Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,
Diatas jalan berdebu yang diapit oleh tumpukan puing dan kerangka mobil akibat bom, keluarga Saleh sedang membangun kembali rumah mereka dengan uang bantuan yang mereka dapatkan karena tiga anggota keluarga mereka tewas dalam baku tembak antara pasukan Amerika dan pasukan perlawanan.

Di lain tempat, sekitar kota medan pertempuran Ramadi, perahu motor dan jaring ikan baru terselip di sudut halaman keluarga Zeyadan itu, dibeli dengan uang dari dana bantuan yang sama.

Bantuan untuk keluarga dan ratusan orang lain seperti mereka berasal dari dana khusus yang diperuntukkan oleh Kongres untuk warga sipil tak berdosa yang tewas selama operasi militer AS di Irak. Namun baru-baru ini, anggota Kongres meminta Badan Pembangunan Internasional AS di Baghdad, yang mengelola dana tersebut, untuk mengeksplorasi seandainya Irak mengambil alih pendanaan dan manajemen proyek.

Meskipun tidak ada kerangka waktu yang diberikan untuk transisi, permintaan tersebut merupakan salah satu contoh kecil dari bagaimana AS ingin memotong lebih dari hanya hubungan militer dengan Irak seperti menarik pasukan yang tersisa selama 17 bulan berikutnya. Sudah beberapa korban yang khawatir mereka tidak akan pernah mendapatkan ganti rugi jika pihak berwenang Irak yang dilihat sebagai korup dan tidak efisien - menjalankan proses itu.

Christopher Crowley, Direktur USAID di Irak, mengatakan untuk mendorong rakyat Irak untuk mengambil alih program bantuan US korban adalah bagian dari semua program bantuan Amerika di sini. AS "mencari kontribusi yang lebih besar dari pemerintah (Irak) untuk program-program ini."

Namun, Menteri Luar Negeri Hoshyar Zebari mengecam AS karena bergegas untuk memutuskan hubungan ke Irak, dengan mengatakan: "Pesan mereka kepada kami adalah: 'Selesaikan masalah Anda dengan cepat sehingga kita dapat menarik pasukan dengan cepat."'

Crowley mengatakan banyak yang di AS percaya Irak memiliki sarana untuk membiayai negaranya sendiri untuk membangun kembali setelah perang, dengan cadangan ketiga terbesar minyak mentah di dunianya- meskipun sejauh ini berarti infrastruktur Irak masih belum bisa memproduksi sebanyak yang mereka bisa.

"Agaknya, ketika Irak mencapai potensi penuh berkaitan dengan sumber daya minyak mereka tidak akan memerlukan bantuan seperti ini," katanya.

Ketika ditanya mengapa pemerintah Irak harus membayar kompensasi atas kematian selama operasi Amerika, ia mengatakan para korban "adalah warga Irak. Kami ingin melihat perluasan definisi korban di luar yang terluka dalam aksi militer AS" untuk memasukkan semua korban perang.

Pemerintah Irak sudah memiliki program sendiri untuk memberikan uang kepada keluarga dari sekitar 100.000 warga sipil yang tewas sejak ASinvasi tahun 2003. Tapi program ini merata dan kekurangan dana, yang dijalankan oleh masing-masing provinsi. Di provinsi Baghdad, misalnya, sebagian pembayaran dibuat pada tahun 2007 dan 2008 namun tidak ada sejak 2009 karena anggaran tidak ada yang disesuaikan, menurut juru bicara, Shatha al-Obeidi.

Tidak ada pembayaran yang telah dibuat oleh pemerintah Irak sejak tahun 2004 di provinsi Anbar, setelah wilayah paling berdarah dalam memerangi perlawanan, di mana pemerintah memperkirakan hingga 50.000 warga Irak telah dibunuh.

Di Ramadi, ibukota provinsi Muslim Sunni yang terletak sekitar 70 mil (115 kilometer) barat Baghdad, gagasan agar Irak bertanggung jawab atas bantuan untuk korban membuat korban dan pekerja bantuan yang berusaha membantu mereka khawatir .

"Mereka tidak akan mencapai orang yang tepat, orang yang paling membutuhkan," kata Eman Kadhum, program manajer Anbar dari CHF International, organisasi yang mendistribusikan uang USAID di provinsi ini. "orang-orang miskin akan tetap, seperti biasa, menjadi korban. Tak ada yang akan membantu mereka."

Jika pemerintah Irak dan kelompok-kelompok bantuan mengambil alih proses bantuan, "sebagian besar dari mereka hanya akan mengambil uang itu," ujarnya, mencatat bahwa Irak menduduki peringkat sebagai negara paling korup kelima di dunia oleh kelompok pengawas Transparency International.

Pada puncak perang di pertengahan tahun 2006, kekerasan tidak terkendali di kota sebesar 400.000 jiwa ini dengan pemboman, serangan dan pertukaran tembakan sehari-hari. Seluruh lingkungan itu terlalu berbahaya bagi polisi. Kelompok perlawanan menyerang tentara AS hampir setiap kali mereka keluar, dan beberapa jalan begitu sarat akan bom sehingga pasukan Amerika tidak akan menggunakannya.

Muhammad Hesham, 36, menceritakan bagaimana suami adiknya, Walid Ali, terbunuh pada tahun 2006. Ali dalam perjalanan pulang di wilayah yang merupakan wilayah konflik aktif. Dia berada di persimpangan jalan ketika ia ditembak oleh seorang penembak jitu Amerika di atap. Dia berbaring pendarahan di jalan sampai subuh karena ada terlalu banyak perkelahian untuk mengevakuasi dirinya.

"Kadang-kadang, mereka menembak semua yang bergerak. Itu tidak masalah jika Anda membawa senjata atau tidak," kata Hesham.

Ali, yang bekerja di sebuah pabrik kaca, meninggalkan seorang istri dan tiga anak tanpa sarana untuk mendukung mereka. Bulan lalu, dengan $ 8.000 dalam bantuan, mereka membuka toko kecil yang menjual alat tulis dan hadiah di Ramadi dan menebar rak-raknya dengan aksesori telepon selular, album foto, baterai, jam dan mainan.

Hesham, seperti korban lainnya, mengatakan ia meminta bantuan dari pemerintah Irak untuk adik dan anak-anaknya, tetapi tidak pernah mendapatkannya. Dan ia tidak percaya pada otoritas Irak untuk mengelola bantuan bagi para korban.

"Tidak ada sedikitpun yang akan mencapai para korban, dan jika itu sampai mereka akan memberi dengan jumlah yang sangat kecil," katanya.

Uang untuk keluarga Hesham dan yang lainnya yang seperti mereka berasal dari Marla Ruzicka Iraqi War Victims Fund . Nama tersebut diambil dariseorang pekerja bantuan muda Amerika yang pertama kali membujuk Kongres untuk membantu korban perang sipil di Irak dan Afghanistan sebelum ia terbunuh dalam serangan bom di Baghdad pada 2005.

Yayasan Marla bertujuan untuk membantu keluarga miskin yang telah kehilangan pencari nafkah utama mereka dan memberi mereka sebuah rumah atau sebuah proyek yang menghasilkan pendapatan seperti sebuah toko kecil. Keluarga harus memiliki dokumen kematian untuk mendapatkan bantuan, termasuk memberikan laporan polisi. Dalam beberapa kasus, uang itu datang bersama dengan permintaan maaf dari militer AS.

Dana tersebut telah membantu lebih dari 5.360 orang di seluruh Irak sejauh ini, menurut USAID.

Program yang didanai melalui USAID, telah menerima sekitar $ 50 juta sejak tahun 2005. Tapi uang itu mengalami penurunan: USAID telah meminta Kongres sebesar $ 5 juta per tahun selama dua tahun mendatang untuk dana tersebut, setengah apa yang harus dilakukan setiap tahun dari 2006-2008. Itu bagian penurunan dalam bantuan kemanusiaan Amerika untuk Irak, yang mencapai puncaknya pada sekitar $ 1 miliar pada tahun 2006 dan diharapkan untuk akan berkisar sekitar $ 250-300 juta per tahun dari 2010-2012.

Terpisah dari Yayasan Marla, militer Amerika mengatakan mereka juga telah mendistribusikan sekitar $ 115 juta langsung kepada korban. dana itu akan benar-benar habis setelah pasukan Amerika ditarik pada akhir tahun 2011.

Bagi keluarga seperti Hakima Zeyadan, bantuan AS telah menjadi secercah harapan di tahun-tahun penderitaan.

Suaminya, seorang nelayan, dibunuh secara tidak sengaja dalam baku tembak empat tahun yang lalu dalam perjalanan pulang dari Baghdad ke Ramadi ketika sebuah konvoi AS melepaskan tembakan setelah diserang oleh kelompok perlawanan. Sekarang dia tinggal di rumah dengan anggota yang lebih dari 20 keluarga dan tidak mampu membayar sewa $ 300 per bulan.

Dengan $ 12.000 dari dana Marla, keluarga itu membeli sebuah perahu nelayan, jaring dan tenda lapangan sepanjang tepi sungai Efrat di mana putranya Khaled, 34, akan memancing dan mudah-mudahan mengambil alih peran ayahnya sebagai pencari nafkah.

Selema Saleh sedang membangun kembali rumahnya, yang rusak dalam pertempuran, dan menambahkan dua kamar dengan dana AS $ 28.000. Dua putra dan saudara suaminya tewas pada tahun 2007 dalam sebuah baku tembak antara pasukan Amerika dan kelompok perlawanan. Wanita 54 tahun itu dipaksa untuk pindah keluarganya yang terdiri dari enam orang - termasuk cucunya yang berusia 7 tahun dan janda dari salah satu anaknya ke satu kamar di rumah kakaknya.

"Saya kehilangan segalanya," kenangnya. (iw/aby)

Sumber: http://suaramedia.com
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Segera Mundur, AS Desak Irak Danai Korban Perang"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments