Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan hari Senin kemarin (3/10) mengatakan bahwa NATO akan memberikan intelijen instan untuk Turki dalam memerangi PKK.

Komentar Erdogan itu muncul setelah seorang wartawan mengingatkannya tentang pernyataan Sekretaris Jenderal NATO terkait perang melawan PKK sebelum keberangkatannya dari Bandar Udara Internasional Ataturk untuk menuju ke Afrika Selatan.

Ketika diingatkan oleh seorang wartawan tentang pernyataan dari Menteri Pertahanan AS bahwa Israel dengan cepat akan menjadi terisolasi di kawasan timur tengah dan Israel harus memperbaiki hubungan dengan Turki, Erdogan mengatakan bahwa pernyataan menhan AS itu sangat benar.

"Israel telah memilih mendapat isolasi dengan kehilangan sekutu Turki. Ini bukan orang Israel tapi pemerintah Israel sendiri yang telah memilih untuk diisolasi. Pernyataan-pernyataan kami tentang Israel tidak menargetkan orang-orang Israel atau warga Yahudi Turki," tegas Erdogan.

Sebelumnya menhan AS Leon Panetta memperingatkan hari Minggu lalu bahwa Israel akan menjadi semakin terisolasi di Timur Tengah, dan mengatakan para pemimpin Israel harus memulai kembali perundingan dengan Palestina dan bekerja untuk memulihkan hubungan dengan Mesir sertaTurki.

Kepala Pentagon itu mengatakan Israel mengikis risiko keamanan sendiri jika tidak menjangkau negara tetangganya.

Hubungan antara Turki dan Israel mencapai titik terendah dalam sejarah setelah pada tanggal 31 Mei 2010, pasukan komando Israel menyerbu Mavi Marmara, kapal terbesar dalam armada enam kapal bantuan Gaza, menewaskan sembilan warga Turki termasuk warga negara Amerika.

Turki memanggil pulang duta besarnya untuk Israel, mengatakan hubungan dengan kedua negara tidak tidak akan kembali normal kecuali Israel membuat permintaan maaf resmi, membayar ganti rugi kepada keluarga korban, dan mengakhiri pengepungan terhadap Gaza.(fq/wb)

Sumber: http://www.eramuslim.com
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Erdogan Dukung Pernyataan Menhan AS Soal Isolasi Terhadap Israel"

Poskan Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments