Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,
Peristiwa satu ini sudah sedemikian terkenalnya. Pagi hari, 29 Juli 1947, dua pesawat Churen dan satu Guntei, melakukan serangan udara atas target Belanda di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa. Serangan ini bagai petir di siang bolong di mata Belanda. Seperti apa kejadiannya waktu itu?

Sudaryono
Setelah semua siswa penerbang dinyatakan lulus, mereka oleh Suryadarma disebar ke Maospati, Bugis, Tasikmalaya, Kalijati, dan Yogyakarta sendiri. Tugas mereka adalah mengaktifkan pangkalan. Nah, beberapa hari sebelum 29 Juli, Sudaryono dan Suharnoko Harbani mendapat perintah kembali ke Yogyakarta. Perintahnya tidak jelas, sehingga ketika sampai di Yogyakarta di malam hari, Sudaryono memutuskan untuk tidak langsung masuk pangkalan tapi memilih istirahat di Hotel Tugu. Barulah esok paginya Sudaryono memasuki pangkalan dan kemudian mengetahui apa yang terjadi. Dua Churen diterbangkan Sutardjo Sign dan Suharnoko Harbani serta sebuah Guntei dengan pilot Muljono, mengebom sejumlah target Belanda. “Jika malam itu saya langsung ke pangkalan, mungkin saya yang ditugaskan karena Suharnoko itu yunior saya,” aku Sudaryono.

Siapakah yang mengatur operasi ini, mengingat saat itu Adisutjipto sedang ke luar negeri dengan pesawat DC-3 Dakota VT-CLA milik India. Apakah Suryadarma? “Saya kira Pak Halim,” kata Sudaryono. Halim Perdanakusuma adalah mantan navigator AU Inggris dan banyak terbang bersama B-24 Liberatordalam kampanye di Afrika. Dalam pengeboman di ketiga lokasi, born bawaan pesawat disiapkan oleh Kapten Edi, bekas perwira logistik semasa pendudukan Belanda. Ketiga pesawat setelah menyelesaikan misi mendarat di Semarang, untuk menghindari pembalasan Belanda jika mendarat di Yogyakarta. Sore itu juga, 29 Juli, pesawat Dakota VT-CLA yang diterbangkan Adisutjipto jatuh di Yogyakarta sesaat sebelum mendarat.

Sumber: http://sejarahperang.wordpress.com
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Misi Pengeboman Pertama"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments