Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,
Israel siap untuk kondisi terburuk yang mungkin terjadi dalam bentrokan dengan aktivis pro-Palestina yang berusaha menembus blokade laut Israel di Gaza, namun masih berharap para aktivis akan membatalkan rencana mereka, seorang menteri kabinet Israel mengatakan Rabu kemarin (29/6).

Menteri Informasi Yuli Edelstein meminta penyelenggara konvoi untuk mengubah arah pelayaran mereka dan memberikan kargo yang berisi bahan obat-obatan dan bahan konstruksi ke Gaza melalui pelabuhan Israel. Namun penyelenggara konvoi mengatakan mereka menolak opsi itu Rabu kemarin.

Edelstein sendiri menggambarkan penyelenggara armada telah tertipu, dengan alasan bahwa Gaza tidak menderita krisis kemanusiaan.

Edelstein mengatakan Israel tidak mengambil risiko dengan armada yang saat ini akan berlayar ke Gaza.

"Ini adalah pelajaran kami dari insiden tahun lalu," katanya kepada wartawan. "Itu sebabnya kami berusaha untuk bersiap-siap untuk situasi yang terburuk."

10 kapal kemungkinan berlayar minggu ini, dan pelayaran diharapkan akan dilakukan dalaml beberapa hari. Israel sendiri mengatakan tidak akan memungkinkan kapal untuk mencapai Gaza. Yunani adalah pangkalan armada operasi, tetapi para aktivis tidak akan mengungkapkan lokasi yang tepat di mana kapal-kapal mereka bersandar karena alasan keamanan.

Israel memberlakukan blokade perbatasan Gaza sejak kelompok Hamas merebut wilayah itu pada tahun 2007. Tahun lalu, serangan Israel terhadap armada yang sama menewaskan sembilan aktivis di kapal Turki.

Israel sejak itu kemudian meringankan pembatasan terhadap perbatasan Gaza, yang memungkinkan barang-barang konsumen paling masuk dari Israel.

Israel terus untuk membatasi impor semen, baja dan bahan konstruksi lainnya, yang memungkinkan pengiriman tersebut hanya untuk proyek-proyek internasional yang diawasi di Gaza. Israel berpendapat bahwa bahan-bahan konstruksi dapat dialihkan oleh Hamas untuk penggunaan militer.

Mayor Jenderal Eitan Dangot, seorang perwira militer yang bertanggung jawab atas kebijakan perbatasan Gaza, mengatakan Israel sedang mencoba untuk meningkatkan impor ke Gaza.

Dia mengatakan para pejabat sedang berusaha untuk menemukan cara untuk memungkinkan ekspor barang-barang manufaktur, di samping pengiriman musiman bunga dan stroberi, serta ekspor yang direncanakan tomat dan kentang.(fq/ap)

Sumber: http://www.eramuslim.com
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Israel Bersiap untuk Situasi Terburuk Bentrok Dengan Freedom Flotilla II"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments