Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,
Pasukan militer Suriah keluar dari kota Hama. Di mana akibat tindakan keras pemerintah, yang pernah pula dilakukan Hafez al-Assad membuat naman keluarga penguasa Assad itu identik dengan kebrutalan. Penarikan pasukan militer dari Hama itu mengejutkan bahkan beberapa aktivis dan diplomat.

Mereka berbeda mengenai bagaimana menginterpretasikan keputusan pemerintah di yang menarik pasukan dari Hama itu. Mereka ada yang menilai tindakan pemerintah yang menarik pasukan militernya dari Hama itu, sebagai langkah pemerintah untuk menghindari jatuhnya korban yang lebih banyak, dan dapat berpotensi meledaknya bentrokan di kawasan, serta mengarah kepada pergolakan yang lebih luas. Pasukan Suriah nampak kelelahan, dan mereka menderita depressi yang harus terus mnerus menjaga para demonstran yang berlangsung setiap hari. Mereka tidak mampu terus menerus melakukan tindakan repressi.

Namun warga di Hama, kota terbesar keempat di Suriah, telah merayakan penarikan sebagai kemenangan setelah serangan terburuk yang mengakibatkan pertumpahan darahyang sudah berlangsung hampir empat bulan.n"Kota Hama atelah dibebaskan," kata seorang aktivis yang menyebut namanya Hainin.

Warga dan aktivis mengatakan pasukan keamanan juga telah ditarik dari Abu Kamal, dekat perbatasan dengan Irak, dan beberapa daerah pinggiran ibukota, Damaskus. Di kota Dayr az Zawr, sebuah kota besar di timur, militer tetap berada di pinggiran kota itu, meskipun pasukan keamanan dikatakan masih beroperasi dalam kota.

Peristiwa di Hama dan di tempat lain di seluruh negeri menggarisbawahi dinamika baru dalam pemberontakan, karena baik pemerintah maupun para pengunjuk rasa bisa menyelesaikan krisis dengan persyaratan tuntutan mereka melalui dialog.

Pertemuan oposisi pada Senin secara terbuka menyerukan kepada Presiden Bashar al-Assad menggunakan kekuatan - dan pertemuan itu disiarkan di televisi Suriah, yang alat pemerintah. Komite-komite yang menggalang aksi protes jalanan lebih terorganisir, dan ekonomi Suriah semakin lemah akibat adanya tekanan internasional.

"Kita merasa berada di jalan buntu, dan sementara kebuntuan ini kenyataannya tidak menyenangkan - pada kenyataannya itu jelek - dan pilihannya hanya mendukung oposisi," kata seorang pejabat pemerintahan Obama di Washington, yang berbicara tentang kondisi di Suriah. "Waktu berada di pihak oposisi."

Pasukan pemerintah telah ditarik dari kota-kota sebelumnya - yaitu Baniyas di pantai Mediterania dan Dara'a di selatan. Tetapi skala penarikan pasukan dari Hama tampaknya berbeda dengan kota-kota lainnya.

"Saya tidak berpikir itu taktik," kata Wissam Tarif, direktur eksekutif Insan, manusia Suriah kelompok hak asasi. "Ini kelelahan, kurangnya sumber daya dan kurangnya keuangan."

Hama adalah sebuah kota yang namanya tetap terpatri dalam memori banyak Suriah. Pada puncak dari pertempuran antara pemerintah dan oposisi Islam bersenjata, militer menyerbu Hama di tahun 1982, menewaskan sedikitnya 10.000 orang dan mungkin jauh lebih. Beberapa warga mengatakan bahwa tempat Hama dalam sejarah telah membuat negara lebih enggan untuk menindak kali ini.

"Kami belajar dari kesalahan kami," kata seorang guru di Hama, yang memberikan namanya sebagai Abu Omar. Seperti banyak diwawancarai di sana, ia setuju untuk berbicara hanya pada kondisi anonimitas parsial. "Untuk membuat revolusi setengah," ia menambahkan, "adalah untuk menggali kuburan kita sendiri."

Pada tanggal 3 Juni, pasukan pemerintah dan demonstran bentrok di kota, yang berada di sepanjang jalan raya strategis menghubungkan Damaskus, Homs dan Aleppo. Dengan 73 aktivis di Hama tewas. Meskipun pejabat Suriah mengatakan pasukan keamanan juga menderita korban.

Para pejabat Suriah mengatakan kesepakatan itu dicapai sesuai dengan para pemimpin aksi. Selanjutnya, aksi protes akan diizinkan, asalkan mereka tetap damai, dan tidak merusak bangunan. Beberapa penduduk menegaskan bahwa kesepakatan memang telah dicapai bulan ini.

"Pasukan keamanan dan tentara benar-benar tidak ada," kata seorang warga yang memberikan namanya sebagai Abu Abdo. "Mereka tidak mengganggu kita sama sekali, baik sebelum maupun selama demonstrasi setiap hari, yang telah mengumpulkan siang dan malam. Tidak ada patroli. Hidup adalah normal. ", tambahnya. (mh/wp)

Sumber: http://www.eramuslim.com
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Pasukan Militer Suriah Meninggalkan Kota Hama"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments