Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,
Pemerintahan Palestina atau Palestinian Authority (PA) telah diyakinkan bahwa dalam rencana perdamaian barunya, Presiden AS Barack Obama memasukan negara Palestina dengan ibukota di Yerussalem.

Pejabat PA mengatakan kepada surat kabar Israel Yediot Ahronot bahwa AS berniat untuk memegang kebijakannya bahwa Yerussalem Timur harusnya menjadi ibukota Palestina. Obama diharapkan untuk menggelar rencana perdamaian tersebut di Kairo pada tanggal 21 Juni.

AS berencana untuk menambahkan "perbaikan" pada rencana perdamaian Arab: Menurut sebuah laporan awal Mei di London berbasis bahasa Arab-koran al-Quds al-Arabi, rencana akan direvisi meliputi mengembalikan pengungsi Palestina baik dari berbagai negara-negara Arab, penetralan militer Israel di negara Palestina, dan persetujuan antara Israel dan Palestina untuk bertukar kekuasaan terhadap wilayah tersebut.

Rencana yang direvisi juga memerintahkan agar Pemerintah Palestina mengibarkan bendera mereka di Yerussalem Timur yang nantinya akan menjadi ibukota negara, dan bendera resmi PBB dipasang di tempat-tempat suci Islam, Yahudi dan Kristen.

Rencana tersebut juga menyerukan agar Israel membekukan aktivitas pemukiman di sana, dan meminta jadwal yang jelas untuk pembentukan negara Palestina, dinegosiasikan dalam kerangka Arab Peace Initiative atau Inisiatif Perdamaian Arab. Surat kabar tersebut mengatakan AS akan meminta negara-negara Arab juga menetapkan waktu untuk segera menormalkan hubungan diplomatik dengan Israel.

Sementara itu Senator AS mengirim surat ke Obama meminta dia untuk memperhitungkan "resiko yang akan dihadapi Israel dalam perjanjian perdamaian tersebut."

Surat yang ditandatangani oleh 76 Senator AS, atau lebih dari tiga perempat di atas ruang dari kongres tersebut, mendesak Obama untuk "terus bersikeras pada komitmen tentang Palestina, mengakhiri terorisme serta kekerasan di sana, dan untuk membangun lembaga yang diperlukan untuk sebuah negara Palestina yang kuat dan dapat hidup berdampingan dalam damai dengan negara Yahudi Israel " menurut Yediot.

Surat yang sama dilaporkan juga mendapatkan 200 tanda tangan di DPR.

Pada dua hari kunjungan ke Washington, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menghadapi tuntutan untuk menghentikan tempat pembangunan pemukiman di Tepi Barat yang mereka duduki.

Senator Demokrat John Kerry, ketua Senat Komite Hubungan Luar membangkitkan masalah pemukiman tersebut berkata, "Saya menekankan kepada perdana menteri pentingnya bergerak ke depan, terutama dalam hal penyelesaian masalah ini," menurut Reuters.

Menlu AS Hillary Clinton, juga mengatakan kepada wartawan bahwa, ketika menjamu Netanyahu untuk makan malam pada hari Senin malam, dia menegaskan pandangan Obama bahwa "ia ingin melihat pemberhentian pembangunan pemukiman tersebut."

Upaya sebelumnya, sepanjang 17 tahun proses perdamaian, untuk memaksa Israel untuk menghentikan pembangunan permukiman telah gagal. Carta dari Partai Likud Netayahu meminta Israel menolak untuk memberikan setiap wilayah di bawah kekuasaan mereka. (iw/mn/yn)

Sumber: http://suaramedia.com
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Amerika Yakinkan Dunia Yerusalem Jatuh ke Tangan Palestina"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments