Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,
Komandan militer diharapkan untuk memberitahu penyelidikan atas perang Irak, yang akan dibuka pada hari Selasa, bahwa invasi tersebut tidak memiliki perencanaan yang baik dan persiapannya disabotase oleh pemerintahan Tony Blair dalam upaya untuk menyesatkan publik.

Mereka begitu terkejut oleh kurangnya persiapan setelah invasi yang mereka percaya bahwa anggota dari pemerintah Inggris dan AS pada saat itu dapat dituntut untuk kejahatan perang dengan pelanggaran kewajiban yang digariskan dalam konvensi Jenewa untuk menjaga keamanan penduduk sipil dalam suatu konflik, lapor kantor berita Guardian.

Langkah yang diambil oleh Pemerintahan Blair untuk menyembunyikan rencana invasi dan semarah apa komandan militer pada apa yang mereka sebut kegagalan "mengerikan" pemerintah muncul ketika Sir John Chilcot, ketua penyelidikan, berjanji untuk menghasilkan sebuah keterangan "penuh dan mendalam" tentang bagaimana Inggris ikut terseret ke dalam konflik.

Bukti baru telah muncul tentang bagaimana Blair menyesatkan anggota parlemen dengan menyatakan pada tahun 2002 bahwa tujuannya adalah "pelucutan senjata, bukan perubahan rezim". Dokumen yang ada menunjukkan pemerintah ingin menyembunyikan maksud yang sebenarnya dengan memberi "sejumlah kecil" informasi dari pejabat.

Dokumen-dokumen yang bocor kepada Sunday Telegraph adalah " laporan pasca-operasional" dan dokumen-dokumen "Lesson Learned" yang disusun oleh tentara dan komandan lapangan. Mereka merujuk kepada sebuah operasi "terburu-buru" yang menyebabkan "resiko signifikan" untuk pasukan dan "kegagalan parah" di masa sesudah perang.

Satu komandan mengatakan pemerintah "melewatkan kesempatan emas" untuk mendapatkan dukungan dari warga Irak. Lainnya berkomentar: "Itu bukan seperti kolonialisme tahun 1750-an di mana militer harus melakukan semuanya sendiri". Seorang, menggambarkan rantai suplai, menambahkan: "Saya tahu pasti bahwa ada satu kontainer penuh ski di gurun".

Beberapa pasukan yang dikerahkan di penerbangan sipil ke negara-negara tetangga Irak dengan peralatan mereka "yang dibawa oleh bagasi tangan". Produk dianggap berbahaya, termasuk pisau lipat dan gunting kuku, disita dari mereka.

Diwawancarai untuk laporan sesudah perang yang disusun oleh Kementrian Pertahanan, Brigadir Bill Moore, komandan dari Brigade 19, ditanya: "Apakah Anda menerima tingkat yang benar nasihat untuk pembangunan bangsa Anda hadapi?" Dia menjawab: "Kami sama sekali tidak punya saran apa pun. Kurangnya saran dari FCO (Foreign and Commonwealth Office), Home Office dan DFID (Department for International Development) itu mengerikan."

Laporan "Lesson Learned" menyatakan: "Jangan sekali lagi kita mengirim tentara yang tak diperlengkapi dengan baik ke medan tempur". Namun, banyak kegagalan yang diceritakan dalam dokumen yang bocor dan bukti yang diberikan dalam komite di Commons, terutama yang berkaitan dengan peralatan, telah diulang di Afghanistan.

Secara signifikan, dokumen-dokumen mendukung apa yang sebelumnya diakui oleh para pejabat, bahwa tentara tidak diizinkan untuk mempersiapkan dengan baik invasi ke Irak pada tahun 2002 agar parlemen dan PBB tidak waspada bahwa Blair sudah bertekad untuk pergi berperang.

Dokumen-dokumen itu menambahkan: "Di Whitehall, rezim keamanan operasional internal, di mana hanya sejumlah kecil perwira dan pejabat diizinkan untuk terlibat (dalam persiapan invasi Irak) terkendala perencanaan yang lebih luas untuk operasi tempur dan fase-fase berikutnya secara efektif sampai 23 Desember 2002."

Blair telah berjanji pada George Bush bahwa ia akan bergabung dengan invasi pimpinan Amerika ketika, hingga akhir Juli 2002, ia menyangkal di hadapan anggota parlemen bahwa persiapan yang sedang dilakukan adalah untuk aksi militer. Dokumen yang bocor mengungkapkan bahwa "dari bulan Maret 2002 atau paling lambat Mei ada kemungkinan yang signifikan dari operasi Inggris berskala besar ".

Dokumen bocor pada tahun 2005 menunjukkan bahwa, hampir setahun sebelum invasi, Blair secara pribadi bersiap-siap untuk menempatkan Inggris dalam perang dan menggulingkan Saddam Hussein, meski peringatan dari penasihat dekatnya bahwa hal itu tidak bisa dibenarkan. Mereka juga menunjukkan bagaimana Blair berencana untuk membenarkan perubahan rezim sebagai tujuan, meskipun ada peringatan dari Lord Goldsmith, Jaksa Agung, bahwa "keinginan untuk perubahan rezim bukanlah dasar hukum bagi aksi militer."

Chilcot mengatakan ia dan timnya tidak akan segan-segan membuat kritik terhadap individu atau organisasi jika mereka dibenarkan. Tapi ia menekankan penyelidikan bukanlah pengadilan hukum yang dibentuk untuk menentukan isu bersalah dan tidak bersalah. (iw/gd)

Sumber: http://suaramedia.com
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Bocornya Dokumen "Ajaran Sesat" Blair dalam Parlemen Inggris"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments