Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,
Ribuan warga Israel dan Palestina diharapkan ikut ambil bagian dalam pawai pada hari Jumat ini (15/7), yang bertajuk 'Pawai Kemerdekaan' untuk menyerukan pengakuan negara Palestina.


Penyelenggara pawai mengatakan bahwa pengakuan Palestina sebagai sebuah negara merdeka harus datang sebelum negosiasi, dan bukan sebagai hasilnya.

Aksi ini merupakan kerjasama yang langka antara gerakan Solidaritas sayap kiri dan komite rakyat Yerusalem Timur. Penyelenggara mengklaim bahwa aksi ini adalah acara Yahudi-Arab pertama dari jenisnya yang akan diselenggarakan di Yerusalem sejak tahun 1991.

Perjalanan pawai akan dimulai di Gerbang Jaffa dan berakhir di lingkungan Syaikh Jarrah, rute sebaliknya diambil oleh aktivis sayap kanan selama Hari Yerusalem bulan lalu.

Acara ini dikoordinasikan dengan polisi, dan panitia telah berjanji untuk mencegah kekerasan apapun yang mungkin pecah, meskipun kubu sayap kanan kemungkinan akan menggelar aksi protes tandingan.

"Setelah bertahun-tahun Israel berbicara tentang perdamaian namun mereka membangun pemukiman, pos pemeriksaan, dinding dan pos-pos, dan generasi muda dari kedua belah pihak mulai memahami bahwa mereka sedang ditipu," kata Hillel Ben Sasson dari Gerakan Solidaritas Syaikh Jarrah.(fq/hrzt)

Sumber: http://www.eramuslim.com
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Warga Israel dan Arab Gelar Pawai Dukung Kemerdekaan Palestina di Yerusalem"

Poskan Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments