Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,
Menlu (Menteri Luar Negeri) Inggris William Hague dan Sekretaris Pembangunan Internasional Andrew Mitchell mengadakan pembicaraan dengan kepala Oposisi Libya (TNC) Mustafa Abdul Jalil.

Mereka juga mengunjungi sebuah pusat rumah sakit, dan bertemu warga Benghazi, serta meletakkan karangan bunga di makam pasukan Inggris di kota itu.

Sementara itu, serangan helikopter Apache Inggris juga telah digunakan di Libya untuk pertama kalinya. Mereka menyerang dan menghancurkan dua instalasi militer, sebuah situs radar dan sebuah pos pemeriksaan dekat Brega, ujar seorang kapten di kapal induk HMS Samudra kepada BBC.

Pembicaraan di Benghazi difokuskan pada kemajuan baru-baru ini dalam menghadapi pemimpin Libya Kolonel Gaddafi dan bantuan Inggris untuk membantu memenuhi kebutuhan kemanusiaan orang-orang Libya itu.

Pemerintah Gaddafi "sangat mengecam" apa yang disebut "ilegal" kunjungi. Sebuah pernyataan di kantor berita Jana, mengatakan kunjungan Den Haag adalah intervensi urusan internal bangsa yang berdaulat.

Namun, sebelumnya Den Haag mengatakan di Benghazi adalah "Alasan utama - untuk menunjukkan dukungan kami bagi rakyat Libya dan untuk Dewan Transisi Nasional, yang menjadi wakil sah rakyat Libya",ujarnya.

William Hague dan Andrew Mitchell bertemu dengan korban di sebuah klinik William Den Haag dan Andrew Mitchell bertemu korban di sebuah klinik Benghazi

Dia mengatakan kunjungan tersebut adalah "bagian dari pendekatan yang terkoordinasi dan strategis kepada oposisi Libya - memastikan bahwa tindakan militer, diplomatik dan pembangunan kita selaras", dan Inggris berkomitmen untuk tugas itu.

"Tentu saja kita semua ingin tidak ingin solusi militer, tetapi adanya solusi politik, tetapi saya berpikir untuk konflik apapun, termasuk yang satu ini. Tapi itu hanya mungkin jika Kolonel Gaddafi mengundurkan diri.. "

"Anda hanya perlu berbicara dengan orang sini, melihat grafiti yang ditulis di seluruh dinding, mendengarkan siapa saja di jalan, untuk menyadari bahwa tidak ada solusi politik yang melibatkan Gaddafi selama masih berada di kepala Libya, "katanya.

Mitchell mengumumkan dukungan baru Inggris untuk pembersihan ranjau di Misrata, Benghazi dan daerah yang terkena dampak perang lainnya untuk membantu menjamin keselamatan 200.000 orang.

Dari 4.000 orang terluka yang telah dirawat di Misrata saja sejauh ini, lebih dari 400 dilaporkan diperlukan amputasi , ujar Kementerian Luar Negeri.

Para menteri juga bertemu Inggris dan tim kemanusiaan dan stabilisasi internasional untuk update pada situasi di lapangan. Kantor perwakilian Inggris di Benghazi sekarang yang terbesar di Afrika Utara setelah Kairo.

Peralatan komunikasi, rompi tahan peluru dan seragam juga telah diberikan kepada pihak berwenang polisi sipil.

Wartawan BBC Jon Williams, di Benghazi, mengatakan pembicaraan antara Den Haag dan pemimpin oposisi (NTC) membuat jelas bahwa Inggris menganggap hal itu sebagai wakil sah rakyat Libya, sebelumnya "Pemerntah Perancis dan Itali" telah melakukan pengakuan atas kelompok oposisi.

Dia mengatakan kunjungan tersebut adalah penting, karena itu adalah pertama oleh politisi Inggris dalam 10 minggu sejak oposisi melakukan gerakan sipil dan militer.

Eropa ingin mencari keuntungan yang maksimal paska pemerintahan Gadhafi denga membangun hubungan dengan kalangan oposisi yang sekarang ini, mendapatkan bantuan dari Barat, yang mempunyai tujuan strategis ekonomi, politik, dan militer di wilayah yang sangat strategis itu.(mh/wb)

Sumber: http://www.eramuslim.com
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Menlu Inggris Bertemu Oposisi Libya"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments