Posted by Rifan Syambodo Categories: Label: ,
Seorang diplomat senior Turki mengatakan 4.300 penduduk Aram telah menyeberangi perbatasan Turki, dan akan lebih banyak penduduk Suriah yang melakukan eksodus ke Turki, ujarnya.


Lebih dari 4.000 penduduk Aram telah melarikan diri ke Turki untuk menghindari tindakan kekerasan oleh pasukan Presiden Bashar al-Assad dan ribuan lainnya masih berada dekat perbatasan, pejabat dan aktivis, Sabtu.

Khawatir balas dendam dari aparat keamanan akibat bentrokan yang menewaskan 120 tentara tewas minggu ini, para pengungsi mengalir keluar dari kota utara Suriah, Jisr al-Shughour, menjelang operasi militer yang dilancarkan oleh tentara pada Jumat.

Seorang diplomat senior Turki mengatakan 4.300 penduduk Aram telah menyeberangi perbatasan dan bahwa Turki untuk masuk ke Turki, meskipun ia menolak untuk memprediksi berapa banyak lagi yang akan masuk ke Turki.

"Turki menyambut sejumlah besar tamupada saat mereka membutuhkan membutuhkan bantuan. Kita bisa membantu mereka. Kita akan melakukannya lagi," ujar Wakil Halit Cevik, Deputi Menteri Luar Negeri Turki, seperti dikutip oleh kantor Anatolia.

Di provinsi perbatasan Hatay mengatakan sebuah rumah sakit tenda sedang didirikan di lokasi salah satu kamp pengungsi, dan surat kabar Radikal mengatakan Turki akan membentuk zona penyangga jika arus masuk migran dari Suriah melebihi 10.000. Hanya dalam wakut singkat, ribuan orang berkumpul dekat perbatasan, menurut seorang aktivis yang ikut membantu mengkoordinasikan pengungsi, ujarnya.

"Daerah perbatasan telah berubah praktis menjadi zona penyangga," kata pria, yang mengidentifikasi dirinya hanya sebagai Abu Fadi. "Keluarga kami berlindung di bawah pohon, dan ada 7.000 hingga 10.000 orang di sini sekarang", ujar merkea.

Kelompok hak asasi manusia mengatakan pasukan keamanan telah menewaskan lebih dari 1.100 warga sipil Suriah dalam penindasan yang berdarah terhadap demonstrasi yang menuntut untuk diakhirinya kekuasaan Assad, dan menuntut adanya kebebasan politik dan mengakhiri korupsi dan kemiskinan.

Tiga puluh enam pengunjuk rasa ditembak mati di Suriah pada Jumat, kata aktivis. Pihak berwenang Suriah mengerahkan helikopter tempur di kota Maarat al-Numaan, ini penggunaan pertama yang diketahui kekuatan udara terhadap kerusuhan, ujar mereka.

Beberapa aktivis dan warga mengatakan pertempuran awal pekan ini di Jisr al-Shughour adalah antara anggota pasukan keamanan setelah beberapa memberontak atas perintah untuk menembak demonstran, dan banyak yang tewas adalah warga sipil ditangkap dalam bentrokan.

Damaskus telah melarang sebagian besar wartawan asing, sehingga sulit untuk memverifikasi rekening peristiwa.

Protes terinspirasi oleh pemberontakan terhadap otokrat bercokol lain di dunia Arab namun tampaknya tidak menjadi besar atau luas cukup untuk mengancam Assad dengan nasib yang sama seperti para pemimpin menumbangkan Mesir dan Tunisia. (mh/wb)

Sumber: http://www.eramuslim.com
Share to Lintas BeritaShare to infoGueKaskus

No Response to "Akibat Serangan Militer , 4.300 Penduduk Suriah Melarikan Diri ke Turki"

Posting Komentar

  • RSS
  • Facebook
  • Twitter
  • Promote Your Blog

Recent Posts

Recent Comments