Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,
Ketegangan antara Islamabad dan Washington telah mencapai puncaknya dalam beberapa bulan terakhir. Sementara Presiden Obama merencanakan kunjungan untuk akhir tahun ini ke negara berpenduduk muslim terbesar kedua di dunia, Gedung Putih ingin melawan Al Qaeda dan berperang di Afghanistan lebih dari apapun. Islamabad memiliki sesuatu yang lain dalam pikirannya.

Pada bulan Januari, strategi perang yang lebih dari dua tahun lalu diumumkan oleh Obama tiba-tiba menjadi dingin. Setelah kontraktor Amerika Raymond Davis menewaskan dua warga Pakistan di jalan di Lahore dan kemudian dibebaskan pada bulan Maret setelah $ 2,3 juta uang kompensasi (yang disebut uang darah) telah dibayarkan kepada keluarga korban, masyarakat Pakistan lebih bergolak daripada sebelumnya.

Sentimen mayoritas adalah bahwa kedaulatan nasional Pakistan diserang setiap hari dari pesawat AS dan kontraktor swasta berjalan dengan bebas di negara mereka untuk membunuh warga sipil. Media Pakistan memanas-manasi kemarahan, mengerahkan berbagai teori konspirasi yang rumit tentang mata-mata Amerika menyelinap di seluruh negara untuk mempersiapkan rencana Amerika-India-Israel untuk mencuri senjata nuklir Pakistan.

Sementara itu, Tentara Pakistan-yang tidak diragukan lagi tetap menjadi kekuatan di balik tahta, telah berkembang semakin gelisah dan marah dengan pekerjaan intelijen Amerika selama dua tahun terakhir. Untuk Angkatan Darat, kesalahan seperti kasus Davis atau operasi seperti serangan drone menjadi pengingat bahwa kontrol penuh dari wilayah negara itu tetap di luar genggaman mereka.

Kepemimpinan Pakistan, termasuk Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Ashfaq Parvez Kayani dan Direktur Jenderal Inter-Services Intelligence Directorate (ISI) Letjen Ahmed Shuja Pasha, ingin kembali ke apa yang mereka ingat sebagai "aturan Reagan."

Aturan-aturan ini dimulai pada hubungan CIA-ISI tahun 1980-an, ketika badan tersebut dan Saudi memberikan ISI dana dan senjata untuk menanggung pertempuran mujahidin melawan Soviet di Afghanistan. Mereka sekutu, memang, pada saat itu, Washington tetap sebagian besar tidak campur tangan. Amerika hanya memiliki sejumlah kecil agen CIA yang menjalankan seluruh program rahasia di Washington, Islamabad, dan Riyadh. Pada gilirannya, jarang ada perasaan bahwa kedaulatan Pakistan atau martabatnya sedang ditantang, apalagi dilanggar.

Aturan Reagan juga termasuk perjanjian diam-diam bahwa AS akan mengabaikan program nuklir Pakistan. Setiap tahun Presiden meyakinkan Kongres bahwa upaya nuklir Pakistan adalah "tidak lengkap," memungkinkan bantuan AS terus mengalir ke kediktatoran Jenderal Zia ul-Haq. Hanya setelah Soviet mundur dari Afghanistan pada tahun 1989 barulah AS memberi sanksi pada Pakistan untuk program nuklir mereka. Pada tahun 1990 Washington tiba-tiba memutuskan pasokan senjata F-16 dan lainnya yang sudah dibayar Pakistan. Tentara Pakistan tidak pernah melupakan pengkhianatan tersebut.

Masalah hari ini adalah bahwa kita tidak dapat kembali ke dunia Perang Dingin ini. Tentara Pakistan dan ISI tidak dapat diandalkan untuk melawan semua perlawanan yang sebelumnya telah mereka bantu ciptakan selama tiga dekade terakhir. Bahkan presiden Pakistan sendiri, Asif Ali Zardari, menuduh tentara bermain di kedua sisi dari perang melawan teror.

Kompleksitas dan kontradiksi dari perilaku Pakistan yang sebagian besar didorong oleh obsesi Angkatan Darat dengan India, sebenarnya terletak di jantung sengketa antara Islamabad dan Washington. Tidak ada solusi sederhana.

Seandainya semuanya berkembang lebih jauh ke selatan, hanya ada satu pemenang yang nyata: Al Qaeda. Jika operasi drone lambat dan kedua instansi intel bungkam, tujuan Obama untuk "mengganggu, membongkar, dan mengalahkan Al Qaeda" akan menjadi sebuah kemungkinan yang lebih jauh.

Sejak Pakistan saat ini memiliki senjata nuklir yang paling cepat berkembang di dunia dan segera menjadi terbesar kelima, di belakang AS, Rusia, China, dan Perancis-Islamabad tumbuh lebih tahan terhadap tekanan luar dan intimidasi. Tidak seperti Afghanistan, Irak, atau Libya, AS bahkan tidak bisa mempertimbangkan penggunaan kekuatan untuk menekan Pakistan, sebuah fakta yang Kayani sangat sadari. Belum lagi, Pakistan mengontrol jalur suplai utama bagi pasukan NATO dari Karachi ke Kabul di Afghanistan. Setiap kali Pasukan Khusus AS di Afghanistan telah melintasi perbatasan untuk mengejar teroris, Pakistan mengganggu rantai pasokan.

Washington tahu mereka membutuhkan Pakistan, tidak peduli bagaimana frustasi dan mengganggunya hubungan mereka. Sementara itu, India, target sebagian besar teror Pakistan dan target untuk senjata nuklirnya, menemukan dirinya dalam banyak dilema yang sama. Mereka menuntut menghancurkan Lashkar-e-Taiba dan kelompok militan lain, tetapi tidak berarti untuk memaksa Islamabad untuk melakukannya.

India tidak ingin ada negara gagal di perbatasan yang bersenjata dengan puluhan nuklir, sehingga tidak dapat merusak demokrasi Pakistan yang rapuh dengan operasi-operasi rahasia yang hanya akan memperkuat para ekstremis. India tidak bisa mengintimidasi saingan nuklirnya. Jadi India bulan lalu kembali melibatkan diri dan berdialog dengan Pakistan, yang telah dihentikan setelah serangan Mumbai.

Perdana Menteri Manmohan Singh mengakui bahwa bahkan dialog yang penuh rasa frustasi dan tipuan lebih baik daripada tidak sama sekali. Jadi ia mengajak rekannya untuk menonton semifinal Piala Dunia Cricket.

Caranya, bagi setiap orang yang terlibat, adalah untuk membantu memperkuat kekuatan-kekuatan di Pakistan yang ingin keluar dari persaingan tak berujung dengan India. Untuk semua kesalahannya, Zardari adalah salah satu dari mereka yang menginginkan pendekatan yang berbeda. Begitu juga dengan Benazir.

Baik Singh dan Obama memahami hal ini, juga. Sayangnya warga sipil dan modernis yang berada di Islamabad hari ini defensif. Dalam jangka pendek bantuan terbaik dari orang luar adalah untuk menjaga keterlibatan yang seringan mungkin. Dalam jangka panjang, bagaimanapun, adalah ketegangan India-Pakistan yang mendorong kecenderungan paling berbahaya. Pertempuran untuk antara ekstrimis dan moderat akan buruk di dalam negara ini. Kami akan kalah.

Opini ini ditulis oleh Bruce Riedel, seorang mantan perwira CIA. Ia adalah seorang rekan senior di Saban Center di Brookings Institution dan penulis Deadly Embrace: Pakistan, America, and the Future of the Global Jihad. (iw/nw)

Sumber: http://suaramedia.com
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Al-Qaeda Diambang Kemenangan Atas Hubungan AS-Pakistan"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments