Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:
Penguasa militer Korea Selatan sedang mencari tahu ke dalam tuduhan peretasan ke dalam rencana perang dan beberapa data militer yang diklasifikasikan pada hari Jumat, Yonhap News Agency Seoul melaporkan.

Insiden itu terjadi pada akhir bulan November ketika data di Rencana Operasional 5.027 Korea Selatan, sebuah kontingensi rencana perang yang dibuat oleh Korea Selatan dan AS dalam peristiwa invasi yang diasumsikan oleh Republik Rakyat Demokrat Korea (DPRK) atau yang dikenal dengan Korea Utara. OPLAN 5.027 memungkinkan untuk pengiriman hampir 700.000 pasukan AS ke semenanjung jika perang skala penuh pecah.

OPLAN diambil melalui Internet dari perangkat penyimpanan portabel yang digunakan seorang perwira militer untuk mentransfer data ke komputer dengan kabel, kata laporan itu mengutip sumber militer yang tidak disebutkan namanya.

"Sebelas halaman slide Powerpoint menjelaskan rencana perang untuk mengunjungi perwira militer telah diretas, namun bukan seluruh isi dari rencana," kata seorang pejabat militer Korea Selatan seperti dikutip oleh Yonhap.

Dia menambahkan bahwa itu masih harus dikonfirmasi jika diperkirakan berasal dari DPRK.

Pada bulan Juli lalu, sejumlah website Korea Selatan dan Amerika adalah diretas oleh serangkaian serangan denial-of-service yang merata, yang oleh pihak intelijen berwenang di Seoul telah dihubungkan dengan personil militer khusus peretasan DPRK. Kepala mata-mata Korea Selatan menyalahkan pelayanan telekomunikasi Korea Utara untuk kejadian tersebut.

Namun, klaim ini diperdebatkan oleh banyak anggota parlemen partai oposisi, yang mengatakan tuduhan ini tidak didasarkan pada bukti yang kuat dan dengan demikian tidak bertanggung jawab.

Perwira militer itu akan dikenakan peringatan karena insiden seperti yang ditentukan oleh peraturan disiplin militer, kata Yonhap.

"Sebuah penyelidikan sedang berjalan untuk mengetahui seberapa banyak kebocoran itu akan mempengaruhi rencana militer kami," kata juru bicara Korsel kepada AFP. "Petugas yang bersangkutan akan didisiplinkan."

Para hacker menggunakan Internet Protocol di China untuk mengakses beberapa data militer terkait dengan Rencana Operasi 5.027, seorang juru bicara Korsel kepada AFP. "Pihak berwenang berusaha untuk mengetahui apakah Korea Utara terlibat," katanya, menambahkan.

Rencana itu juga menetapkan panduan masa perang pasukan dari kedua negara. Korea Selatan secara teknis masih berperang dengan Utara sejak perang 1950-53 berakhir dengan gencatan senjata dan bukan perjanjian damai.

Harian Chosun Ilbo mengatakan petugas dengan Komando Pasukan Gabungan telah menggunakan USB memory stick yang tidak aman untuk men-download rencana.

Korea Selatan percaya Korea Utara memiliki personil militer yang berspesialisasi di peretasan luar negeri dan akan mendirikan komando cyber militer sendiri pada 1 Januari.

Berdasarkan Pusat Penelitian No 110 di bawah Reconnaissance Bureau Staf Umum Angkatan Darat Korea Utara, unit hacking Korea Utara memiliki staf yang mengesankan, berbagai operasi, teknologi, dan cabang-cabang di luar negeri. Ada spekulasi bahwa 500-600 peretas bekerja di Korea Utara, termasuk Departemen Keamanan Negara.

Kim Heung-Kwang, mantan profesor di Universitas Teknologi Komputer Pyongyang, mengatakan, "Kami memiliki informasi bahwa unit hacking Korea Utara akan segera menyerang jaringan komputer di Korea Selatan, yang bisa menyebabkan database lembaga keuangan, Administrasi Tenaga Kerja Militer dan rumah sakit dan lembaga lain masuk ke dalam kekacauan. " (iw/xn/ci/afp)

Sumber: http://suaramedia.com
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Korea Selatan Kebobolan, Rencana Perang Rahasia Dicuri"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments