Posted by Rifan Syambodo Categories: Label:
Jalan menuju perang antara Jepang dan Amerika Serikat dimulai tahun 1930-an ketika perbedaan atas Cina melaju kedua negara terpisah. Pada tahun 1931 Jepang menguasai Manchuria, yang sampai saat itu telah menjadi bagian dari Cina. Pada tahun 1937 Jepang mulai kampanye yang panjang dan akhirnya berhasil menaklukkan seluruh Cina. Pada 1940, pemerintah Jepang bersekutu dengan Nazi Jerman dalam Aliansi Axis, dan pada tahun berikutnya, menempati seluruh Indochina.

Amerika Serikat, yang memiliki kepentingan politik dan ekonomi yang penting di Asia Timur, itu khawatir dengan langkah dari Jepang. AS meningkatkan bantuan militer dan keuangan ke China, memulai sebuah program penguatan kekuatan militer di Pasifik, dan memotong pengapalan minyak dan bahan mentah lainnya ke Jepang.




Karena Jepang miskin sumber daya alam, yang dilihat langkah-langkah pemerintah, terutama embargo minyak sebagai ancaman terhadap kelangsungan hidup bangsa. pemimpin Jepang merespons dengan menyelesaikan untuk merebut wilayah yang kaya sumber daya di Asia Tenggara, meskipun langkah yang pasti akan menyebabkan perang dengan Amerika Serikat.
 

Masalahnya adalah bahwa bahaya yang ditimbulkan oleh Armada Pasifik AS yang berbasis di Pearl Harbor. Laksamana Isoroku Yamamoto, komandan armada Jepang, menyusun rencana untuk melumpuhkan armada AS pada awal perang dengan serangan mendadak.
 

Elemen penting dalam rencana Yamamoto adalah persiapan yang sangat cermat, pencapaian kejutan, dan penggunaan kapal induk dan penerbangan angkatan laut dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pada musim semi tahun 1941, pilot kapal induk Jepang mulai pelatihan dalam taktik khusus yang disebut oleh rencana serangan Pearl Harbor.
 

Pada bulan Oktober 1941, staf umum angkatan laut memberikan persetujuan akhir untuk merencanakan Yamamoto, yang menyerukan pembentukan sebuah kekuatan serangan diperintahkan oleh Wakil Laksamana Chuichi Nagumo. Hal ini berpusat di sekitar enam kapal induk berat disertai oleh 24 kapal pendukung. Sebuah kelompok yang terpisah dari kapal selam itu tenggelam setiap kapal perang Amerika yang lolos dari gaya pembawa Jepang.

Armada Nagumo yang berkumpul di pelabuhan Teluk Tankan terpencil di Kepulauan Kurile dan berangkat dalam kerahasiaan ketat untuk Hawaii pada tanggal 26 November 1941. Rute kapal menyeberangi Pasifik Utara dan menghindari jalur pelayaran normal. Saat fajar 7 Desember 1941, gugus tugas Jepang tidak terdeteksi untuk mendekati titik sedikit lebih dari 200 mil utara Oahu. Pada saat ini operator AS tidak di Pearl Harbor. Pada tanggal 28 November, Laksamana Kimmel dikirim USS Enterprise di bawah Laksamana Kirim email Halsey untuk memberikan Marine Corps pesawat tempur ke Pulau Wake. Pada tanggal 4 Desember Enterprise disampaikan pesawat dan pada 7 Desember gugus tugas itu dalam perjalanan kembali ke Pearl Harbor. Pada tanggal 5 Desember, Laksamana Kimmel mengirim USS Lexington dengan satuan tugas di bawah Laksamana Newton untuk memberikan pembom 25 pramuka untuk Midway Island. Operator Pasifik terakhir, USS Saratoga, telah meninggalkan Pearl Harbor untuk pemeliharaan dan perbaikan di Pantai Barat.
 

Pukul 06:00 pada tanggal 7 Desember, enam kapal induk Jepang meluncurkan gelombang pertama dari 181 pesawat terdiri dari pembom torpedo, pengebom menyelam, pembom dan pesawat tempur horizontal. Bahkan ketika mereka bersayap selatan, beberapa unsur dari pasukan AS di Oahu menyadari ada sesuatu yang berbeda tentang hari Minggu pagi.
 

Dalam jam sebelum fajar, kapal Angkatan Laut AS melihat sebuah periskop kapal selam tak dikenal di dekat pintu masuk ke Pearl Harbor. Itu diserang dan dilaporkan tenggelam oleh perusak USS Ward (DD-139) dan pesawat patroli. Di 7:00, operator peringatan dari stasiun radar Angkatan Darat di Opana melihat gelombang pertama mendekati dari gaya serangan. Para petugas kepada siapa laporan-laporan yang disampaikan tidak menganggap mereka cukup signifikan untuk mengambil tindakan. Laporan tenggelamnya kapal selam ditangani secara rutin, dan penampakan dari radar disahkan sebagai kelompok mendekati pesawat Amerika dijadwalkan tiba pagi itu.
 

The aircrews Jepang dicapai benar-benar mengejutkan ketika mereka menabrak kapal Amerika dan instalasi militer di Oahu sesaat sebelum 08:00 Mereka menyerang lapangan udara militer di saat yang sama mereka menyerang armada berlabuh di Pearl Harbor. Dasar udara Angkatan Laut di Pulau Ford dan Kaneohe Bay, lapangan udara di Ewa Marine dan Angkatan Udara di bidang Bellows, Wheeler dan Hickam semua dibom dan strafed sebagai unsur lain dari kekuatan menyerang mulai serangan mereka pada kapal-kapal tertambat di Pearl Harbor . Tujuan dari serangan simultan adalah menghancurkan pesawat Amerika sebelum mereka bisa naik ke mencegat Jepang.
 

Dari lebih dari 90 kapal di jangkar di Pearl Harbor, sasaran utama adalah delapan kapal perang berlabuh di sana. tujuh orang tertambat pada Battleship Row sepanjang pantai tenggara Pulau Ford sedangkan USS Pennsylvania (BB-38) berbaring di drydock di saluran tersebut. Dalam menit pertama serangan semua tempur berdekatan dengan Pulau Ford telah mengambil bom dan atau torpedo hits. USS West Virginia (BB-48) tenggelam dengan cepat. USS Oklahoma (BB-37) berbalik penyu dan tenggelam. Pada sekitar 08:10, USS Arizona (BB-39) telah terluka parah oleh bom armorpiercing yang dinyalakan majalah maju amunisi kapal. Ledakan yang dihasilkan dan api membunuh 1.177 awak, kehilangan terbesar kehidupan di kapal setiap hari itu dan sekitar setengah jumlah orang Amerika terbunuh. USS California (BB-44), USS Maryland (BB-46), USS Tennessee (BB-43) dan USS Nevada (BB-36) juga menderita berbagai tingkat kerusakan di setengah jam pertama serangan itu.
 

Ada jeda singkat dalam kemarahan serangan di sekitar 08:30 Pada waktu itu USS Nevada (BB-36), meskipun luka-lukanya, berhasil berlangsung dan bergerak turun saluran ke laut terbuka. Sebelum dia bisa jelas pelabuhan, gelombang kedua dari 170 pesawat Jepang, meluncurkan 30 menit setelah yang pertama, muncul di atas pelabuhan. Mereka memusatkan serangan mereka di kapal perang bergerak, berharap tenggelam di saluran dan memblokir pintu masuk yang sempit ke Pearl Harbor. Atas perintah dari menara kontrol pelabuhan, USS Nevada (BB-36) terdampar di Rumah Sakit dirinya Point dan saluran tersebut tetap jelas.
 

Ketika serangan itu berakhir tak lama sebelum pukul 10.00 pagi, kurang dari dua jam setelah dimulai, pasukan Amerika telah membayar harga yang menakutkan. Dua puluh satu kapal Armada Pasifik Amerika tenggelam atau rusak: kapal perang USS Arizona (BB-39), USS California (BB-44), USS Maryland (BB-46), USS Nevada (BB-36), USS Oklahoma (BB-37), USS Pennsylvania (BB-38), USS Tennessee (BB-43) dan USS West Virginia (BB-48); kapal penjelajah USS Helena (CL-50), USS Honolulu (CL-48) dan USS Raleigh (CL-7); kapal perusak USS Cassin (DD-372), USS Downes (DD-375), USS Helm (DD-388) dan USS Shaw (DD-373); pesawat amfibi USS tender Curtiss (AV-4); target kapal (ex-kapal perang) USS Utah (AG-16); perbaikan kapal USS Vestal (AR-4); minelayer USS Oglala (CM-4); menarik USS Sotoyomo (YT-9); dan Mengambang Drydock Nomor 2. kerugian adalah 188 Pesawat hancur dan 159 rusak, mayoritas hit sebelum sempat lepas landas. Amerika mati bernomor 2.403. Angka itu termasuk 68 warga sipil, kebanyakan dari mereka dibunuh oleh anti-benar menyatu kerang pesawat mendarat di Honolulu. Ada 1.178 terluka militer dan sipil.
 

Kerugian Jepang relatif ringan. Dua puluh sembilan pesawat, kurang dari 10 persen dari angkatan menyerang, gagal untuk kembali ke kapal induk mereka.
 

Keberhasilan Jepang yang luar biasa, tapi tidak lengkap. Mereka gagal untuk kerusakan apapun kapal induk Amerika, yang oleh keberuntungan, telah absen dari pelabuhan. Mereka lupa kerusakan fasilitas shoreside di Pearl Harbor Naval Base, yang memainkan peran penting dalam kemenangan Sekutu di Perang Dunia II. keterampilan teknologi Amerika yang dibesarkan dan diperbaiki semua kecuali tiga dari kapal tenggelam atau rusak di Pearl Harbor (USS Arizona (BB-39) dianggap terlalu parah rusak harus diselamatkan, USS Oklahoma (BB-37) mengangkat dan dianggap terlalu tua untuk menjadi diservis, dan usang USS Utah (AG-16) dianggap tidak layak usaha). Yang paling penting, kejutan dan kemarahan yang disebabkan oleh serangan mendadak di Pearl Harbor bersatu sebuah negeri yang terbagi dan diterjemahkan ke dalam komitmen sepenuh hati untuk kemenangan dalam Perang Dunia II.

Sumber: http://www.history.navy.mil Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

1 Response to Sekilas Tentang Serangan Pearl Harbor

6 April 2022 pukul 15.59

Daftar Kesini Yuk!

Bonus 100% Sabung Ayam 7x Win Lohh!

Dengan Minimal Deposit 100.000 Dan Maksimal Bonus Yang Didapatkan 1.000.0000

AYO BURUAN BERGABUNG MENJADI MEMBER ZEUSBOLA!

Gak Bakalan Nyesal Dehhhhh

INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
WHATSAPP :+62 822-7710-4607




Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments