Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: , ,
Konvoi Malta adalah serangkaian konvoi pasukan Sekutu untuk mempertahankan Pengepungan Malta (Perang Dunia II) pada Pertempuran Mediterania oleh Timur Tengah dan Afrika selama Perang Dunia II. Konvoi itu sangat ditentang oleh Kerajaan Italia (1861-1946) ( Fasis Italia) dan Nazi Jerman, angkatan laut dan angkatan udara selama Pertempuran Laut Tengah. Ada tiga puluh lima operasi pasukan utama untuk Malta dari tahun 1940 sampai 1942. Pasukan Axis frustrasi atau delapan kerusakan seperti: Operations White, Halberd, MF5, MG1, Harpoon, Vigorous, dan Pedestal. Makan waktu yang lama bila tidak dilakukan konvoi, dan hanya sedikit persediaan dukungan dari kapal selam untuk mencapai Malta, atau dengan kapal perang cepat.


Pertempuran Mediterania
Peta dengan Negara-negara yang terlibat Perang Dunia II:
*Hijau Gelap: Sekutu sebelum serangan atas Pearl Harbor, termasuk koloni dan negara jajahan.
* Hijau Terang: Negara sekutu yang ikut perang setelah Jepang menyerang Pearl Harbor.
* Orange: Kekuatan Axis
* Abu-abu: Negara-negara netral selama Perang Dunia II
**Titik-titik Hijau Terang mewakili negara-negara yang kemudian pindah saat perang dari Axis menjadi bergabung dengan Sekutu
**Titik Orange mewakili negara-negara setelah ditaklukkan oleh kekuatan Axis, menjadi boneka (Vichy Perancis dan beberapa Koloni Perancis, Kroasia)
Masa terburuk Malta adalah dari Desember 1941 hingga Oktober 1942, ketika pasukan Axis berada di atas angin, lengkap mencapai supremasi udara dan laut di pusat Mediterania (disebut Italia Mare Nostrum oleh dictator Italia Benito Mussolini). Pada akhir 1942, keberhasilan Operasi Pedestal, dan operasi pendaratan Sekutu di Afrika Utara mengubah keseimbangan tegas yang berpihak pada Sekutu.

Italia pada awalnya menahan diri untuk mendukung Jerman; hasil di Eropa bagian utara tidak meyakinkan dan tidak ada keputusan yang diperlukan. Ketika Jerman blitzkrieg telah menghancurkan tentara Perancis dan Inggris, telah melemah dan terisolasi, Italia mengambil kesempatan dan menyatakan perang terhadap sekutu pada 10 Juni 1940, mengharapkan kemenangan mudah dan cepat. Mussolini membuat kesalahan untuk percaya bahwa Inggris Raya akan menerima perjanjian damai dengan kekuatan Axis, setelah Perancis menyerah, dan tidak mengantisipasi sebuah perang yang berkepanjangan. Akibatnya, Italia memasuki perang, tidak cukup siap.

Kesempatan itu tidak terjawab oleh Italia untuk menduduki Malta dan buruk dipertahankan, pada bulan Juni 1940: Laksamana Carlo Bergamini kemudian mengklaim bahwa ia mengusulkan untuk mengirim "Skuadron Angkatan Laut Taranto" untuk menduduki pulau itu, tetapi telah diperintahkan untuk menunda serangan. Dia kemudian menyesali (di 1943) kehilangan kesempatan untuk mengontrol pusat Mediterania dan dengan demikian mengurangi beban kerugian yang diderita ketika memasok pasukan Italia di Libya.

Italia masuk ke dalam perang, dan kekalahan dari Perancis, secara radikal mengubah keseimbangan kekuasaan di Laut Tengah. Inggris dikontrol hanya Gibraltar di barat; Malta di pusat, dan Siprus, Mesir, dan Palestina di timur. Vichy Perancis adalah rentan terhadap tekanan kekuatan Axis. Jadi pantai Afrika Utara dari Maroko untuk Tunisia, pulau Korsika, pantai Suriah dan Lebanon, dan pantai Mediterania Perancis sendiri tertutup bagi Inggris dan mungkin bermusuhan. Armada Perancis itu sendiri juga menjadi ancaman potensial dan harus dinetralisasi menuju ke Penghancuran Armada Perancis di Mers-el-Kébir (Operasi Catapult). Kehancuran armada Perancis membuat antipati Perancis bertambah terhadap Inggris. Spanyol juga merupakan mitra Axis yang potensial. Pemerintah Fasis dan Nazi di Italia dan Jerman telah antusias mendukung Jenderal Francisco Franco dalam Perang Saudara Spanyol dan mungkin mengharapkan dukungan sebagai imbalan.

Italia mendominasi pusat Mediterania dan Mussolini ingin beberapa kemenangan di Afrika Utara dan melawan pasukan Inggris di Mesir. Ada juga potensi Italia yang menghubungkan dengan kepemilikan di Afrika Timur: Abisinia, Somalia, dan Eritrea. Tapi ini tidak terjadi. Tentara Italia di Afrika Utara tidak memadai dan buruk. Pada bulan September 1940, Invasi Italia ke Mesir tidak melampaui perbatasan. Pada bulan Desember, selama Operasi Compass, pasukan Italia di Mesir dan Cyrenaica ditangkap, dikalahkan, atau dihancurkan.

Pengendalian rute laut tetap penting. Angkatan laut dan angkatan udara Inggris yang berbasis di Malta mengancam dan menghancurkan persediaan Italia, Pasukan Afrika. Malta bertindak sebagai pertahanan untuk menuju Terusan Suez. Masih berpikir orang Italia, Angkatan Udara dan Angkatan Laut Kerajaan Italia akan segera mengisolasi dan menetralkan pulau itu.

Malta merupakan jalur suplai sangat penting. Malta memerlukan bala bantuan. Garnisun harus dipertahankan, dan angkatan udara dan angkatan laut membutuhkan bahan bakar. Penduduk sipil juga harus dimanfaatkan. Semuanya harus datang melalui laut dan terkena serangan udara dan laut dalam waktu yang lama. Italia berusaha untuk membuat Malta kelaparan dan menghancurkan pertahanannya.

Mereka gagal. Selama tahun 1940, tanpa perlindungan udara dari wilayah Perancis, beberapa konvoi pasukan tiba dengan selamat di Malta, dan lainnya konvoi langsung melalui antara Gibraltar dan Alexandria. Serangan-serangan Angkatan Laut Italia dapat dipukul mundur tanpa kehilangan serius. Bahkan lebih buruk bagi Italia, Pesawat Fleet Air Arm menenggelamkan tiga kapal perang Italia di pelabuhan Taranto, meniadakan salah satu kekuatan Italia.

Pada Januari 1941, menanggapi situasi serius pasukan Italia setelah kehilangan Cyrenaica (Operasi Compass), Jerman mengirim bantuan. Korps Afrika dibentuk dan dikirim ke Libya dalam Operasi Sonnenblume ("Operasi Sunflower"), dan X. Fliegerkorps dari (Angkatan Udara Jerman Luftwaffe ) dipindahkan ke Sisilia ("Operasi Mediterania", Operasi Mittelmeer) untuk melindungi jalur perkapalan kekuatan Axis dan untuk mengalahkan pasukan Inggris di Malta.

Keterlibatan Jerman tidak hanya lebih kuat daripada Italia, tetapi karena pendudukan Yunani dan Kreta, itu mencapai yang lebih besar ke timur Mediterania. Pasukan Inggris berada di bawah ancaman meningkat. Tekanan yang dibangun dan, pada awal 1942, Malta tidak lagi menjadi efektif konvoi anti-basis. Beberapa kapal perang tenggelam di pelabuhan dan lain-lainnya ditarik. Persediaan menyusut dengan hilangnya konvoi. Pada bulan Agustus 1942, ketika berada di dekat kapitulasi Malta, Italia dan Jerman berencana invasi Malta (Operazione C3 dan Operasi Hercules). Tapi itu tidak dilakukan karena Rommel (setelah penaklukan Tobruk) lebih suka menyerang Alexandria di Mesir. Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Konvoi Malta"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments