Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:
Pertempuran Laut Coral, bertempur di perairan barat daya Kepulauan Solomon dan timur dari New Guinea, adalah yang pertama dari Perang Pasifik enam perkelahian antara pasukan pembawa pesawat lawan. Meskipun Jepang benar bisa mengklaim kemenangan taktis pada "titik", itu adalah kekalahan operasional dan strategis untuk mereka, cek besar pertama pada ofensif besar mereka telah mulai lima bulan yang lalu di Pearl Harbor. Pengalihan sumber daya Jepang diwakili oleh pertempuran Laut Koral juga akan memiliki konsekuensi besar bulan kemudian, pada Pertempuran Midway .
 
Tindakan Laut Coral dihasilkan dari operasi amfibi Jepang dimaksudkan untuk menangkap Port Moresby, terletak di pantai tenggara's Nugini.  Sebuah pangkalan udara Jepang di sana akan mengancam Australia timur laut dan rencana dukungan untuk ekspansi lebih lanjut ke Pasifik Selatan, mungkin membantu untuk mendorong Australia keluar dari perang dan tentu saja meningkatkan pertahanan strategis laut kekaisaran Jepang-baru diperbesar.

 
Operasi Jepang termasuk dua kekuatan invasi yg berlayar di laut, yang kecil penargetan Tulagi, di kepulauan Solomon Selatan, dan yang bertujuan utama Port Moresby. Ini akan didukung oleh kekuatan udara berbasis tanah dari pangkalan ke utara dan oleh dua angkatan laut mengandung kapal induk kecil, beberapa kapal penjelajah, tender pesawat amfibi dan kapal meriam. Menutup jauh lebih akan disediakan oleh operator pesawat besar Shōkaku dan Zuikaku dengan kapal penjelajah dan kapal perusak mengawal mereka,. AS Angkatan Laut memiringkan ke musuh rencana oleh intelijen komunikasi unggul, membalas dengan dua operator sendiri, kapal penjelajah ditambah (termasuk dua dari Angkatan Laut Australia), kapal perusak, kapal selam, pengebom darat dan patroli pesawat amfibi.

 
Awal operasi pada 3-6 Mei dan dua hari pertempuran carrier aktif pada 7-8 Mei Amerika Serikat biaya kapal induk, kapal perusak dan salah satu armada yang Oilers berharga, sangat ditambah kerusakan satu ke operator kedua. Namun, Jepang dipaksa untuk membatalkan mereka yg berlayar di laut Port Moresby invasi. Dalam pertempuran tersebut, mereka kehilangan pembawa cahaya, kapal dan beberapa kapal kecil yang diterima. Shōkaku kerusakan bom yang serius dan udara kelompok 's Zuikaku parah habis. Yang paling penting, dua pembawa dihilangkan dari operasi Midway mendatang, kontribusi oleh ketidakhadiran mereka dengan kekalahan Jepang mengerikan. Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

1 Response to Pertempuran Laut Coral

11 Mei 2022 pukul 23.01

Klaim Bonus Member Baru 15%
Segera daftarkan dirimu dan menangkan puluhan JUTA rupiah!
Hanya di Zeusbola.

INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
WHATSAPP :+62 822-7710-4607


Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments