Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:
Pertempuran Le Transloy adalah serangan terakhir Angkatan Darat Keempat Inggris selama Pertempuran Somme 1916. Sukses pada Pertempuran Morval di akhir September, Angkatan Darat Keempat Letnan Jenderal Henry Rawlinson akhirnya merebut lapis ketiga pertahanan Jerman di Somme. Sayangnya, hanya ada tiga lapis di awal Pertempuran Somme pada bulan Juli. Jerman tidak tinggal diam selama Sekutu bergerak lambat dan pasukan Rawlinson berhadapan dengan lapis keempat pertahanan di sepanjang punggung bukit di luar Transloy sedangkan lapis kelima dan keenam pertahanan sedang dipersiapkan.

60pdrLeTransloyOct1916.jpg
Pasukan Inggris memindahkan posisi 60 senjata di Bazentin-le-Petit

Namun demikian, komandan Inggris, Jenderal Sir Douglas Haig, masih memiliki rencana untuk menerobos dengan melibatkan tiga pasukan di Somme; Angkatan Darat Keempat di selatan, Angkatan Darat Cadangan (kemudian Angkatan Darat Kelima) di pusat dan Angkatan Darat Ketiga, Jenderal Edmund Allenby, di utara. Langkah pertama adalah merebut Transloy.

Pertempuran, pada tanggal 1 Oktober, mulai dengan merebut Eaucourt L'Abbaye oleh Divisi 47 (1/2nd London) serta Albert-Bapaume sepanjang jalan menuju Le Sars. Keberhasilan pertempuran ini dilanjutkan pada 7 Oktober dan Le Sars direbut oleh Divisi 23 Inggris namun laju pasukan Kanada terhenti.

Medan perang, yang telah hancur oleh pengeboman artileri terus-menerus selama tiga bulan sebelumnya, berubah menjadi rawa akibat cuaca memburuk. Rawlinson menyerang pada 12 Oktober termasuk Newfoundlander di Gueudecourt, 18 Oktober dan 23 Oktober, tetapi ada sedikit peluang memperoleh keuntungan yang signifikan. Pada tanggal 5 November pasukan Australia dari Korps Anzac I panik meskipun protes dari beberapa komandan korps yang percaya serangan akan menjadi sia-sia.

Pertempuran Passchendaele 1917 telah menjadi identik dengan lumpur dan penderitaan tetapi menurut sejarawan resmi Australia, Charles Bean, kondisi di Somme pada bulan November merupakan "terburuk yang pernah dikenal oleh AIF Pertama"

Partisipasi Resimen Newfoundland Kerajaan Inggris dalam Pertempuran Le Transloy diperingati dengan Newfoundland Gueudecourt Memorial. Tempat peringatan menandai kembalinya Newfoundlanders ke Somme pada awal Oktober setelah 4 bulan sebelumnya hancur oleh serangan pada 1 Juli di Beaumont Hamel (pada hari pertama Pertempuran Somme). Batalyon Newfoundland yang dibangun kembali memainkan peran penting dalam merebut posisi Jerman di timurlaut Hilt Trench Gueudecourt.

Sumber: http://id.wikipedia.org/
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Pertempuran Le Transloy"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments