Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:
Pada bulan Desember, sebuah drone jatuh dekat rumah Reyna Hinojos di Craddock Avenue, di lingkungan El Paso, Texas, dipisahkan dari Mexico oleh Rio Grande. Tetangganya yang terkejut menyeret pesawat itu ke halaman depan dan menelepon polisi, yang mengidentifikasi objek tersebut sebagai: sebuah kendaraan udara tak berawak (UAV) yang dibangun Israel yang dioperasikan oleh pemerintah Meksiko untuk memantau perdagangan narkoba dan penyelundupan manusia.

Drone kecil tersebut telah mendarat dengan selamat, kata Ramiro Cordero, seorang agen dengan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS. Drone itu langsung dimuat ke sebuah truk pickup polisi dan dikembalikan kepada pihak berwenang Meksiko.

Hinojos tidak heran dengan kejadian itu, karena kota perbatasan itu terus-menerus menjadi kawanan dengan kendaraan pengawasan seperti helikopter - salah satunya yang jatuh beberapa tahun yang lalu.

"Mereka mungkin memiliki bahaya mereka sendiri," katanya tentang drone tersebut, "Tapi saya merasa lebih aman mengetahui bahwa pesawat-pesawat itu ada di luar sana."

Negara-negara di seluruh Amerika mengerahkan pesawat sebagai jawaban berteknologi tinggi untuk menanggulangi narkoba, kekerasan geng, dan kegiatan seperti penebangan liar. Dari Kanada ke Brazil, setidaknya ada 11 negara yang menerbangkan UAV di atas Belahan Barat, kebanyakan buatan Israel. Tentara Brasil pada bulan Januari membeli dua drone Hermes pertamanya, dan polisi federal bersiap untuk menyebarkan UAV pengawasan pertamanya pada bulan Juli.

Drone akan tetap berada di sini, para ahli mengatakan, dan waktunya telah lewat untuk berdebat. Pada titik ini dalam permainan, Amerika Latin harus bekerja sama untuk mengembangkan kode etik yang akan mencegah mempersenjatai pesawat dan meredakan kekhawatiran sipil, kata Johanna Mendelson Forman, seorang spesialis Amerika Latin di Pusat Studi Strategis dan Internasional, di Washington.

"Saya pikir itu adalah pematangan sistem pertahanan Amerika Latin," katanya, sambil memperingatkan bahwa potensi untuk mempersenjatai pesawat bisa mengubah proyek itu menjadi "pedang bermata dua".

Politisi Amerika Latin juga meningkatkan panggilan untuk sebuah perjanjian internasional yang mendefinisikan ruang lingkup misi drone. "Peraturan harus didirikan," kata Senator Meksiko Fernando Baeza, yang pendukung batas pada pengumpulan data. "Ketepatan besar dari informasi satelit bisa dimanfaatkan dengan baik, atau dapat digunakan untuk mata-mata."

Drone adalah sumber tak ternilai untuk membantu peneliti di lapangan, para analis mengatakan. Mereka dapat memblokir sinyal, menemukan lokasi satelit musuh, menemukan titik perkebunan obat-obatan atau tempat persembunyian kartel, dan memonitor satuan polisi untuk korupsi, kata Inigo Guevara, seorang peneliti keamanan Amerika Latin dengan Georgetown University.

"Anda masih membutuhkan orang-orang di tanah untuk mencegat, untuk melarang, untuk melakukan penangkapan, untuk terlibat dalam tembak-menembak," kata Guevara. "Tapi Anda bisa melindungi mereka jauh lebih baik jika Anda memiliki mata Anda di langit."

Washington pada bulan Agustus mulai berpatroli di perbatasan AS - Meksiko dengan drone Predator, dan beberapa distrik AS dilaporkan memiliki program-program percontohan di kantor polisi dan sheriff. AS juga mengirim pesawat dengan ketinggian lebih dari Meksiko yang "telah sangat berguna dalam mencapai berbagai tujuan dalam memerangi kejahatan," kata Dewan Keamanan Nasional Meksiko dalam sebuah pernyataan tanggal 16 Maret beberapa hari setelah program kontroversial itu terungkap oleh The New York Times.

Meksiko pada tahun 2008 mengerahkan pesawat sendiri untuk Ciudad Juárez (di seberang perbatasan El Paso) dan hari ini mengoperasikan sampai dengan 30 UAV secara nasional, kata Guevara. Program itu juga ada di Argentina, Brazil, Ekuador, Chile, Kolombia, Peru, Uruguay, dan Venezuela. Tidak ada yang bersenjata dan sebagian besar bijaksana. Hugo Chavez pada tahun 2009 menuduh Kolombia mengirimkan pesawat untuk menangkap gambar dari Venezuela.

Israel Aerospace Industries telah menjual pesawat Heron ke Meksiko dan Ekuador, di mana perusahaan itu memiliki cabang di samping sebuah kantor di Brasil, Kolombia, dan Chile. Perusahaan Israel lain, Elbit Systems Ltd, telah menjual Hermes untuk Meksiko dan Brasil. Anak perusahaan Brasil, AEL Sistemas, mengutip "relevansi strategis besar" pasar drone di Amerika Latin, menolak untuk berbicara dengan Monitor. Pada bulan April, Elbit menandatangani "perjanjian strategis" dengan produsen pesawat Brasil Embraer, yang memuji "penggunaan ganda drone untuk pemantauan pelabuhan, pertanian, hutan, dan daerah pesisir, lalu lintas, dll."

Presiden Brazil telah secara terbuka menganjurkan penggunaan drone. "Hal ini memungkinkan kita untuk melihat pengangkutan senjata, obat-obatan, dan gerakan tersangka," kata Dilma Rousseff sementara berkampanye pada bulan Agustus. Drone juga memungkinkan polisi "untuk melihat gerakan di daerah dengan komersialisasi dan distribusi obat terbesar."

Selain mengirim Heron ke perbatasan keropos barat Brazil - perbatasan 10.500 mil dari 10 negara - polisi juga mempertimbangkan pesawat untuk terbang di atas kota yang penuh kekerasan dan Amazon, untuk melawan deforestasi dan eksploitasi ilegal dari sumber daya alam, menurut juru bicara polisi, menambahkan bahwa 14 drone Heron akan dibeli pada tahun 2014 sebesar $ 395.000.000. Adriano Kancelkis dari AGX Tecnologia yang berbasis di São Paulo, produsen Brasil pertama yang memproduksi UAV, mengatakan ia memperkirakan permintaan yang kuat dari industri pertanian dan lingkungan.

Brasil sekarang menegosiasikan kode etik dengan Kolombia, Bolivia, Paraguay, dan Uruguay untuk memungkinkan armada pesawat untuk mengizinkan polisi federal masuk untuk memantau wilayah mereka - dengan janji bahwa pemerintah masing-masing dapat melihat data dan penerbangan akan dibatasi.

Vanda Felbab-Brown, seorang ahli Meksiko dari Brookings Institution di Washington, memperingatkan bahwa pesawat tidak boleh mengganti metode perpolisian tradisional. "Meskipun UAV adalah sebuah lain dan mungkin memfasilitasi individu tertentu," katanya, "Saya tidak berpikir untuk memiliki potensi sama sekali untuk membawa pukulan yang melumpuhkan untuk setiap organisasi tertentu." (iw/csm)

Sumber: http://www.suaramedia.com
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Membahayakan, Drone Dipertimbangkan Amerika Latin"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments