Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:
Pertempuran Taginae (juga dikenal sebagai Pertempuran Busta Gallorum) pada bulan Juni / Juli 552, pasukan dari Kekaisaran Bizantium di bawah Narses memecah kekuatan Ostrogoth di Italia, dan membuka jalan bagi penaklukan Bizantium lengkap dari Semenanjung Italia. Seperti Pertempuran Agincourt pada tahun 1415, itu dicontohkan bencana kekalahan dari kavaleri dengan infanteri bersenjata rudal.

Dari 549 sejak Kaisar Justinian aku telah merencanakan untuk mengirim pasukan besar ke Italia untuk menyimpulkan perang berkepanjangan dengan Ostrogoth dimulai pada 535. Selama 550-51 pasukan ekspedisi besar berjumlah 20.000 orang (mungkin 25.000 laki-laki?) Telah berangsur-angsur berkumpul di Salona di Adriatik, yang terdiri dari unit Bizantium teratur dan kontingen besar sekutu asing, terutama Lombardia, Heruls dan Bulgaria. [3] kekaisaran pengurus (cubicularius) Narses ditunjuk untuk perintah pada pertengahan 551. Musim semi berikutnya Narses memimpin pasukan besar ini di sekitar pantai
Laut Adriatik sejauh Ancona, dan kemudian berbalik pedalaman bertujuan untuk berbaris menuruni Via Flaminia ke Roma.

Pertempuran

Dekat desa Taginae (biasanya terletak di suatu tempat di sebelah utara modern Gualdo Tadino), Narses bertemu dengan tentara Ostrogothic diperintahkan oleh Raja Totila, yang telah maju untuk menangkap dia. Menemukan sendiri jauh kalah jumlah, Totila pura-pura masuk ke dalam perundingan sementara perencanaan serangan mendadak, tapi Narses tidak tertipu oleh siasat ini.

Meskipun ia menikmati keunggulan dalam angka, Narses pasukannya ditempatkan dalam posisi defensif yang kuat. Di tengah ia berkumpul tubuh besar sekutu Jermanik turun dalam barisan yang padat, dan menempatkan pasukan Bizantium untuk kedua sisi. Pada setiap sayap ia ditempatkan 4.000 kaki-pemanah.

Totila awalnya mencoba mengepung lawan dengan merebut sebuah bukit kecil di kiri Byzantium yang mendominasi satu-satunya rute ke bagian belakang Narses 'line, tetapi kekuatan lima puluh Bizantium infanteri dikerahkan di yang kompak terlindung baik pembentukan berhasil mengalahkan serangan berturut-turut dari Ostrogothic kavaleri.



Setelah gagal untuk mengubah Narses posisi, dan 2.000 mengharapkan bantuan dari Teias, Totila digunakan berbagai expedients untuk menunda pertempuran, termasuk jujur menawarkan negosiasi dan duel disahkan antara pertempuran-garis. Dalam salah satu kesempatan, Totila mengirim desertir bernama Byzantium Coccas keluar untuk menantang Bizantium untuk satu pertempuran. Coccas itu besar dan sangat kuat. Ia memiliki reputasi di antara Goth sebagai pejuang yang kejam dan kuat. Seorang Armenia bernama Anzalas, salah satu Narses 'pengawal, menjawab tantangan itu. Coccas dikenakan biaya Anzalas, tetapi pada saat terakhir, membelok Anzalas kudanya dan menusuk Gothic juara di samping. Bukan pertanda yang paling menguntungkan untuk Totila.

Namun, Raja Gotik taktik menunda lagi. Kedua tentara melihat Totila, berpakaian ungu dan emas bersinar baju zirah, dan menunggang kuda jantan yang sangat besar, cantered keluar menuju tak-bertuan antara dua pasukan yang besar. Kudanya menari dan berjingkrak-jingkrak dalam lingkaran, dibesarkan, berputar, dan berlari mundur sebagai Totila melemparkan tombak ke udara dan menangkapnya. Akhirnya, ia naik kembali ke pasukannya sendiri dan berubah menjadi pertempuran baju besi. Teias telah tiba.

Bala bantuan-Nya telah tiba, pecah Totila pembentukan dan pensiunan untuk makan siang. Narses, waspada dari kemungkinan tipu muslihat, mengizinkan pasukannya untuk menyegarkan diri mereka sendiri tanpa meninggalkan posisi mereka. Totila, rupanya berharap untuk mengambil musuhnya terkejut, tiba-tiba meluncurkan mount skala besar serangan terhadap pusat Bizantium. Kuno dan modern menuduhnya penulis memiliki kebodohan, tapi mungkin Totila berusaha untuk dekat dengan musuh secepat mungkin untuk menghindari efek dari Byzantium hebat panahan. Narses sudah siap untuk langkah demikian, bagaimanapun, dan memerintahkan para pemanah berkumpul di sisi depan mereka untuk miring terhadap pusat supaya pertempuran-line menjadi berbentuk bulan sabit. Terperangkap dalam enfilading api dari kedua belah pihak, yang berkelanjutan kavaleri Ostrogothic korban tinggi dan serangan mereka goyah. Kursus dan durasi pertempuran berikutnya tidak yakin, tapi menjelang sore Narses memerintahkan muka umum, dan Ostrogoth pecah dan kabur. Account Meskipun bervariasi, mungkin selama kekalahan berikutnya yang Totila dibunuh.

Narses meneruskan perjalanan ke Roma yang jatuh dengan perlawanan terbatas. Bangsa Ostrogoth Totila berkumpul kembali di bawah pengganti Teias, tapi mengalami kekalahan terakhir pada Pertempuran Mons Lactarius (dekat Gunung Vesuvius) dan sesudah itu tidak memainkan peran penting dalam sejarah Italia. Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Pertempuran Taginae Atau Pertempuran Busta Gallorum"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments