Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,
Presiden Palestina Mahmoud Abbas sangat curiga terhadap Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan kehilangan kepercayaan dalam niatnya untuk mencapai kesepakatan damai, para pejabat Israel mengatakan kepada Haaretz.

"Saya tahu Netanyahu adalah pragmatis dan semua orang mengatakan pada saya bahwa dia telah berubah," Abbas dilaporkan mengatakan kepada pejabat baru-baru ini. "Tapi saya tidak melihatnya. Saya takut itu Netanyahu yang sama pada tahun 1996. Berapa lama lagi saya dapat mengandalkannya?"

Abbas dilaporkan mengatakan bahwa ia merindukan mantan perdana menteri Ehud Olmert, dengan siapa dia telah "hampir menutup kesepakatan."

Perdana menteri Netanyahu dijadwalkan akan bertemu dengan utusan khusus AS, George Mitchell, pada hari Jumat, menjelang kedatangan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton Sabtu malam.

Netanyahu diharapkan untuk memberitahu Mitchell bahwa jika negosiasi dengan Palestina tidak diteruskan, dia akan bersedia untuk mempertimbangkan pembicaraan mengenai perjanjian interim dengan Otoritas Palestina.

Abbas mengatakan bahwa tersisa sangat sedikit waktu untuk mengembalikan proses perdamaian ke jalurnya, menurut para pejabat Israel.

Mereka mengatakan Abbas memberitahu mereka bahwa ia berharap kunjungan Clinton ke wilayah tersebut dan pembicaraannya di Israel akan mencapai terobosan.

"Saya bersedia memberikan Netanyahu satu kesempatan lagi. Tapi kita tidak memiliki lebih dari dua atau tiga minggu. Dan dalam jangka waktu itu, sesuatu harus terjadi," kata seorang pejabat Israel mengutip pernyataan Abbas.

Seorang sumber Israel mengatakan Abbas sangat frustrasi oleh Netanyahu dan perubahan-perubahan kebijakan di Israel, dan terutama oleh "retorika ekstrim" mereka.

Berbeda dengan pernyataan publiknya sebelumnya mengenai kesenjangan yang besar antara posisi dan Olmert, Abbas sekarang mengakui bahwa ia hampir memiliki kesepakatan dengan perdana menteri sebelumnya.

"Olmert dan saya hampir menutup (kesepakatan) atas segala sesuatu. Kami hampir mencapai kesepakatan lisan pada semua masalah," kata seorang pejabat Israel mengutip perkataannya.

Bertanya mengapa ia tidak menerima usulan Olmert, Abbas mengatakan bahwa "ada masalah", mengisyaratkan pada penyelidikan korupsi yang memaksa Olmert untuk mengundurkan diri, kata sumber.

Abbas dan rekan-rekannya Saeb Erekat dan Yasser Abed Rabbo percaya bahwa segala kekerasan yang terjadi di Yerusalem berlangsung dengan persetujuan dan di bawah petunjuk Netanyahu. Mereka mengatakan kepada para pejabat Israel mereka yakin bahwa Netanyahu telah mengirim aktivis kanan jauh ke Bukit Bait dan sedang berusaha untuk mengubah status quo kota.

Abbas mengatakan kepada Israel bahwa ia sangat prihatin bahwa hari Jumat yang tenang dan stabil itu kemudian memburuk menjadi kekerasan. Erekat, kepala tim negosiasi Palestina, berbicara tentang bahaya intifadhah ketiga.

Ajudan Mitchell mencoba mengecilkan ekspektasi apapun tentang kunjungan Clinton. "Tidak ada terobosan dan perbedaan antara para pihak tetap ada," kata pejabat Amerika tersebut.

Dia menambahkan bahwa latar belakang politik, termasuk kemungkinan pemilu PA dalam beberapa bulan berikutnya, membuat kemajuan dengan Palestina semakin sulit.

Netanyahu diperkirakan akan meminta Mitchell dan Clinton untuk menekan Abbas untuk setuju untuk melanjutkan perundingan damai.

Sementara seperti yang diketahui bahwa Netanyahu seringkali merusak perjanjian perdamaian dengan terus mendorong pembangunan ilegal di Palestina serta menghalalkan serangan bertubi-tubi di situs suci Masjid Al-Aqsa. (iw/hz)

Sumber: http://suaramedia.com
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Palestina: Netanyahu Punya Satu Kesempatan Terakhir"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments