Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,
Perang Saudara Spanyol adalah perang sipil di Spanyol antara pemberontak (dikenal sebagai Nacionales), pemerintah republik dan pendukungnya. Itu terjadi antara Juli 1936 dan April 1939, dan berakhir di kekalahan penyebab Republik, diikuti oleh kediktatoran Francisco Franco. Jumlah korban telah lama diperdebatkan, dengan perkiraan umumnya berkisar antara 500.000 dan 1.000.000 orang tewas dalam perang. Banyak intelektual Spanyol dan seniman (termasuk banyak dari Generasi Spanyol dari 1927) baik dibunuh atau dipaksa ke pengasingan. Perekonomian Spanyol membutuhkan puluhan tahun untuk pulih.
Akibat politik dan emosional dari perang tersebut berjalan lancar lebih dari satu bangsa. simpatisan Republikan menyatakannya sebagai perjuangan antara "tirani dan demokrasi", atau "fasisme dan kebebasan." Franco, di sisi lain, dipandang sebagai pertempuran antara "gerombolan merah" komunisme dan "peradaban," atau, nilai-nilai tradisional konservatif Spanyol. Namun, dikotomi ini adalah penyederhanaan: kedua belah pihak telah bervariasi dan bahkan ideologi yang saling bertentangan dalam barisan mereka.
 

Perang dipandang kemudian sebagai prefigurasi Perang Dunia II.
 


Pengantar 
 
Dari tahun 1934 sampai 1936, 
Republik Spanyol Kedua diperintah oleh koalisi tengah-kanan yang termasuk Katolik konservatif Confederación Española de Derechas Autónomas (CEDA). Selama waktu ini, ada pemogokan umum di Valencia dan Zaragoza, konflik jalan di Madrid dan Barcelona, dan pemberontakan seorang penambang di Asturias, yang diletakkan paksa oleh pasukan diperintahkan oleh Jenderal López Ochoa dan legiuner diperintahkan oleh Letnan Kolonel Juan Yagüe , di bawah arahan Menteri Perang Diego Hidalgo. Selama ini, pemerintah dikeluarkan untuk membatalkan upaya besar keuntungan sosial yang telah dibuat di tahun-tahun sebelumnya, khususnya dalam reformasi agraria. 

Setelah serangkaian krisis pemerintah, pemilihan tanggal 16 Februari 1936, dibawa ke kekuasaan pemerintah Front Populer didukung oleh pihak kiri dan ditentang oleh mereka yang memihak sisi kanan dan pusat.
Pada tanggal 17 Juli 1936, ada sebuah pemberontakan melawan pemerintah konservatif baru-baru ini terpilih Front Populer Kiri dari Spanyol. Pemberontakan itu bukan hanya sebuah kudeta militer, namun memiliki komponen sipil substansial. Para pemberontak berharap untuk mendapatkan kontrol langsung dari ibukota, Madrid, dan semua kota-kota penting lainnya di Spanyol. Sevilla, Pamplona, A Coruña, Cádiz, Jerez de la Frontera, Córdoba, Zaragoza dan Oviedo semua jatuh di bawah kendali pemberontak, juga dikenal sebagai Nasionalis atau fasis, tapi mereka gagal di Barcelona dan Madrid. Karena itu, perang saudara berlarut-larut terjadi. 


Para peserta aktif dalam perang menutupi keseluruhan posisi politik dan ideologi dari waktu. Sisi Nasionalis termasuk fasis dari Falange, Carlist dan monarkis Legitimis, dan nasionalis Spanyol dan paling konservatif. Di sisi Republik yang paling liberal, nasionalis Basque dan Catalan, sosialis, komunis Stalinis dan Trotskyis, dan anarkis ideologi beragam. 


Untuk melihat rincian lain, termasuk Nasionalis mayoritas ulama Katolik dan praktek Katolik (di luar wilayah Basque), elemen penting dari tentara, sebagian besar pemilik tanah dan banyak pengusaha. Partai Republik termasuk sebagian besar pekerja perkotaan, petani, dan banyak dari kelas menengah terdidik, khususnya mereka yang tidak pengusaha. 


Para pemimpin pemberontakan itu ialah jenderal Francisco Franco, Emilio Mola dan José Sanjurjo. Sanjurjo adalah pemimpin pemberontakan yang diragukan lagi, tetapi ia tewas dalam kecelakaan pesawat pada tanggal 20 Juli karena ia akan ke Spanyol untuk mengambil kendali dari sisi pemberontak. Franco, komandan keseluruhan tentara Spanyol sejak 1933 dan sudah mencatat pro-fasis, terbang dari Kepulauan Canary ke koloni Spanyol di Maroko dan mengambil komando di sana. Untuk tiga tahun sisa perang, Franco adalah komandan yang efektif dari semua Nasionalis, dan ia dengan sederhana mengatur peristiwa (termasuk menugaskan misi untuk saingan politik yang mungkin akan membuat mereka terbunuh) sehingga pada akhir perang tidak akan ada oposisi untuk pemerintahannya.


Salah satu motif utama diklaim pada saat pemberontakan awal Nasionalis untuk menghadapi antiklerikalisme rezim Republik dan untuk membela Gereja Katolik Roma, yang dikecam atas dukungan untuk monarki dan yang banyak di sisi Republik disalahkan untuk penyakit negara. Pada hari-hari pembukaan perang, gereja, biara dan bangunan keagamaan lain dibakar tanpa tindakan pada bagian dari Republik berwenang untuk mencegahnya. Pasal 24 dan 26 dari Konstitusi Republik melarang Jesuit, yang sangat banyak menyinggung Nasionalis. Nothwithstanding dalam hal ini agama, nasionalis Basque, yang hampir semuanya memihak Republik, yang, untuk sebagian besar, berlatih Katolik. Yohanes Paulus II baru-baru ini dikanonisasi
beberapa para martir dari Perang Saudara Spanyol, dibunuh karena pendeta atau biarawati. 

Pemberontakan ditentang oleh pemerintah (dengan pasukan yang tetap setia), juga oleh Sosialis, Komunis dan kelompok anarkis. Kekuatan Eropa seperti Inggris dan Perancis secara resmi netral tapi masih dikenakan embargo senjata di Spanyol, dan secara aktif berkecil hati berpartisipasi anti-fasis warganya. Kedua fasis Italia di bawah Benito Mussolini dan Jerman Nazi melanggar pasukan embargo dan mengirim kelompok (corpo Truppe Volontari dan Legion Condor) dan senjata untuk mendukung Franco. Selain itu, ada beberapa relawan pasukan dari negara-negara lain yang berjuang dengan Nasionalis, seperti Eoin O'Duffy dari Irlandia. 


Partai Republik menerima dukungan terbatas dari Uni Soviet maupun dari relawan dari berbagai negara, yang dikenal sebagai Brigade Internasional. sukarelawan Amerika membentuk Abraham Lincoln Brigade dan Kanada membentuk Batalyon Mackenzie-Papineau (yang "Mac-Pap"). Di antara orang asing yang lebih terkenal berpartisipasi dalam upaya melawan kaum fasis adalah Ernest Hemingway dan George Orwell, yang kemudian menulis tentang pengalaman di Homage ke Catalonia. Novel Hemingway Untuk Siapa Bell Tolls terinspirasi oleh pengalamannya di Spanyol. Norman Bethune menggunakan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan khusus obat medan perang. Sebagai pengunjung biasa Errol Flynn menggunakan laporan palsu kematian di medan perang untuk mempromosikan film-filmnya. 

Namun, meskipun Nasionalis terbuka menerima bantuan dalam bentuk senjata dan pasukan dari Jerman dan Italia, Partai Republik tidak menerima bantuan dari setiap kekuatan utama dunia (misalnya Inggris atau Perancis atau Amerika Serikat). Banyak dari kekuasaan ini masih mempraktekkan kebijakan peredaan terhadap rezim Fasis, atau mereka melihat unsur-unsur revolusioner sosial dalam kekuatan anti-fasis dengan jijik, atau mereka percaya bahwa Partai Republik adalah Komunis.


Jerman menggunakan perang sebagai ajang pengujian untuk tank lebih cepat dan pesawat yang hanya tersedia pada saat itu. The Messerschmitt Me-109 tempur dan Junkers Ju 52 transportasi / pembom keduanya digunakan dalam Perang Saudara Spanyol. Selain itu, I-15 fighter Soviet dan I-16 fighter digunakan. Perang Saudara Spanyol juga menjadi contoh perang total, di mana pemboman kota Guernica Basque oleh Legion Condor, seperti yang digambarkan oleh Pablo Picasso di Guernica, meramalkan episode Perang Dunia II seperti kampanye pengeboman di Inggris oleh Nazi dan pemboman Dresden oleh Sekutu.

Perang: 1936 


Pada hari-hari awal perang, lebih dari 50.000 orang yang tertangkap di sisi yang "salah" dari baris yang dibunuh atau dieksekusi. Angka-angka itu mungkin sebanding pada kedua sisi garis. Dalam paseos ("promenade"), sebagai eksekusi disebut, para korban dibawa dari tempat perlindungan atau penjara dan dibawa oleh orang-orang bersenjata yang ditembak di luar kota. Mungkin yang paling terkenal ini adalah penyair dan dramawan Federico García Lorca. Melanggar perang yang disediakan alasan untuk menyelesaikan piutang dan menyelesaikan permusuhan lama. 


Setiap harapan cepat mengakhiri perang itu putus pada tanggal 21 Juli, hari kelima dari pemberontakan, ketika ditangkapnya Nasionalis pangkalan angkatan laut utama Spanyol di El Ferrol di barat laut Spanyol. Hal ini mendorong negara-negara Fasis di Eropa untuk membantu Franco, yang sudah dihubungi pemerintah Jerman dan Italia sehari sebelumnya. Pada tanggal 26 Juli Jerman dan Italia banyak pemain mereka dengan Nasionalis. 


The Axis Powers membantu Franco sejak awal. pasukan Nasionalis-Nya memenangkan kemenangan besar pada tanggal 27 September, ketika kota Toledo ditangkap. (A garnisun Nasionalis di bawah Kolonel Moscardo telah memegang Alcazar di pusat kota sejak awal pemberontakan). Dua hari kemudian, Franco memproklamirkan diri Generalísimo dan Caudillo ("kepala suku") sedangkan mempersatukan berbagai Falangist dan elemen royalis penyebab Nasionalis dalam satu gerakan. Pada bulan Oktober, Nasionalis melancarkan serangan besar atas Madrid, tetapi perlawanan meningkat oleh pemerintah dan kedatangan "sukarelawan" dari Uni Soviet berhenti memajukannya pada bulan November 8. Sementara itu, pemerintah bergeser dari Madrid ke Valencia, keluar dari zona tempur, pada tanggal 6 November. 


Pada tanggal 18 November Jerman dan Italia secara resmi mengakui rezim Franco, dan pada tanggal 23 Desember, Italia mengirim "sukarelawan" sendiri untuk memperjuangkan Nasionalis.

Detil kronologi: 1936 

 
16 Februari: Popular Front memenangkan pemilu
17 Juli: Tentara pemberontakan di Maroko.
18 Juli: Pemberontakan meluas sampai ke Spanyol Iberia.
19 Juli: Franco terbang dari Kepulauan Canary ke Tetuan dan mengambil komando tentara di Afrika. Santiago Quiroga Casares mengundurkan diri sebagai kepala pemerintah Republik. Diego Martínez Barrio mencoba untuk membentuk pemerintahan baru, tetapi tidak dapat memperoleh dukungan parlemen cukup luas. José giral membentuk pemerintahan, yang memerintahkan untuk menerbitkan kepada rakyat umum.
20 Juli: Mulai pengepungan dari Alcazar de Toledo.
21 Juli: Para pemberontak Nasionalis memiliki kontrol dari zona Spanyol dari Maroko, Kepulauan Canary, Balearik (kecuali Menorca), bagian utara Spanyol Sierra de Guadarrama dan Río Ebro (kecuali Asturias, Santander, bagian utara dari País Vasco ( Basque Country, dan Catalonia). Di antara kota-kota besar, para pemberontak terus ke Sevilla, tetapi
Republik mempertahankan Madrid dan Barcelona.
23 Juli: Nasionalis menyatakan pemerintah dalam bentuk Junta de Defensa Nacional, yang memenuhi untuk pertama kalinya di Burgos.
24 Juli:
Bantuan Prancis mulai ke sisi Republik.
28 Juli: Kedatangan pertama pesawat Jerman dan bantuan Italia dari sisi Nasionalis.
Juli-Agustus: "kejutan" revolusi sosial, menyeleksi rakyat sipil.
8 Agustus: Prancis menutup perbatasan dengan Spanyol.
14 Agustus: Pasukan Nasionalis di bawah Kolonel Yagüe mengambil Badajoz, menyatukan dua bagian wilayah Nasionalis.
4 September: Sosialis mengambil alih kepemimpinan dari pemerintah Republik di bawah Francisco Largo Caballero.
9 September: Konferensi London non-intervensi di Spanyol.
September: Komintern menyetujui pembentukan Brigade Internasional.
1 Oktober: Franco menyatakan dirinya kepala negara dan Generalísimo.
Pemerintah Republik mengakui otonomi Negeri Basque (dalam praktek, Biscay dan Guipúzcoa) sebagai Euzkadi, dengan José Antonio Aguirre sebagai presiden.
4 November: Dengan Nasionalis di gerbang Madrid, anarkis CNT bergabung dengan Pemerintahan Largo Caballero.
6 November: Pertahanan Madrid diatur dalam Junta de Defensa baru dibuat oleh Jendral Jose Miaja. Pemerintah Republik bergerak ke Valencia.
8 November: Mulainya pertempuran Madrid. Kedatangan pertama dari Brigade Internasional.
18 November: Italia dan Jerman mengakui pemerintahan Franco.
19 November: Pemimpin anarkis Buenaventura Durruti adalah terluka serius selama pertempuran di Madrid. Ia meninggal di hari berikutnya.
20
November: José Antonio Primo de Rivera, putra diktator Miguel Primo de Rivera dan pendiri Falange, dieksekusi di penjara di Alicante, di mana ia telah menahan tahanan sejak sebelum pemberontakan.
23
November: Pertempuran Madrid berakhir; dengan habisnya front stabilisasi kedua belah pihak.
Perang: 1937 

 
Dengan peringkat dirinya membengkak oleh tentara Italia dan tentara kolonial Spanyol dari Maroko, Franco melakukan upaya lain untuk menangkap Madrid pada bulan Januari dan Februari 1937, tapi gagal lagi. Kota besar Málaga diambil pada tanggal 8 Februari, dan pada tanggal 28 April pasukan Franco masuk Guernica, di Negara Basque, dua hari setelah pemboman kota yang oleh Legion Condor Jerman dilengkapi dengan Heinkel Dia-51 biplanes (legiun tiba di Spanyol pada tanggal 7). Setelah jatuhnya Guernica, pemerintah mulai melawan kembali dengan meningkatkan efektifitas. 


Pada bulan Mei, pemerintah mengambil langkah untuk merebut kembali Segovia, memaksa Franco untuk menarik pasukan dari depan Madrid untuk menghentikan mereka. Mola, komando kedua Franco, dibunuh pada tanggal 3 Juni, dan pada awal Juli, pemerintah sebenarnya meluncurkan serangan-ofensif di daerah Madrid, Nasionalis mundur dengan susah payah. 


Setelah itu, Franco kembali mengambil inisiatif menyerang Aragon pada bulan Agustus dan kemudian mengambil kota-kota Santander (sekarang di Cantabria) dan Gijón (di Asturias). Pada tanggal 28 Agustus, Vatikan mengakui Franco di bawah tekanan dari Mussolini, dan pada akhir November, dengan Nasionalis mendekati Valencia, pemerintah pindah lagi, ke Barcelona.
 

Detil kronologi: 1937
 
17 Januari: Nasionalis mulai bertempur untuk mengambil Málaga. Tiga kolom Nasionalis berkumpul di kota dari Sevilla dan Granada.
6 Februari: Pasukan Republik tiba di Almería, setelah terorganisir dengan buruk dari Málaga dibom terus menerus oleh artileri Jerman. Pasukan dan antara 60.000 dan 100.000 warga sipil melarikan diri di sepanjang jalan pantai, ditembak oleh tembakan artileri dari kapal Canarias dan Almirante Cervera.
06-24 Februari: Serangan Nasionalis dari Jarama, oleh pasukan di bawah Jenderal Orgaz, upaya untuk mengisolasi Madrid. Dalam pertempuran berat, pasukan Republik di bawah Jenderal Pozas dan Miaja mencegah mereka mencapai tujuannya.
08-18 Maret: Pertempuran Guadalajara, upaya lain untuk mengisolasi Madrid. Setelah kemajuan pesat pasukan Nasionalis dan Italia, serangan balasan Republik, dibantu oleh tank-tank Soviet dan pesawat terbang, sedangkan Italia menderita kekalahan serius.
31 Maret: Mulainya serangan Jendral Mola dari Nasionalis untuk mengambil Bilbao, dipertahankan oleh pasukan di bawah komando Jenderal Llano de la Encomienda.
April 19: Keputusan Unifikasi: Franco menyatakan penggabungan dari Falange dan Carlists, menciptakan Falange Tradicionalista Española y de las junta de Ofensiva Nacional-Sindicalista (FET y de las Jons).
April 26: Pemboman di Guernica oleh Legion Condor Luftwaffe's.
3-08 Mei: Pertempuran pecah antara pasukan anti-Nasionalis di Barcelona, dengan POUM Trotskyis dan anarkis CNT di satu sisi dan PSUC sosialis di sisi lain.
17 Mei: Pemerintah Largo Caballero jatuh. Dokter Juan Negrin, sosialis, menjadi kepala pemerintah.
31 Mei: Pasukan Jerman membom Almería untuk menekan serangan udara pada kapal perang Republik Deutschland.
3 Juni: Jendral Mola dari Nasionalis meninggal dalam kecelakaan pesawat. Fidel Dávila mengambil alih sebagai komandan pasukannya untuk menyerang Bilbao.
16 Juni: POUM dilarang dan para pemimpinnya ditangkap.
17 Juni: Jaime I, salah satu kapal Republican terbaik, tenggelam di Cartagena.
19 Juni: Bilbao diambil alih oleh Nasionalis, menyebabkan runtuhnya sistem pertahanan dengan optimis dinamakan "Cinturón de Hierro" ("Ikat Pinggang Besi").
21 Juni: Agen Soviet membunuh pemimpin POUM Andreu Nin.
07-26 Juli: Pertempuran Brunete. Mencoba untuk mengurangi tekanan Nasionalis di Madrid, Jendral Miaja memrintahkan serangan yang diarahkan oleh Jenderal Juan Modesto dan Enrique Jurado. Mereka mengambil Brunete, bergerak ke depan sekitar delapan kilometer. Serangan balasan Nasionalis disutradarai oleh Jendral José Enrique Varela hampir sepenuhnya menghapus keuntungan ini.
26 Agustus: Jatuhnya Santander.
September 4-5: Asturias diserang dari Timur setelah sungai Deva disilangkan; Llanes jatuh.
September 5-22: Pertempuran El Mazuco; 1.700 Asturia dan Basque menahan 30.000 Nasionalis di dalam dan sekitar Sierra de Cuera.
21 Oktober: Jatuhnya Gijón
November 31: Pemerintah Republik meninggalkan Valencia ke Barcelona.
15 Desember: Mulainya Pertempuran Teruel

Perang: 1938

 
Kedua belah pihak bentrok di atas kota Teruel sepanjang Januari dan Februari, dengan Nasionalis akhirnya menahan dengan baik pada Februari 22. Pada tanggal 14 April, Nasionalis menerobos ke Laut Mediterania, membagi pemerintah Spanyol menjadi dua. Pemerintah berusaha untuk menuntut perdamaian pada bulan Mei, tapi Franco menuntut penyerahan tanpa syarat, dan perang pun berkecamuk.


Pemerintah kini telah meluncurkan kampanye habis-habisan untuk mengembalikkan wilayah mereka dalam Pertempuran Ebro, yang dimulai pada 24 Juli dan berlangsung hingga 26 November. Kegagalan mereka semua tapi menentukan hasil akhir perang. Delapan hari sebelum tahun baru, Franco memukul balik dengan melemparkan kekuatan besar menjadi invasi Catalonia.


Detil kronologi: 1938 

 
8 Januari: pasukan Republik diperintahkan oleh Jenderal Hernández Sarabia dan Leopoldo Menendez mengambil kota Teruel, diserahkan oleh Kolonel Rey d'Harcourt. Kondisi musim dingin yang ekstrim mencegah kedatangan tepat waktu pasukan yang dikirim oleh Franco di bawah komando Jenderal Varela dan Aranda.
20 Februari: pasukan Republik dipaksa untuk meninggalkan Teruel dan mengikuti jalan raya ke Valencia, di bawah tekanan pasukan Maroko diperintahkan oleh Jenderal Yagüe. Akhir Pertempuran dari Teruel.
6 Maret: Pertempuran laut di Cape Palos (Baleares cruiser heavy Nasionalis tenggelam oleh perusak Republik).
13 Maret: Perancis membuka kembali perbatasannya untuk transit senjata ke zona Republik.
5 April: Menteri pertahanan Sosialis Indalecio Prieto berhenti sebagai protes dari pengaruh Soviet atas tentara.
April 15: Nasionalis mencapai Mediterania di Vinaroz, membagi zona Republik menjadi dua.
Juni: Prancis sekali lagi menutup perbatasan.
24 Juli: Mulainya Pertempuran Ebro.Pasukan Republik mencoba untuk mengalihkan Nasionalis dari menyerang Valencia dan untuk mengurangi tekanan pada Catalonia. Pada awalnya, pasukan Republik, diperintahkan oleh Jenderal Modesto, dan meraih kesuksesan besar, tetapi dibatasi oleh kekuatan udara unggul Nasionalis. Pertempuran hebat berlanjut ke November
21 September: Dokter Negrin, kepala pemerintahan Republik, dalam pidato untuk Liga Bangsa-Bangsa, mengumumkan bahwa Brigade International akan ditarik dari zona tempur.
30 Oktober: Serangan balasan Nasionalis, memaksa pasukan Republik kembali ke Ebro.
16 November: Akhir dari Pertempuran Ebro.
23 Desember: Pertempuran untuk Barcelona dimulai. Sebuah serangan Nasionalis enam-cabang ini diluncurkan, dengan memisahkan dari Pyrenees ke Ebro. Mereka mengambil Borjas Blancas, mengelilingi Tarragona dan mencapai pinggiran Barcelona. Pemerintah Republik mundur dari Barcelona ke Gerona, meskipun pasukan terus menjaga pertahanan kota.


Perang: 1939 

 
Nasionalis menaklukkan Catalonia dalam kampanye angin puyuh selama dua bulan pertama, 1939. Tarragona jatuh pada 14 Januari, Barcelona pada tanggal 26 dan Girona pada tanggal 5 Februari. Lima hari setelah jatuhnya Girona, perlawanan terakhir di Catalonia hancur.
 

Pada tanggal 27 Februari, pemerintah Britania Raya dan Perancis enggan mengakui rezim Franco. Hanya Madrid dan beberapa benteng lainnya tetap untuk pasukan pemerintah. Pada tanggal 28 Maret, dengan bantuan kekuatan pro-Franco di dalam kota ("kolom kelima" terkenal Jendral Mola telah disebutkan dalam siaran propaganda pada tahun 1936), Madrid jatuh ke Nasionalis. Keesokan harinya, Valencia, yang telah berjuang di bawah senjata Nasionalis selama hampir dua tahun, juga menyerah. Kemenangan diproklamasikan pada tanggal 1 April, ketika pasukan Republik yang terakhir menyerah.


Detil kronologi: 1939


15 Januari: Prancis sekali lagi memungkinkan mengalirkan senjata ke Republik.
26 Januari: Barcelona jatuh ke tangan Nasionalis.
5 Februari: Nasionalis mengambil Gerona, tentara Republik di Catalonia hampir hancur.
27 Februari: Prancis dan Inggris mengakui rezim Franco.
28 Februari: Manuel Azaña mengundurkan diri sebagai Presiden Republik
04-12 Maret: Anti-komunis kudeta oleh Kolonel Segismundo Casado. Di jalan-jalan di Madrid, ada Perang Saudara dalam Perang Saudara. The Consejo de Defensa Nacional, dipimpin oleh Kolonel Casado, mencoba tanpa hasil untuk bernegosiasi dengan Franco. Pemerintah Republik masuk ke dalam pengasingan di Perancis.
28 Maret: Dengan disintegrasi virtual tentara Republik, Nasionalis mengambil Madrid.
29 Maret: Efektif akhir permusuhan.
April 1: Franco mengumumkan akhir perang.

Revolusi Sosial 

 
Di wilayah yang dikuasai anarkis, (Aragon dan Catalonia), di samping keberhasilan militer, ada sebuah revolusi sosial yang luas di mana para pekerja dan para petani tanah dan industri, dan mendirikan dewan sejajar dengan (fungsi non-) pemerintah. Revolusi ini ditentang oleh pendukung komunis Soviet dan republikan demokratis. Kolektif agraria telah sukses besar meskipun oposisi yang luas dan kurangnya sumber daya (Franco sudah mendapatkan tanah dengan beberapa sumber daya alam terkaya). Keberhasilan ini bertahan di benak revolusioner libertarian sebagai contoh bahwa masyarakat anarkis bisa berkembang, di bawah kondisi yang tepat. 


Ketika perang berlangsung, pemerintah dan komunis mampu meningkatkan akses mereka ke tangan Soviet untuk mengembalikan kontrol pemerintah atas upaya perang, baik melalui diplomasi dan kekuatan. Milisi Revolusioner (anarkis dan POUM) yang terintegrasi dengan tentara reguler, meskipun dengan perlawanan (POUM itu dilarang, palsu mencela sebagai alat kaum fasis). Di bulan Mei 1937, ratusan atau ribuan tentara anti-fasis membunuh satu sama lain untuk menguasai titik-titik strategis di Barcelona, sebagai George Orwell berkaitan dalam Homage ke Catalonia.
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Kronologis Perang Saudara Di Spanyol"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments