Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:

Sparta adalah sebuah kota Yunani kuno yang dominan dengan kekuatan militer. Negara kota Sparta memiliki kekuatan militer terbesar Yunani dan memainkan peran katalisator dalam sejarah Peloponnese. Kekuatan yang dominan di Yunani berakhir di tahun 362 SM, namun Mitos Spartan terus mempesona budaya Barat. Mayoritas penduduk Sparta adalah budak yang, setiap musim gugur selama Crypteia, bisa dibunuh oleh warga negara Sparta tanpa takut darah atau rasa bersalah. Meskipun Spartan kemudian tidak menghasilkan filsafat seni atau karya tulis yang ditinggalkan untuk kami, spartan tetap dikagumi karena keberanian mereka dan untuk menjaga nilai-nilai hidup Yunani.


Lokasi Sparta


Kota Sparta adalah sebuah kota di Yunani kuno antara 650 SM dan 362 SM selama Perang Yunani-Persia, terletak di bagian selatan Peloponnese. Daerah sekitar kota Sparta, Dataran Tinggi sebelah timur pegunungan Taygetos, pada umumnya disebut sebagai istilah Lakonia yang kadang-kadang digunakan untuk semua daerah di bawah kendali Spartan langsung, termasuk Messenia. 




Sejarah Sparta dimulai dengan ketika Peloponnesus invasi dari suku Yunani Dorian datang dari Makedonia dan Epirus untuk menyerahkan atau menggusur Achaean tua penduduk Yunani. Apa yang sekarang dikenal sebagai Sparta kuno mengacu pada budaya dan negara yang dibentuk di Sparta oleh Dorian Yunani, delapan puluh tahun lebih setelah Perang Troya. Untuk menundukkan segala kota di wilayah Laconia dan mengubahnya menjadi kerajaan tidak memakan waktu terlalu lama untuk Sparta.

Pada abad ke-7 SM Messian juga ditundukkan. Pada 5 SM Athena dan Spartan adalah sekutu yang enggan melawan Perians, tapi setelah perdagangan luar negeri mereka segera menjadi saingan.

Saat seorang gadis Spartan atau laki-laki hidup ke dunia, militer dan negara kota adalah pusat kehidupan setiap warga negara Spartan's. Kedua bayi laki-laki dan perempuan ditentukan oleh negara kota jika mereka cukup kuat untuk menjadi warga negara Sparta. Jika bayi terlalu lemah atau sakit, mereka ditinggalkan di pihak negara untuk mati. Ini adalah hal yang sangat umum di dunia Yunani karena Sparta membuatnya menjadi salah satu kebijakan pemerintah resmi.

Ketika Spartan laki-laki pada usia tujuh tahun, ia diambil dari ibunya dan dikirim untuk tinggal di barak militer khusus untuk dua puluh tiga tahun. Dalam barak mereka diajarkan disiplin, atletik, keterampilan bertahan hidup, berburu, pelatihan senjata dan bagaimana untuk bertahan dari rasa sakit. Pada usia dua puluh di barak, Spartan laki-laki menjadi tentara bagi negara.

Kehidupan seorang prajurit Spartan bersama tentaranya. Mereka diizinkan untuk menikah, tetapi tidak bisa hidup dengan istri mereka. Hanya equals saja yang diizinkan untuk tinggal bersama istri dan anak-anak. Equals adalah tentara yang mencapai usia tiga puluh, tetapi jika ada prajurit yang malu sendiri dengan cara apapun yang telah dipertaruhkan tidak akan menjadi equals.

Mereka diberikan hak diperluas dan diijinkan untuk berpartisipasi dalam politik. Namun masih sama dengan tentara. Militer pelayanan yang dibutuhkan sampai usia enam puluh tahun.
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Mengenal Sparta Si Yunani Kuno"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments