan intervensi asing lain di dunia Arab. Angkatan udara Perancis menghancurkan tank dan kendaraan lapis baja pada tembakan pertama yang dilepaskan di bawah intervensi militer yang bertujuan untuk melindungi warga sipil dari pasukan Muammar Gaddafi. Amerika Serikat kemudian mengatakan mereka menembakkan rudal jelajah pada target Libya.

Gaddafi yang sedang memerangi tantangan paling serius dalam masa pemerintahan 42 tahunnya itu, melepaskan serangan balasan yang kejam setelah kehilangan kontrol atas wilayah wilayah besar di negara Afrika Utara itu. Ia bertekad untuk menghindari nasib tergulingkan sama seperti presiden di negara tetangga Mesir dan Tunisia. Pemimpin Arab di Bahrain dan Yaman juga menghadapi tantangan yang sama Protes telah menyebar ke negara-negara Teluk lain dan bahkan Suriah yang dikontrol ketat, di mana empat pengunjuk rasa tewas oleh pasukan keamanan pada hari Jumat.

"Operasi itu adalah pesan yang kuat kepada para penguasa bahwa era diktator sudah berakhir," kata Ali Abdul Rahman di Sanaa, dimana demonstran telah menyerukan untuk mengakhiri pemerintahan Presiden Ali Abdullah Saleh yang telah berlangsung selama 32 tahun di negara miskin mereka. "Awal dari zona larangan terbang merupakan langkah positif ... itu datang terlambat dan kami akan lebih suka jika negara-negara Arab adalah orang-orang yang melakukan langkah ini," kata Mohammed al-Sharki, seorang aktivis dalam gerakan pemuda Yaman.

"Tapi langkah ini masih akan memiliki dampak positif pada situasi di Yaman karena rezim memahami bahwa masyarakat internasional tidak akan diam atas penindasan." Sampai 42 orang tewas oleh penembak jitu atap pada hari Jumat selama protes di ibukota Yaman. Di kota selatan Syiria, Deraa, tempat kejadian dimana tantangan paling berani pada pemerintahan Presiden Bashar al-Assad, guru IT Tamer Jawabrah mengatakan intervensi Barat di Libya membawa kembali kenangan menyakitkan dari invasi Amerika Serikat pada tahun 2003 ke Irak.

"Kami lebih menginginkan intervensi Arab di Libya," katanya. "Ini mengingatkan kita pada intervensi di Irak. Saya setuju dengan zona larangan terbang terbatas tetapi tidak dengan pemboman." Sedikitnya 10.000 orang berdemonstrasi di Deraa pada hari Sabtu pada pemakaman dua pengunjuk rasa yang terbunuh sehari sebelumnya. Tapi salah satu pedagang di Deraa, Amin Hamaydah mengatakan mereka tidak ingin bantuan dari luar. "Tuntutan kami adalah untuk mengakhiri korupsi dan kebebasan. Kami dapat melakukan ini dengan tangan kita sendiri, bukan oleh tangan asing."

Hanya sedikit orang di dunia Arab yang memiliki simpati untuk Gaddafi, yang membuat permusuhan di seluruh wilayah. Arab Saudi menuduh dia merencanakan untuk membunuh Raja Abdullah pada tahun 2003, Syiah Libanon meminta dia bertanggung jawab atas menghilangnya tokoh Mousa al-Sadr, dan pada 1990-an ia mengusir ribuan warga Palestina. Tidak hanya warga Arab saja yang mencemaskan intervensi asing di Libya, warga AS pun merasakan kekhawatiran yang sama. Pengeboman AS pada sasaran strategis di Libya pada hari Sabtu membuat banyak warga Lower Hudson Valley gelisah, terutama dengan pasukan Amerika telah dikerahkan di Irak dan Afghanistan.

Tetapi beberapa melihat serangan rudal AS dalam hubungannya dengan pasukan asing Inggris dan lainnya memang diperlukan untuk mengekang Gaddafi pada warga sipil. Steven Mattson, wakil komandan senior VFW Pos 672 di Brewster dan veteran Korps Marinir Operasi Kebebasan Irak, mengatakan, "Saya tidak bisa mengatakan bahwa saya senang bahwa Amerika Serikat telah menjadi semacam polisi dunia," kata Mattson. "Tetapi pada saat yang sama saya tidak berpikir ada baiknya bagi kita untuk duduk dengan sementara orang ini membunuh orang-orangnya sendiri. Kadang-kadang orang seperti ini hanya harus dihentikan."

Kapal perang dan kapal selam AS dan Inggris menembakkan lebih dari 110 rudal jelajah di lebih dari 20 sasaran pertahanan udara Libya, ujar Wakil Laksamana William Gortney, direktur Kepala Staf Gabungan, kepada wartawan hari Sabtu. Sebagian besar daerah tersebut dalam dan sekitar ibukota Libya, Tripoli.

"Dalam sesuatu pikiran saya yang harus dilakukan untuk menjaga kedamaian di Timur Tengah," kata White Plains penduduk, Robert Teich, 34. "Saya khawatir tentang AS terlibat dalam satu krisis lebih di wilayah tersebut dan penyebaran sumber daya kita terlalu tipis Tetapi pada saat yang sama kita memiliki banyak kekuatan militer, terutama ketika kita selaras dengan sekutu Eropa kami. Hal ini dapat untuk. kebaikan yang lebih besar," kata Teich.

Lainnya, seperti Dave Rogers, 43, dari White Plains, memiliki perasaan kuat tentang hal itu. "Perang lagi. Tiga perang," kata Rogers. "Biarkan orang lain memimpin. Kami bangkrut. Mari kita menjaga apa yang kita harus mengurus di rumah:.. tunawisma, pendidikan saya tidak mengatakan aku tidak bersimpati kepada nasib mereka, tetapi kita punya. Terlalu banyak masalah di rumah." (iw/tz/ld)

Sumber: http://www.suaramedia.com
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Intervensi di Libya Picu Kekhawatiran Konflik Panjang"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments